Blog

/

Business Intelligence

/

Gaji Business Intelligence: Potensi Penghasilannya 2023

Gaji Business Intelligence: Potensi Penghasilannya 2023

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

2794

Image Banner

Business Intelligence adalah bidang profesi yang beragam dan cukup menarik perhatian. Nggak aneh kalau gaji business intelligence terbilang cukup menggiurkan. Nah, berapa tuh kira-kira, dan apa saja yang mempengaruhinya?

Di era digital, peran business intelligence semakin penting saja. Alasannya tidak lepas dari semakin bertambahnya volume data yang harus dikelola oleh perusahaan setiap tahunnya. Oleh karena itu, business intelligence jadi salah satu bidang profesi yang banyak diincar. Di artikel ini, MinDi mau membahas apa saja faktor yang mempengaruhi gaji di profesi ini, dan berapa sih kisaran gajinya untuk berbagai level. Jadi, baca sampai habis, ya!

Apa itu Business Intelligence

Dalam bisnis, business intelligence (BI) itu sendiri merupakan sebuah konsep strategi yang melibatkan pengumpulan, analisis, pengolahan, dan presentasi data untuk membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih baik. 

Perusahaan yang mengimplementasikan BI dengan optimal dapat menarik informasi dengan lebih efektif dan meningkatkan pertumbuhan bisnis serta profit. Sepanjang proses BI, ada beberapa profesi dengan peran dan tugas yang berbeda-beda. Profesi-profesi inilah yang akan kamu tempati jika ingin berkecimpung di dunia intelijen bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji

Ketika kamu bekerja di bidang business intelligence, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gaji kamu. Faktor-faktor ini perlu kamu perhatikan karena dapat terus menjadi relevan sekalipun kamu sudah menjadi seorang profesional.

Berikut adalah faktor-faktor tersebut.

  • Pengalaman kerja: Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, semakin tinggi kemungkinan kamu mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Kita akan bahas gaji di bidang BI berdasarkan levelnya.

  • Keterampilan khusus: Memiliki keterampilan praktis, khususnya dalam bidang pengolahan data, dapat mempengaruhi gaji kamu juga. Semakin praktis dan canggih keterampilan kamu, semakin besar peluang gaji kamu meningkat.

  • Posisi dan peran: Business intelligence tersusun atas beberapa profesi dengan posisi dan peran yang berbeda. Kita akan bahas juga prospek gaji BI berdasarkan profesinya.

  • Lokasi geografis: Daerah dengan biaya hidup yang lebih tinggi cenderung memiliki gaji yang lebih tinggi. Selain itu, ketersediaan pekerjaan dalam bidang BI juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi.

  • Industri dan sektor: Beberapa industri yang banyak bermain dengan data dan uang, seperti teknologi dan keuangan, cenderung membayar lebih tinggi untuk profesional BI.

  • Sertifikasi: Memiliki sertifikasi yang diakui dalam BI, seperti sertifikasi dalam alat BI tertentu atau sertifikasi analisis data, dapat meningkatkan kredibilitas kamu dan potensi gaji.

Kalau kamu pengen bekerja di bidang business intelligence dan dapetin peluang gaji yang besar, Dibimbing.id punya program nih buat kamu dapetin job connection ke lebih dari 500 perusahaan!


Gaji Business Intelligence Berdasarkan Level

Seperti yang sudah MinDi jelaskan, bahwa pengalaman adalah salah satu faktor paling penting yang mempengaruhi gaji kamu. Berikut adalah ekspektasi gaji di bidang BI untuk level pengalaman yang berbeda.

Entry Level

Sebagai pekerja yang baru masuk ke dunia profesional, termasuk jika kamu belum punya pengalaman sebelumnya, hingga 2-3 tahun ke depan, berada di rentang Rp. 5.000.000 hingga Rp. 9.000.000, dengan rata-rata Rp. 6.500.000 per bulannya.

Middle Level

Selanjutnya, kamu punya kesempatan untuk menjadi profesional yang masuk ke tahap middle level, yaitu di kisaran 3-8 tahun profesional. Bisa pula lebih, berdasarkan industri dan kompleksitas peran di perusahaan.

