3 Cara Menemukan Buyer Persona untuk Product Manager

Aulia Putri Andrika

•

27 September 2022

•

3909

Image Banner

Product Manager harus membuat keputusan berdasarkan informasi tentang siapa pelanggan mereka, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana produk mereka memberikan solusi. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui buyer persona. Persona adalah karakter fiksi yang membantu manajer produk membuat keputusan ini dan memandu bagaimana tim akan membangun fitur yang disukai pelanggan.


Buyer persona sangat penting ketika sebuah perusahaan membuat produk, jika tidak mempertimbangkan siapa yang ingin membeli produk akhirnya akan gagal dan tidak berhasil. Sebagai product manager harus memecahkan berbagai tantangan untuk memuaskan pelanggan. Dengan adanya buyer persona membantu pengusaha memahami secara menyeluruh pengguna target mereka. Product manager seringkali membuat katalog tipe buyer persona yang berbeda saat merancang produk. 


Buat kamu yang bingung cara menentukan buyer persona ini tenang, jangan sedih Sobat MinDi. Selama ada MinDi, dijamin deh akan selalu ada solusi! Kali ini MinDi mau kasih tau beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan buyer persona. Yuk, jangan lupa dicatat ya! 


Apa itu Buyer Persona?

Buyer Persona adalah profil yang dibuat untuk tujuan memahami dan berempati dengan pelanggan. Belajar tentang kebutuhan pelanggan sangat penting dalam menciptakan produk yang memberikan nilai. Ada banyak penelitian yang sedang berlangsung di bidang manajemen produk yang menggali segmen pengguna yang berbeda yang membantu manajer produk menemukan buyer persona dengan baik. 


Cara Menentukan Buyer Persona

 

1. Pahami dan Pelajari Siapa yang Akan Menggunakan Produk

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan buyer persona adalah mempelajari tentang audiens yang kamu miliki. Kamu dapat menggunakan data kualitatif dan kuantitatif untuk menginformasikan penelitian,seperti wawancara pengguna secara langsung, berbicara dengan tim yang berinteraksi dengan pengguna, dan menganalisis penggunaan produk.


2. Kelompokan Target Audiens

Setelah kamu mengumpulkan cukup data tentang target audiens, kamu harus mengelompokkan buyer pesona yang telah kamu pelajari. Setiap kelompok persona pengguna memiliki serangkaian tujuan, kebutuhan, dan keinginan yang unik. Memahami perbedaan antara kelompok-kelompok ini sangat penting untuk memandu bagaimana fitur produk baru diprioritaskan, dirancang, dan dikembangkan.


3. Buat Template Persona pengguna  

Template buyer pesona akan membantu kamu membuat produk dalam mengatasi masalah pengguna. Tujuan dari dibuatnya template ini adalah  untuk memberi gambaran singkat tentang pengguna dan memahami siapa mereka. 


Nah, itu dia tips untuk cara menentukan buyer persona yang bisa langsung kamu terapkan. Semua fitur pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu untuk mempromosikan produk. 


Selain kamu harus menentukan buyer persona, kamu juga memerlukan berbagai strategi product Management. MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp product Management  ? Buat kamu yang tertarik untuk menyelami dunia product Management lebih dalam, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini.
Pelajari Agility Dalam Membangun Digital Product yang Sukses Menjawab Kebutuhan Customer!

Share

Author Image

Aulia Putri Andrika

Hallo!! My name Aulia Putri Andrika. I am an active student at the Jakarta State Polytechnic majoring in journalism. Hardworking students looking for work. Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. Proficient in multiple social media platforms, office technology programs, and i can write on the web a well as articles. Committed to leveraging my skills to advance the company's mission. I am confident in my ability to come up with interesting ideas for unforgettable campaigns.

Artikel Terkait

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbing.id

Product Management

Jurusan yang Tepat untuk Menjadi Product Manager - Dibimbin...

Product manager merupakan profesi yang banyak dicari di tahun 2022. Lalu, apa jurusan kuliah yang t...

Image Author

Kezia Margaretha

•

22 September 2022

5 Bocoran Pertanyaan Interview Product Manager - dibimbing.id

Product Management

5 Bocoran Pertanyaan Interview Product Manager - dibimbing....

Ketika melakukan interview product manager, gugup seringkali terjadi. Namun, jangan cemas! Berikut ...

Image Author

Kezia Margaretha

•

19 October 2022

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Product Management

Digital Marketing

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

•

11 November 2022

Update Terkini Gaji Product Management Tahun 2024

Product Management

Update Terkini Gaji Product Management Tahun 2024

Dari gaji di dalam dan luar negeri hingga gaji di Startup Company, semua Info range gaji Product Ma...

Image Author

Hudita A. R. Lubis

•

19 May 2023

3 Contoh Benchmarking untuk Tingkatkan Kinerja Bisnis

Product Management

3 Contoh Benchmarking untuk Tingkatkan Kinerja Bisnis

Sobat MinDi, yuk pelajari studi kasus dan contoh benchmarking untuk mengevaluasi dan meningkatkan k...

Image Author

Nadia L Kamila

•

27 January 2024

Memahami Jira Software: Aplikasi Manajemen Proyek

Product Management

Memahami Jira Software: Aplikasi Manajemen Proyek

Jira software adalah aplikasi yang membantu manajemen proyek perusahaan agar berjalan dengan mudah ...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

02 February 2024