Blog

/

Business Intelligence

/

Apa Itu Business Intelligence dan Perannya dalam Perusahaan?

Apa Itu Business Intelligence dan Perannya dalam Perusahaan?

Dibimbing.id

12 September 2022

2961

Image Banner

Dalam dunia bisnis bakal banyak banget aspek-aspek yang bisa mendukung perkembangan bisnis tersebut. Mulai dari aspek marketingnya, aspek pengembangan website atau aplikasinya, sampai aspek komponen data-data yang terkait dengan subjek dan objek bisnis. 

Bagi Sobat MinDi yang baru mulai terjun ke dalam dunia bisnis atau memang sedang mendalai dunia bisnis, wajib banget tau dan paham betul aspek-aspek tersebut. Salah satu aspek yang paling penting mungkin kamu harus paham tentang Business Intelligence (BI). 

Nah di artikel kali ini, MinDi bakal kupas tuntas nih tentang apa itu Business Intelligence dan gimana sih manfaatnya buat bisnis kamu? Simak sampai selesai ya agar kamu bisa mendapatkan masukan untuk perkembangan bisnis kamu. Lets goo! 

Pengertian Business Intelligence

Meski menjadi salah satu aspek atau komponen penting dalam menjalankan bisnis, tapi masih banyak lho yang belum paham betul apa itu Business Intelligence. Padahal, kadang tanpa kamu sadari, kamu udah memanfaatkan Business Intelligence, lho. Misalnya nih, ada aktivitas perusahaan kamu terkait menjalin hubungan dan pdkt sama customer lewat pendekatan dan aplikasi CRM. Ini juga bisa trmasuk dalam Business Intelligence, lho Sobat MinDi. 

Kalau liat contoh tadi, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Business Intelligence?

Oke, jadi Business Intelligence adalah satu profesi yang meliputi aktivitas yang berkaitan dengan sistem, aplikasi, dan teknologi. Gunanya adalah untuk mengumpulkan berbagai macam data dari ribuan sumber. Seorang Business Intelligence nantinya harus bisa mengolah dan mempresentasikan data secara mudah dan dapat dipahami oleh tim lain. 

Kalau diliat dari pengertiannya, Business Intelligence ini erat banget kaitannya sama pengumpulan data, apa Sobat MinDi merasa gak asing sama tugas tersebut? Yap betul Data Science. Apakah keduanya berbeda? Apakah tugas keduanya sama? 

Apakah Business Intelligence dan Data Science Sama?

Meski sekilas terkesan memiliki persamaan atau tugas yang tumpang tindih, ternyata kedua profesi ini berbeda banget lho, Sobat MinDi. 

Tugas BI Analyst berfokus pada laporan, mulai dari KPI sampai ke trend yang terjadi sama company. Analisis yang dilakukan sama BI juga berupa analisis deskriptif dan summary laporan. Tugas mendasar dari BI ini berbeda banget sama Data Scientist yang fokusnya buat pencarian korelasi, pola, dan model dari data. Analisis yang dilakukan juga berupa analisis prediktif dan prescriptif. 

Atau gampangnya, BI Analyst bertuga buat menganalisis apa yang udah terjadi, nah kalau Data Scientist tugasnya buat menganalisis kenapa hal itu bisa terjadi, apa aja kemungkinan lain yang bakal terjadi, dan gimana solusinya. 

Keduanya jelas punya peran yang sama-sama penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis suatu company tapi dengan tugas yang berbeda. Jadi, apakah Sobat MinDi udah mendapatkan poin penting atau highlight dari perbedaannya? 

Terus kalau diliat dari tugas pokoknya, kira-kira manfaat yang bakal diterima perusahaan apa aja ya dari hasil kerja seorang BI Analyst

Peran Business Intelligence dalam Perusahaan

  1. Mengidentifikasi pencapaian perusahaan

Seperti yang udah MinDi jelasin sebelumnya, BI Analyst fokusnya adalah pada apa yang udah terjadi. Jadi BI Analyst berperan banget buat menyampaikan gimana kondisi perusahaan secara aktual dan faktual. Apa aja pencapaian yang udah dicapai dalam periode tertentu. 