Untuk middle level, rata-rata gaji profesi BI di Indonesia ada di kisaran Rp. 10.500.000 per bulannya, bergantung pada posisinya.

Senior Level

Setelah lebih lama bekerja, kamu bisa masuk ke tahap senior level. Biasanya rentang periode ini setelah menempuh lebih dari 8 tahun profesional.

Gaji rata-rata senior level BI di Indonesia bisa mencapai lebih dari Rp. 12.000.000 per bulan, bahkan bisa mencapai Rp. 22.000.000 per bulannya.

Perlu diperhatikan juga bahwa gaji dari bidang business intelligence tidak hanya bergantung pada levelnya, melainkan dari profesi yang spesifik. Kita bakal bahas di bagian selanjutnya.

Gaji Business Intelligence Berdasarkan Profesi

Gaji Business Intelligence Berdasarkan Profesi


Di bidang business intelligence ada beberapa profesi dengan peran dan tugas yang berbeda. Peran-peran ini mempengaruhi potensi gaji yang diperoleh. Berikut adalah beberapa profesi umum di bidang BI beserta rentang gajinya.

Business Intelligence Analyst

Business intelligence analyst (BI analyst) adalah profesi yang menggunakan tools BI untuk menganalisis data dari perusahaan.

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji BI analyst di Indonesia berada di kisaran Rp. 11.000.000 per bulan, namun dengan potensi pendapatan tambahan sebesar Rp. 12.000.000 per bulan berdasarkan proyek dan tambahan lainnya.

Business Intelligence Developer

Selanjutnya, business intelligence developer (BI developer) adalah individu yang bertanggung jawab atas pengembangan solusi BI yang melibatkan pemodelan data, desain dashboard, dan pembuatan laporan. Fokus utama mereka adalah menghasilkan tools analisis yang efektif.

Dari Glassdoor dan Indeed.com, rata-rata gaji BI developer di Indonesia berada di kisaran Rp. 10.500.000 per bulan. 

Business Intelligence Engineer

Business intelligence engineer (BI engineer) adalah seseorang yang merancang, membangun, dan mengelola infrastruktur dan tools BI yang digunakan perusahaan.

Gaji BI engineer di Indonesia bisa mencapai Rp. 20.000.000 per bulannya.

Business Intelligence Manager

Terakhir, business intelligence manager (BI manager) adalah seorang profesional yang mengawasi dan mengatur implementasi dan operasi dari sistem intelijen bisnis dalam perusahaan. Mereka adalah yang bertanggung jawab memimpin profesi-profesi BI yang lain.

Dari berbagai sumber, gaji BI manager bisa mencapai kisaran Rp. 24.000.000 - Rp. 27.000.000 per bulan.

Mengejar Karir di Business Intelligence

Kalau kamu mau mengejar karir di bidang business intelligence, pastilah kamu perlu mempersiapkan diri dengan belajar dan mengerjakan proyek-proyek BI.

Nah, Dibimbing.id punya program Business Intelligence Specialized Bootcamp, buat kamu belajar konsep-konsep dan tools intelijen bisnis.

Sepanjang periode kamu ikutan Specialized Bootcamp ini, kamu punya kesempatan buat bikin 10 proyek! Bikin portfolio kamu makin high standard, dan makin gampang dilirik recruiter.

Yuk, kejar karir business intelligence bareng Dibimbing.id!


bootcamp business intelligence

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Artikel Terkait

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Business Intelligence

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Intip tugas business intelligence berikut ini. Kenali bagaimana BI bisa menjadi pekerjaan yang coco...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Business Intelligence

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Yuk pelajari bagaimana implementasi dashboard BI interaktif untuk menunjang bisnis!

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Business Intelligence

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Yuk pelajari bagaimana contoh penerapan BI dalam industri ritel saat ini mampu membantu bisnis unt...

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Business Intelligence

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Berikut adalah contoh data warehouse di beberapa perusahaan, yang penting untuk dipahami!

Image Author

Muthiatur Rohmah

30 January 2024

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Business Intelligence

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Simak contoh kasus yang menerapkan data warehouse berikut ini!

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Business Intelligence

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Fungsi data warehouse sangat penting dalam mengelola data perusahaan. Mari simak penjelasan & manfa...

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024