Cara Mengirim CV & Lamaran Kerja Lewat Email (2024)
Anisa Fitri Maulida
•
01 August 2024
•
22859
Salah satu cara agar lamaran kerja bisa dilihat oleh HRD adalah dengan mengirim CV lewat email.
Pertanyaannya, bagaimana cara mengirim CV lewat email? Apa saja yang perlu diperhatikan pada sebelum dan saat mengirimnya?
Jobseeker terutama fresh graduate wajib merapat, karena MinDi bakalan kasih tahu kamu jawaban dari pertanyaan tadi!
Apa Itu CV?
Buat warga Bimbingan yang belum mengenal CV, jadi CV alias Curriculum Vitae adalah dokumen penting dalam dunia kerja.
CV bukan hanya sekadar daftar riwayat hidup, melainkan representasi diri kamu di hadapan perekrut atau HRD sebuah perusahaan.
Sebuah CV yang baik mencakup informasi mengenai pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, prestasi, serta kualifikasi lainnya yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
Format dan isi CV bisa bervariasi tergantung pada industri dan jenis pekerjaan yang dituju, tapi tujuan utamanya tetap sama: memberikan gambaran singkat namun lengkap tentang diri kamu sebagai kandidat profesional.
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengirim CV dan Surat Lamaran
Sebelum mengirim CV lewat email kepada perusahaan impianmu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan untuk memastikan bahwa CV kamu tidak hanya terkirim, tapi juga mampu menarik perhatian HRD.
Berikut adalah hal-hal yang perlu sobat MinDi siapkan juga:
1. Periksa Kelengkapan CV
Pertama, pastikan CV kamu sudah lengkap dan mencakup semua informasi penting seperti data diri, pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, pencapain dan sertifikasi
Kedua, pastikan informasinya sudah benar, dari segi isi, tanggal hingga ejaan. Jangan sampai CV kamu terdapat typo, salah penomoran atau angka yang kurang tepat.
Hal ini akan mengurangi nilai kamu di mata recruiter, atau yang lebih parah lagi, CV kamu tidak masuk screening ATS.
2. Format dan Desain CV
Gunakan format yang profesional dan mudah dibaca. Jika mengirim lewat email, maka kamu perlu menggunakan format PDF yah warga Bimbingan.
Desain CV harus sederhana namun menarik, hindari penggunaan terlalu banyak warna atau font yang tidak profesional.
3. Siapkan Dokumen Lain
Selain CV, kamu juga perlu menyiapkan dokumen lain, seperti:
- Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)
- Curriculum Vitae (CV) atau Resume
- Portofolio (jika diperlukan)
- Ijazah dan Sertifikat (jika relevan)
- Referensi atau Surat Rekomendasi
Nah, warga Bimbingan, surat lamaran kerja atau cover letter sendiri sangat penting karena ini adalah kesempatanmu untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut serta mengapa kamu cocok untuk peran itu.
Kemudian, curriculum vitae (CV) atau resume memberikan gambaran lengkap tentang kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan.
Kemudian, jika pekerjaan yang kamu lamar memerlukan contoh hasil kerja, seperti di bidang kreatif, portofolio sangat berguna untuk menunjukkan kemampuanmu secara nyata.
4. Penulisan Cover Letter
Surat lamaran kerja (cover letter) adalah surat yang kamu sertakan ketika melamar pekerjaan.
Di cover letter, kamu bisa memperkenalkan diri, menjelaskan kenapa kamu tertarik dengan posisi yang dilamar, dan menunjukkan bagaimana kualifikasi serta pengalamanmu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Cover Letter amat penting karena sering kali ini adalah kesan pertama yang didapat oleh perekrut tentang dirimu. Ini memberi mereka gambaran tentang siapa kamu sebagai individu, bukan hanya sebagai daftar keterampilan di CV.
Dengan cover letter yang baik, kamu bisa menyoroti keahlian khususmu yang relevan dengan pekerjaan tersebut dan menunjukkan antusiasme serta pemahamanmu tentang perusahaan.
Baca juga: 5 Contoh CV Lulusan SMK Beserta Cara Membuatnya!
5. Subjek Email yang Jelas dan Menarik
Subjek email harus jelas dan langsung ke pokok permasalahan. Contohnya, "Lamaran Pekerjaan - [Posisi yang Dilamar] - [Nama Kamu]". Atau bisa juga dengan format, “Nama Kamu - Posisi yang dilamar.
Contoh:
- Lamaran Pekerjaan - Dewi Ariani - Digital Marketer
- Dewi Ariani - Digital Marketer
Bisa juga disesuaikan dengan format yang diinginkan perusahaan.
Cara Mengirim CV dan Dokumen Lamaran Kerja Lewat Email
Mengirim CV ldan dokumen lamaran kerja lewat email merupakan salah satu langkah penting dalam proses melamar pekerjaan.
MinDi akan memberikan tutorial untuk kamu yang menggunakan Gmail, Yahoo. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:
1. Bukan Akun Gmail Kamu
Pertama, buka aplikasi Gmail di HP atau lewat desktop. Kalo MinDi menyarankan untuk membuka nya lewat desktop yah sobat
Namun, jika kamu memakai gawai, kamu bisa membukanya lewat aplikasi.
2. Pilih Menu "Tulis" atau “Compose”
Setelah masuk ke akun Gmail, cari tombol “Tulis” atau “Compose” di sisi kiri atas layar. Klik tombol ini untuk memulai membuat email baru.
