Software Engineer: Tanggung Jawab dan Gaji - dibimbing.id

Kezia Margaretha

•

20 October 2022

•

650

Image Banner

Halo Sobat MinDi, disini ada yang tertarik dengan dunia software? Jika ya, software engineer dapat menjadi salah satu pilihan karir kamu, lho! Eh, tapi jangan terburu-buru, yuk simak artikel dibawah ini supaya kamu ga salah pilih. 


Apa itu Software Engineering? 


Sebelum kita masuk ke apa itu software engineer, kita harus tau dulu nih apa itu software engineering. 


Software engineering merupakan sebuah praktik dalam merancang, menguji, dan membangun sebuah program yang bertujuan untuk mengoperasikan sebuah sistem, hardware, dan juga sebuah jaringan. 


Dapat dikatakan, software engineering sendiri merupakan gabungan dari ilmu komputer dan teknik yang menghasilkan software untuk semua perangkat yang kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti komputer, tablet, dan bahkan handphone


Apa yang dilakukan oleh Software Engineer? 


Setelah mengetahui apa itu software engineering, kalian mungkin bertanya-tanya apakah software engineer adalah orang yang membuatnya? Yup, jawabanmu kurang lebih betul! 


Software engineer biasanya merupakan orang yang membuat program desktop, aplikasi di handphone, ataupun aplikasi di web. Biasanya, mereka membuat aplikasi-aplikasi untuk berbagai macam sistem operasi seperti Linux, iOS, Android, Windows, dan lainnya.


Software engineer sendiri mengoperasikan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan C++, Java, Python, SQL, HTML, CSS, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 


Jangan kaget! Software engineer terbagi menjadi beberapa spesialisasi lagi, lho! 

Terdapat systems software developers yang bertanggung jawab dalam hardware serta software sebuah sistem operasi dan jaringan. Selain itu, ada web developer yang bertugas dalam membuat aplikasi untuk sebuah web ataupun sistem operasi tersebut. 


Apabila kamu ingin bekerja sebagai software engineer, kamu juga harus siap untuk bekerja dengan engineer lainnya seperti data scientist, UX designer, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. 


Tanggung Jawab dari Software Engineer


Melihat dari banyaknya spesialisasi dari software engineer, kalian mungkin bingung dengan tugas dari software engineer itu sendiri. Berikut tugas dari software engineer: 

  • Membangun sebuah aplikasi dan mengujinya berdasarkan kebutuhan user.

  • Menganalisa dan melakukan debugging pada aplikasi-aplikasi yang telah dibuat.

  • Mengoptimalkan software yang telah ada.

  • Berkonsultasi dengan anggota lainnya.

  • Memantau kinerja dari sistem yang telah dibangun.

  • Menjadi arsitektur design Back-End.

  • Menggabungkan atau memasukkan teknologi-teknologi baru ke dalam software-software yang ada. 


Skills yang Dibutuhkan


Dari tugas yang dilakukan, dapat dilihat bahwa pekerjaan software engineer cukup kompleks. Nah, untuk mengetahui pekerjaannya dengan lebih spesifik, mungkin kalian dapat melihat dari skills-skills yang dibutuhkan. 


Sebagai seorang software engineer kalian membutuhkan baik soft skills maupun juga technical skills


Namun, yang terutama kalian perlu menguasai technical skills seperti HTML, JavaScript, GitHub, Frontend Frameworks, Teknologi Backend, Databases, Web Storage, Java, C++, Python, dan lainnya. 


Latar Belakang Pendidikan


Seringkali, orang yang bekerja sebagai software engineer merupakan lulusan dari sarjana ilmu komputer ataupun ilmu lainnya yang masih berkaitan. Namun, di dunia teknologi, skills lebih dibutuhkan dibandingkan dengan gelar itu sendiri. 


Menurut survey dari Stack Overflow’s 2022, 70% dari developer belajar ilmu-ilmu coding bukan melalui pendidikan formal, melainkan dengan berbagai cara lainnya. 


Untuk itu, tenang saja! Orang yang belajar secara otodidak ataupun melalui bootcamp pun pastinya tidak akan kalah saing di dalam dunia teknologi. 


Gimana Cara Jadi Software Engineer? 


