5 Case Study Project Management Untuk di Pelajari, Yuk Baca!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

02 May 2024

221

Image Banner

Hi, Sobat MinDi! Apakah kamu tertarik untuk kerja di industri project management? Well, management project bukan hanya sekadar mengelola sumber daya dan memenuhi deadline


Namun, industri ini juga mencakup cara mengatasi berbagai tantangan yang muncul di pelaksanaan proyek berbagai organisasi.


Ingin belajar lebih dalam soal project management? Yuk, pelajari case study project management yang MinDi cantumkan di bawah ini!



5 Case Study Project Management


Apabila sobat MinDi mau mengembangkan keterampilan manajemen proyek. Mempelajari berbagai case study project management sukses bisa jadi salah satu metode yang tepat.


Untuk membantu kamu pelajari berbagai case study project management, MinDi sudah rangkum 5 proyek terbesar di dunia yang bisa jadi bahan pelajaranmu. Berikut rangkumannya:


1. Proyek Sydney Opera House



Sumber: Wikipedia


Case study project management pertama yang bisa kamu pelajari adalah proyek sydney opera house. Rumah opera ini adalah salah satu bangunan paling ikonik di dunia. Bangunan ini juga dikenal dengan desain uniknya.


Secara garis besar, proyek ini dimulai pada tahun 1959 dan selesai di tahun 1973 yang mana terlambat 14 tahun dari rencana. Dilansir dari UpGrad, proyek ini menghadapi banyak tantangan.


Beberapa tantangan yang dihadapi antara lain kesulitan teknis, campur tangan politik, dan keterbatasan finansial. Di samping itu, desainnya juga jadi hambatan penyelesaian proyeknya.


Pasalnya, desain asli rumah opera ini juga sangat sulit dibangun. Sehingga, ini mengharuskan manajer proyek melakukan berbagai perubahan desain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa pendekatan yang dilakukan timnya.


Mulai dari penggatian pemimpin proyek hingga pendekatan manajemen. Awalnya, mereka menggunakan pendekatan tradisional. Lalu, mereka mengubahnya jadi proyek kolaboratif antara arsitek, insyinyur, kontraktor.


Tujuan kolaborasi ini adalah untuk menyelesaikan masalah struktural yang kompleks. Pada akhirnya, masalah bisa diselesaikan meskipun ada penundaan dan kelebihan anggaran.



2. Proyek Airbus A380



Sumber: Wikipedia


Case study project management berikutnya adalah proyek airbus A380. Ini merupakan salah satu proyek terbesar di dunia. Proyek ini secara resmi dimulai pada tahun 2000 dan berhasil meluncurkan produk pertama di 2007.


Dilansir dari UpGrad, proyek ini mengalami keterlambatan karena tantangan teknis yang terkait dengan beberapa hal. Penyebabnya antara lain ukuran, kompleksitas produksi dan logistik, serta masalah dengan harness kabel.


Di kasus tersebut, harness kabelnya memerlukan desain ulang dan koordinasi ekstensif. Untuk mengatasinya, tim perusahaannya menerapkan pendekatan manajemen proyek yang lebih terkoordinasi.


Mereka meningkatkan koordinasi di antara berbagai tim internasional dan pemasok. Pendekatan ini membantu penyederhanaan proses dan meningkatkan komunikasi di seluruh tim yang terlibat dalam proyek.


Baca Juga: Tugas Project Manager, Skill & Prospek Kerjanya




3. Proyek Perluasan Terusan Panama



Sumber: BBC


Case study project management berikutnya ada di perluasan terusan Panama. Perluasan ini dilakukan untuk mengakomodasi kapal yang lebih besar. Proyeknya dimulai pada tahun 2007 dan selesai di 2016.


Di lansir dari UpGrad, proyek ini menghadapi tantangan geologis hingga perselisihan tenaga kerja. Bukan hanya itu, proyeknya juga cukup sulit. Pasalnya, ini mencakup tugas rekayasa yang kompleks dan melibatkan pembangunan pintu air baru serta pelebaran saluran.


Dalam mengatasi masalah tersebut, tim memanfaatkan strategi manajemen yang melibatkan manajemen risiko ekstensif. Pendekatan ini melibatkan perencanaan adaptif untuk menangani masalah tak terduga seperti ketidakstabilan tanah.


Bukan hanya itu, proyek ini juga menggunakan teknologi konstruksi canggih dan bergantung tim manajemen multinasional.



4. Transformasi Digital Telkomsel



Sumber: Telkomsel


Case study project management berikutnya datang dari brand yang mungkin tidak asing menurut Sobat MinDi yakni Telkomsel. Merek provider ini melakukan transformasi besar-besaran untuk menjangkau konsumen yang berorientasi digital.


Proyeknya mencakup pengembangan platform data yang mengelola ribuan data poin konsumen. Tujuan dari platform ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.


Telkomsel mengadopsi pendekatan berbasis AI dan otomasi data. Tujuannya adalah untuk memahami kebutuhan konsumen dan mempercepat pengambilan keputusan.


Hasil proyek akhirnya adalah peluncuran dua merek baru yakni Orbit dan by.U. Dua merek ini diluncurkan untuk menjangkau segmen pasar yang berbeda,termasuk GenerasI Z.


Baca Juga: 15 Metodologi Project Management, Wajib Kamu Kuasai!



5. Super-App Gojek


Sumber: Google Play


Contoh terakhir ini pastinya tidak asing di telinga Sobat MinDi.Gojek adalah sebuah perusahaan teknologi yang mengalami transformasi besar. Awalnya, Gojek diciptakan sebagai platform ride-sharing hingga sekarang menjadi super-app.


Perkembangan ini membuat Gojek menjadi satu aplikasi multifungsi.Mulai dari pengiriman makanan hingga pembayaran digital.


Salah satu tantangan yang mereka hadapi saat proses pengembangan adalah mengintegrasikan berbagai layanan ke satu aplikasi. Di samping itu, Gojek juga harus menangani masalah skalabilitas dan keamanan data.


Salah satu metode yang mereka gunakan untuk mengelola proyek pengembangan ini adalah meningkatkan koordinasi dan efisiensi tim. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan alat manajemen proyek modern.


Bukan hanya itu, mereka juga menetapkan OKRs untuk mengatur dan melacak prioritas perusahaan. 



Itulah lima contoh case study project management yang bisa Sobat MinDI pelajari. Masing-masing proyek di atas menggunakan pendekatan manajemen proyek sesuai dengan tantangan yang dihadapi.


Apabila Sobat MinDi masih bingung dan mau belajar lebih banyak, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Product and Project Management Dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa belajar semua tentang manajemen produk dan proyek.


Mulai dari konsep dasar, alat penunjang, sampai praktik dengan real-case study. Nah, kalau baru mulai atau beralih karir ke industri ini pun, kamu nggak perlu khawatir juga! 


Di Dibimbing, semua pembelajarannya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly dan paling update. Jadi, siapapun bakalan bisa mengikuti pelajarannya tanpa kesusahan.


Bukan cuma itu, kamu juga terjamin untuk dapetin pekerjaan sesuai program selesai lewat layanan job connection ke 500+ companies. Hal ini sudah dibuktikan 94% lulusan Dibimbing yang sukses dapat pekerjaan seusai pekerjaan selesai.


Menarik, kan? Yuk, gabung dan mulai karirmu sebagai proyek manajer bersama Dibimbing.id!



Referensi


Top 20 Project Management Case Studies [Buka]

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved