Contoh Penerapan Big Data - Ada di Berbagai Sektor!

Syaukha Ahmad Risyad

•

04 August 2023

•

4275

Image Banner

Kamu pasti sering mendengar istilah big data, tapi bagaimana, sih, contohnya di kehidupan nyata? Di artikel ini, MinDi bakal kasih beberapa contoh big data dan bagaimana ia bisa diterapkan di berbagai sektor!

Peran data science menjadi semakin penting seiring berkembangnya zaman digital. Hampir semua segi yang ada di kehidupan manusia tidak luput dari pengumpulan dan penggunaan data. Oleh karena itu, implementasi big data untuk berbagai sektor akan menjadi sangat bermanfaat.

Dalam artikel ini, MinDi mau ngasih contoh sekaligus menjelaskan, contoh-contoh big data serta bagaimana big data dapat dan sudah dimanfaatkan dalam banyak ranah profesional! Baca keseluruhannya, ya!

Big Data dalam Bisnis: Prediksi Permintaan Pasar

Big Data dalam Bisnis


Big data memungkinkan perusahaan untuk menganalisis tren pasar, mengidentifikasi pola pembelian, dan memprediksi permintaan masa depan. Ini yang udah dilakuin sama perusahaan-perusahaan e-commerce dan penyedia jasa layanan seperti Netflix dan Spotify.

Selain untuk kebutuhan internal perusahaan, big data bisa memberikan rekomendasi ke kamu terkait barang yang kamu minati berdasarkan data-data kamu dan pelanggan lain terkait sejarah pembelian, metode pengiriman, dan preferensi pembayaran yang pernah dilakukan.

Big Data dalam Pendidikan: Analisis Data Pembelajaran

Dengan memanfaatkan data yang dihasilkan dari karakteristik dan performa siswa dalam pembelajaran dan ujian, institusi pendidikan dapat menganalisis pola belajar siswa, mengidentifikasi kebutuhan individual, dan menyusun kurikulum yang disesuaikan untuk meningkatkan hasil belajar.

Big data juga dapat dimanfaatkan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan operasi finansialnya, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas.


Big Data dalam Kesehatan: Prediksi Wabah Penyakit

Big Data dalam Kesehatan


Big data memungkinkan para ahli kesehatan untuk memantau dan menganalisis data kesehatan dari berbagai sumber, seperti catatan medis elektronik dan media sosial. Dengan demikian, mereka dapat mendeteksi pola penyebaran penyakit dan memprediksi wabah potensial, memungkinkan respons yang lebih cepat dan pengendalian yang lebih efektif.

EPIWATCH, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang AI, lagi membangun sistem berbasis AI dan machine learning untuk mengidentifikasi dan memprediksi penyebaran pandemi berdasarkan data-data yang tersedia. Jadi kita bisa berharap penanganan penjangkitan pandemi di masa depan bisa jauh lebih efektif lagi.

Big Data dalam Transportasi: Pengelolaan Lalu Lintas yang Cerdas

Dengan memanfaatkan data lalu lintas real-time, sistem transportasi dapat mengoptimalkan aliran lalu lintas di jalan raya dan mengurangi kemacetan. Data tersebut dapat digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas secara adaptif dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

Big Data dalam Energi: Pengelolaan Kebutuhan Energi yang Efisien

Big data juga udah dipakai untuk efisiensi penggunaan energi. Banyak perusahaan di dunia yang mengumpulkan data terkait konsumsi energi dari berbagai sumber, dan menggunakannya untuk mengidentifikasi pola konsumsi, memprediksi kebutuhan energi di masa depan, dan mengotomasi pasokan energi. 

Hal ini dapat membantu mengurangi pemborosan energi dan mendorong penggunaan sumber energi terbarukan.

Big Data dalam Pariwisata: Rekomendasi Wisata yang Disesuaikan

Seperti penggunaan big data dalam bisnis, big data juga dapat digunakan untuk optimasi rekomendasi wisata kepada wisatawan. Data-data wisatawan seperti GPS yang digunakan, serta review pada situs internet, dapat digunakan untuk memprediksi tempat-tempat wisata yang cocok untuk preferensi masing-masing wisatawan.

Penggunaan big data dalam pariwisata dapat mendorong keamanan pengunjung, sekaligus meningkatkan pendapatan untuk penyedia layanan.

Big Data dalam Agrikultur: Pemantauan dan Pengelolaan Tanaman yang Presisi

Big Data dalam Agrikultur


Dengan memanfaatkan sensor-sensor dan teknologi pemantauan, petani dapat mengumpulkan data tentang kondisi tanah, kelembaban, nutrisi, dan pertumbuhan tanaman secara real-time. Data kemudian dimasukkan ke dalam model AI atau machine learning yang dapat membantu petani mengawasi kualitas tanah, kelembapan, dan temperatur, seperti tawaran yang disediakan oleh Microsoft Azure Data Manager for Agriculture.

Data tersebut juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan irigasi, pemupukan, dan pengendalian hama secara presisi, meningkatkan produktivitas tanaman, dan mengurangi penggunaan sumber daya seperti air dan pupuk.

Proses agrikultur yang efektif dan efisien bukan hanya dapat membantu produktivitas petani, tetapi juga dapat menjadi solusi dari kebutuhan ketahanan pangan masyarakat.


Belajar Mengelola Big Data

Seiring berkembangnya zaman, peran big data semakin penting dan integral. Makanya, kalau kamu ingin mendalami dunia data science, kamu harus bisa menguasai teknik pengelolaan big data.

Nih, MinDi mau ngasih rekomendasi ke kamu buat ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Kamu bakal belajar sampai dalam terkait konsep-konsep big data serta cara mengelolanya! Kamu juga bakal dilatih untuk menggunakan tools data science, seperti SQL, Python, dan Tableau, sambil dibimbing oleh ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya!

Yuk, kuasai data science bareng Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!