Cara Merapikan Spasi di Word: Langkah Praktis & Simple!

Muthiatur Rohmah

•

04 March 2024

•

925

Image Banner

Saat menulis di microsoft word, tanda spasi merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Spasi pada word berfungsi sebagai pemisah antara kata satu dengan yang lainnya.


Dengan adanya spasi, tulisan atau paragraf di microsoft word akan terlihat rapi dan mudah dibaca oleh pengguna. 


Namun biasanya kerap terjadi permasalahan penulisan di word karena penggunaan spasi, bisa jadi spasi yang terlalu panjang, bahkan tidak ada spasi antar kata saat penulisan. Hal ini menyebabkan kalimat atau paragraf tidak bisa terbaca dengan baik.


Kadang masalah pada spasi ini tidak dapat dibenahi secara manual, memerlukan beberapa langkah atau cara khusus yang mudah dan otomatis.


Lantas bagaimana cara merapikan spasi di word? Simak selengkapnya, dijamin anti spasi berantakan saat menulis di word.


Cara Merapikan Spasi di Word


Permasalah spasi di microsoft word biasanya berupa spasi yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Berikut adalah cara mengatur spasi di word agar dokumen atau tulisan Sobat MinDi terlihat rapi.


  • Pilih kata atau kalimat yang spasinya berantakan, jika full kalimat dalam dokumen memiliki spasi berantakan, kamu dapat tekan CTRL + A.

  • Klik kanan pada tulisan terus pilih font, kemudian klik Advanced.

  • Lalu akan muncul kotak spacing, silahkan ubah sesuai kebutuhan, Expanded untuk memperluas spasi, lalu Condensed untuk merapatkan spasi.

  • Terakhir, klik OK untuk merapikan tulisan.


Baca Juga: Tips Membuat Pivot Table: Cara Mudah Menganalisis Data di Excel


Mengatur spasi yang berantakan di Microsoft Word bisa menjadi tantangan, terutama jika dokumen tersebut telah diterima atau diimpor dari sumber lain dengan pengaturan format yang berbeda. 


Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki spasi di dokumen Word dalam beberapa kasus yang berbeda.


1. Sesuaikan Pengaturan Spasi Baris


  • Pilih teks yang spasi barisnya ingin diatur.

  • Klik ke tab Home di Ribbon, pada grup Paragraph, klik ikon Line and Paragraph Spacing (tampak seperti beberapa baris horizontal dengan panah ke atas dan ke bawah di sampingnya).

  • Pilih jumlah spasi baris yang diinginkan, seperti `1.0` (tunggal), `1.15`, `1.5` (1,5 spasi), atau `2.0` (ganda). Untuk opsi lebih spesifik, pilih Line Spacing Options dan sesuaikan dalam kotak dialog yang muncul.






2. Hapus Spasi Ekstra Antara Paragraf 


  • Pilih teks yang ingin dihilangkan spasi ekstranya.

  • Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengakses Line Spacing Options.

  • Dalam kotak dialog Paragraph, pastikan di bagian Spacing, nilai Before dan After diatur ke 0 pt, atau sesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Centang Don't add space between paragraphs of the same style,  jika opsi ini tersedia dan sesuai dengan kebutuhan.






3. Gunakan Find dan Replace untuk Menghapus Spasi Ganda



  • Tekan Ctrl + H untuk membuka kotak dialog Find and Replace.

  • Di kotak Find what, masukkan dua spasi.

  • Di kotak Replace with, masukkan satu spasi.

  • Klik Replace All untuk mengganti semua spasi ganda dengan spasi tunggal.


Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat MinDi dapat mengatur ulang dan memperbaiki spasi yang berantakan di dokumen Word, sehingga dokumen yang terlihat lebih profesional dan mudah dibaca.


Cara merapikan spasi di word sangat beragam, tergantung pada permasalahan yang sedang dihadapi, misalnya spasi yang terlalu panjang atau pendek, bahkan campuran keduanya. 


Pastikan Sobat MinDi memahami permasalahan spasi pada dokumen Anda, lalu tentukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.


Baca Juga: Cara Mudah Membuat Makro di Excel : Dijamin Cepat dan Efisien!


Tingkatkan Skill Microsoft Office agar Lebih Produktif dalam Bekerja


Meningkatkan skill menggunakan microsoft office merupakan hal yang penting. Sebab tools ini membantu karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan, mulai dari analisis data sampai dengan pengolahan dokumen perusahaan.


Dengan skill microsoft office yang meningkat, produktivitas karyawan dalam bekerja akan lebih tinggi, sehingga berdampak baik pada kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan wajib memperhatikannya.


Ikuti corporate training dibimbing.id, sebuah pelatihan karyawan terbaik dan profesional, disertai materi pembelajaran yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 


Ayo segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! dan nikmati layanan LMS yang canggih, sehingga Anda dapat mengawasi jalannya pelatihan. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!