Apabila kalian telah membaca sampai dengan tahap ini, dapat dipastikan kalian mungkin tertarik untuk menjadi software engineer. Berita baik! MinDi akan ngasih kalian beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 


  1. Rencanakan terlebih dahulu

Apabila kamu telah memutuskan untuk menjadi software engineer, langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah kamu perlu menguasai skills coding


Untuk itu, kamu perlu memiliki berbagai plan bagaimana cara menguasainya? Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk belajar? Bagaimana cara kamu belajar? Dimana kamu ingin belajar? Kamu perlu menjawab semua pertanyaan tersebut sebelum menentukan karirmu. 


  1. Belajar merupakan kunci

Setelah melakukan tahap pertama, hal tersebut tidak boleh hanya menjadi rencana belaka, kamu pun harus mewujudkannya! Kamu harus siap untuk belajar mengenai coding. 


Kamu mungkin telah menentukan darimana dan bagaimana cara kamu akan belajar, apakah dari universitas, bootcamp, ataupun belajar secara otodidak. 


  1. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya

Dengan sampai ke tahap ini, kamu pastinya telah belajar dan mulai menguasai bagaimana cara coding. Sekarang, kamu perlu mencari pengalaman sebanyak-banyaknya!


Kamu dapat mengikuti berbagai bootcamp untuk berlatih dalam mengerjakan beberapa proyek. Kamu juga dapat mengerjakan beberapa proyek sebagai freelancer ataupun dari open-source. Bukan hanya itu, proyek yang kamu garap sendiri juga dapat menjadi salah satu pengalaman yang tidak kalah mengesankan. 


  1. Buat portofolio!

Untuk mendapatkan pekerjaan di dunia teknologi, portofolio sangatlah dibutuhkan. Melalui portofolio, kamu dapat menunjukkan bagaimana cara kerjamu secara nyata. 


Di dalam portofolio ini, kamu dapat memasukkan pengalaman-pengalaman yang telah didapatkan di tahap sebelumnya. Hasil proyek dari bootcamp, sebagai freelancer, dari open-souce, ataupun yang kamu garap sendiri dapat dimasukkan ke dalam portofolio milikmu. 


Ingat, kamu perlu membuat portofolio milikmu seprofesional mungkin agar HR dapat semakin yakin akan kinerja yang kamu miliki. 


  1. Yuk, coba lamar pekerjaan impianmu!

Selamat, kamu berhasil menyelesaikan tahap-tahap sebelumnya! Kamu telah mengembangkan diri kamu sampai dengan tahap ini, MinDi yakin kamu juga telah siap untuk memasuki dunia profesional!


Untuk itu, kamu dapat segera melamar ke pekerjaan impianmu! Kamu dapat mencari pekerjaan tersebut melalui berbagai platform. 


Nantinya, kamu juga akan melakukan wawancara apabila kamu memenuhi kriteria mereka. Ingat! Jangan lupa pelajari perusahaan tempatmu bekerja serta peran yang kamu lamar agar kamu dapat melewati tahap wawancara dengan lancar. 


Gaji Software Engineer 


Dalam mencari pekerjaan, gaji mungkin menjadi salah satu aspek terpenting. Sebagai software engineer, kamu tentunya akan memiliki gaji yang bisa dibilang tidak sedikit. Di Amerika, mereka mendapatkan gaji sebesar 118,741 US dollar atau setara dengan Rp. 1,838,229,421. 


Di Indonesia sendiri, gajinya pun tidak kalah besar. Menurut indeed, rata-rata dari gaji software engineer di Indonesia adalah Rp. 7.412.598 per bulannya. 


Gimana nih Sobat MinDi, apakah kalian jadi semakin tertarik untuk menjadi software engineer setelah membaca artikel ini? 


Jika ya, yuk jangan berlama-lama lagi, segera ikuti beberapa tahapan yang telah ditulis di artikel ini!


Seperti yang tertulis, untuk kalian yang bukan berasal dari latar belakang pendidikan ilmu komputer, kalian dapat mengikuti Bootcamp Web Development dari Dibimbing.id


Nantinya, kalian akan dibimbing bersama dengan mentor-mentor yang telah memiliki karir di Unicorn Company di Indonesia. 


Yuk, segera upgrade diri kalian untuk mencapai tahap selanjutnya! 


Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!