3. Isi Alamat Penerima dan Subyek Email
Di jendela email baru yang muncul, isi kolom “Penerima” dengan alamat email penerima yang dituju.
Lalu, di kolom “Subjek”, tulis subjek yang jelas, misalnya “Lamaran Pekerjaan – [Nama Posisi] – [Nama Kamu]”.
4. Salin Cover Letter pada Body Email
Kemudian. di bagian badan email, salin dan tempelkan surat lamaran kerja (cover letter) yang sudah kamu siapkan.
Singkat saja yah sobat, tak perlu panjang-panjang.
5. Upload Lampiran
Untuk melampirkan CV dan dokumen lain, klik ikon klip kertas atau “Lampiran” di bagian bawah jendela email.
Pilih file CV dari komputer atau perangkatmu, lalu klik “Open” atau “Buka” untuk menguploadnya.
Lakukan hal serupa untuk mengupload portofolio dan semua dokumen yang dibutuhkan.
6. Periksa Kembali Email
Sebelum mengirim, pastikan semua informasi yang kamu masukkan benar, mulai dari alamat email penerima, subjek, isi body email, hingga lampiran yang diupload. Periksa apakah semua dokumen terlampir dengan benar.
7. Kirim Email
Setelah yakin semua sudah benar, klik tombol “Kirim” atau “Send” di bagian bawah jendela email. Email kamu akan dikirim ke penerima dengan CV dan cover letter terlampir.
Dalam mengirim CV lewat email, selalu ingat untuk menjaga profesionalitas dan pastikan segala informasi yang kamu sampaikan jelas dan tepat.
Hal tersebut, akan meningkatkan kesan pertama yang baik kepada perekrut atau HRD.
Baca Juga: Upgrade Keterampilanmu dengan Pelatihan Hard Skill di Kampus
Kata-Kata yang Harus Ditulis di Body Email
Saat mengirimkan CV lewat email, kamu perlu melampirkan kata-kata pada body email. Nah, ini bisa berupa cover letter, atau isi dari cover letter agar lebih singkat.
Berikut contohnya:
1. Cover Letter
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth, Bapak/Ibu HRD PT. Pembangunan Daerah SULTENG Tbk Di Palu
Dengan Hormat, Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di PT. Pembangunan Daerah Sulteng Palu, maka dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung sebagai calon karyawan. Data singkat saya seperti berikut ini: Nama : Dini Apriani Tempat,Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 7 Maret 1999 Alamat : Jl. Sehat Bahagia No. 10 No Telp/ HP : 082348241173 Email : FahirahIrha@gmail.com Agama : Islam Status Perkawinan : Belum Menikah Pendidikan Terakhir : S1- Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia IPK Terakhir : 3.17 Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan : 1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitai. 2. Foto copy ijazah S1 dan tanskip nilai yang dilegalisir 3. Foto copy Kartu tanda penduduk dan SIM 4. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar Demikian surat lamaran yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang bapak/ ibu pimpin, saya akan melakukan yang terbaik untuk bank. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya ucapkan terima kasih.
Palu, 8 April 2024 Hormat Saya, (Dini Aprialin)
|
2. Kata-Kata Pengantar Body email
Selamat Pagi Ibu/Bapak HRD PT. Maju Bersama, Saya berharap email ini menemui Anda dalam keadaan baik. Nama saya Dini Apriani, dan saya sangat tertarik untuk melamar posisi Digital Marketer di [Nama Perusahaan]. Dengan latar belakang saya dalam pemasaran digital dan pengalaman saya dalam [sebutkan pengalaman atau keahlian khusus], saya yakin bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi tim Anda. Terlampir adalah CV dan surat lamaran saya untuk pertimbangan Anda. Saya sangat berharap dapat mendiskusikan bagaimana saya bisa berkontribusi di [Nama Perusahaan]. Terima kasih atas perhatian Anda. Salam hangat, Dini Apriani 08123456789 |
Lalu, Mana yang Harus Dipakai?
Jadi warga Bimbingan, kami menyarankan untuk menggunakan kata pengantar di body email selain cover letter karena beberapa alasan penting. Pertama, kata pengantar di body email memberikan kesan pertama untuk menarik perhatian recruiter sebelum mereka membuka lampiran seperti cover letter.
Selain itu, recruiter juga merupakan orang yang sibuk, penerima mungkin tidak selalu memiliki waktu untuk membuka setiap lampiran dengan segera.
Dengan menyertakan informasi inti di body email, Anda memudahkan mereka untuk langsung memahami tujuan email dan relevansi aplikasi Anda tanpa harus membuka file terpisah.
Nah, Sobat MinDi! Berikut di atas adalah cara mengirim CV lewat email beserta hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum dan saat mengirim. Tidak lupa juga memperkenalkan kamu dengan cover letter. Jika kamu merasa membutuhkan persiapan karir lebih, tidak ada salahnya lho untuk mengikuti bimbingan human resource dibimbing.id.
Sebuah pelatihan intensif dan inovatif yang bertujuan untuk mempelajari seputar Human Resource serta membuka kesempatan untuk bekerja di bidang tersebut, Menarik bukan?
Kelas dibimbing.id di dampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional, disertai pembelajaran inovatif dan efektif. Jangan khawatir apapun tujuanmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi.
Catatan Redaksi:
Artikel ini pertama kali dibuat pada November 2023 dan telah kami perbarui informasinya agar tetap relevan dan terbaru.
Referensi
- How To Email a CV to a Recruiter (With Examples and Tips) - Buka
- How to email your CV: tips to getting yours read first - Buka
Tags