Selain itu juga BI Analyst bertugas mengarahkan company untuk mencapai visi strategis dengan cara membangun kegiatan atau model pengembangan bisnis yang sesuai dengan visi strategis tersebut. 

  1. Mengeksplor data secara lebih luas dari sumber yang ada

Setelah berhasil mendapatkan berbagai macam data terkini terkait bisnis perusahaan, BI Analyst juga harus bisa kreatif dalam mengeksplor secara lebih luas terkait data tersebut. BI Analyst nantinya bakalan menyediakan data operasional yang bersifat strategis dan metrik kinerja. Dari data tersebut nantinya bisa digunakan buat pengambilan keputusan dan pengembangan kualitas kinerja perusahaan. 

Misalnya adalah BI Analyst mendapatkan trend makanan ringan dan berat yang disukai customer saat ramadhan. Nah dari situ BI Analyst bakal mengolah dan mengeksplor lebih lanjut terkait data itu berupa saran strategi. Nantinya data itu bisa digunakan perusahaan buat mengambil keputusan terkait pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan customer

  1. Memonitor kinerja perusahaan dan identifikasi masalah

Gak Cuma dua peran yang udah MinDi jelasin sebelumnya, BI Analyst juga berperan penting buat menyediakan data dan wawasan lebih lanjut terkait kinerja perusahaan di berbagai level. BI Analyst juga bakal menyampaikan masalah-masalah apa yang terjadi terkait kinerja perusahaan. 

Nah itu dia beberapa bahasan tentang Business Intelligence, mulai dari apa itu Business Intelligence, perbedaannya dengan Data Science, sampai implementasi dan perannya di perusahaan. Gimana nih, apakah MinDi udah makin paham sama Business Intelligence

Atau kamu mulai tertarik buat belajar lebih lanjut tentanf profesi ini?

Iya nih MInDi, tapi aku gak tau harus belajar dimana.”

Waduh, tenang Sobat MinDi. Gak usah bingung lagi, karena dibimbing.id juga menyediakan layanan Bootcamp Business Intelligence loh! Cocok banget buat kamu yang lagi mau kembangin skil

Kenapa sih harus ikut layanan bootcamp dari dibimbing? Karena kamu bakal langsung mempelajari hingga 8 Real Case-Study  bersama mentor yang expert. Artinya kamu bisa meningkatkan skill analisa kamu dengan berbagai jenis data. 

Di akhir bootcamp juga akan final project yang bisa kamu jadikan sebagai portfolio lho. Gak sampai itu aja, kamu juga bakalan dapat materi dari beginner sampai advance dan juga berkesempatan buat mendapatkan fasilitas penyaluran kerja. 

Menarik bukan? Tunggu apa lagi, langsung aja kepoin lebih lanjut dan daftar bootcamp-nya disini yaa! 



Referensi:

Perbedaan Business Intelligence (BI) dengan Data Science (DS). (2020, November 8). Kolong Info. https://kolonginfo.com/perbedaan-business-intelligence-bi-dengan-data-science-ds/

Jimy. (2019, August 23). Pengenalan business intelligence. Medium. https://medium.com/@jrendz/pengenalan-business-intelligence-c36232510531


Pengertian business intelligence (BI) Dan Manfaatnya untuk Bisnis ANDA. (2022, January 4). Harmony. https://www.harmony.co.id/blog/pengertian-business-intelligence-bi-dan-manfaatnya-untuk-bisnis-anda

Platform Tempat Belajar Business Intelligence

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Business Intelligence

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Intip tugas business intelligence berikut ini. Kenali bagaimana BI bisa menjadi pekerjaan yang coco...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Business Intelligence

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Yuk pelajari bagaimana implementasi dashboard BI interaktif untuk menunjang bisnis!

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Business Intelligence

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Yuk pelajari bagaimana contoh penerapan BI dalam industri ritel saat ini mampu membantu bisnis unt...

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Business Intelligence

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Berikut adalah contoh data warehouse di beberapa perusahaan, yang penting untuk dipahami!

Image Author

Muthiatur Rohmah

30 January 2024

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Business Intelligence

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Simak contoh kasus yang menerapkan data warehouse berikut ini!

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Business Intelligence

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Fungsi data warehouse sangat penting dalam mengelola data perusahaan. Mari simak penjelasan & manfa...

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024