Cara Membuat Form Input PHP: Panduan Lengkap

Suci Wulandari

•

25 September 2023

•

9481

Image Banner
Form input adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam pengembangan website interaktif. Form input digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna seperti teks, angka, pilihan, atau berkas yang nantinya akan diproses oleh server. Kamu bisa membuat form input dengan PHP.

Dalam artikel ini, MinDi akan membahas cara membuat form input dengan PHP, salah satu bahasa pemrograman web yang populer. Selain itu, berbagai manfaat form input PHP juga akan dibahas. Simak artikelnya sampai selesai, ya!


Cara Membuat Form Input PHP

Membuat form input dengan benar perlu dilakukan untuk pengembangan fitur dan fungsi web. Dengan menggunakan PHP, kamu bisa dengan mudah mengambil data yang dikirimkan melalui form input dan menggunakannya untuk berbagai tujuan. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat form input dengan PHP.


1.Mempersiapkan Server untuk PHP

Sebelum mulai, Sobat MinDi memerlukan server web yang dapat menjalankan PHP. Kamu dapat menggunakan XAMPP, WAMP, atau MAMP jika kamu ingin mengembangkan di lokal. Apabila sebelumnya kamu sudah memiliki hosting web, pastikan server tersebut mendukung PHP.

  1. Membuat Berkas HTML untuk Form

Dibimbing.id - Membuat Berkas HTML untuk Form

Selanjutnya, buatlah berkas HTML untuk form input. MinDi akan memberi contoh pembuatan form sederhana dengan satu kolom input teks. MinDi menggunakan elemen <form> untuk membuat form. Setelah itu, MinDi menambahkan atribut action menentukan ke mana data akan dikirim setelah form di-submit, dan atribut method menentukan metode pengiriman data (POST atau GET).

  1. Membuat Berkas PHP untuk Memproses Data

Dibimbing.id - Membuat Berkas PHP untuk Memproses Data

Langkah berikutnya adalah membuat berkas PHP untuk memproses data yang dikirimkan melalui form. MinDi akan membuat berkas proses.php untuk memproses input nama yang dikirimkan dari form sebelumnya.


Berkas PHP tersebut akan menerima data yang dikirimkan melalui form dengan metode POST. Data tersebut disimpan dalam variabel $nama, dan kemudian MinDi menggunakannya untuk menampilkan pesan sederhana.

  1. Uji Coba Form Input

Kini saatnya melakukan uji coba. Kamu bisa menguji form input yang telah dibuat dengan membuka berkas HTML dengan menjalankan server web. Setelahnya, isi form dengan namamu dan klik tombol ‘kirim’. Kamu akan melihat pesan "Halo, [nama Anda]!" muncul di halaman berikutnya.

  1. Validasi Data

Terakhir adalah validasi data. Penting untuk selalu melakukan validasi data yang dikirimkan melalui form. Hal ini akan membantu mencegah masalah keamanan dan kesalahan dalam pengolahan data. Kamu dapat menambahkan kode validasi di berkas PHP sebelum data diproses lebih lanjut.


Masih bingung dan butuh bimbingan lebih dalam terkait PHP dan web development? Ikuti bootcamp dibimbing.id silabus lengkap yang relevan. Kamu juga akan berkesempatan menangani kasus real-project dan diarahkan langsung oleh para praktisi profesional, lho!



Contoh Form Input Lainnya

Selain input teks, PHP dapat digunakan untuk mengelola berbagai jenis input form seperti checkbox, radio button, select box, dan file upload. Berikut adalah contoh form input dengan beberapa jenis elemen form.


1.Checkbox

Kamu dapat menggunakan input type="checkbox" dan menggunakan name="hobi[]" untuk mengumpulkan pilihan yang dapat lebih dari satu.

  1. Radio Button

Kamu dapat menggunakan input type="radio" untuk mengumpulkan pilihan yang hanya dapat satu.

  1. Select Box

Dengan <select> dan <option>, kamu dapat membuat daftar pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna.

  1. File Upload

Dengan menggunakan input type="file", pengguna dapat mengunggah berkas seperti gambar atau dokumen.



Manfaat Membuat Form Input PHP

Form input sendiri sering digunakan dalam berbagai jenis aplikasi web, seperti formulir pendaftaran, pencarian, pengecekan, pemesanan produk, dan banyak lagi. Form input PHP memainkan peran penting dalam mengumpulkan data dari pengguna dan memprosesnya untuk berbagai tujuan. Berikut adalah beberapa keunggulan dan manfaat dari form input PHP.

  • Memungkinkan web untuk berinteraksi dengan pengguna. Adanya elemen-elemen seperti teks box, kotak centang, tombol radio, dan lainnya, pengguna dapat memberikan informasi dengan cara yang nyaman dan mudah dipahami.

  • Mengumpulkan berbagai jenis data dari pengguna, seperti teks, angka, tanggal, alamat email, dan lainnya. Data ini dapat digunakan untuk misalnya, pendaftaran pengguna, pengisian formulir, survei, dan analisis.

  • Mengumpulkan data preferensi pengguna untuk menyajikan konten yang lebih relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan individu. 

  • Memvalidasi data yang dimasukkan oleh pengguna sebelum data tersebut diproses lebih lanjut sehingga mencegah data tidak valid masuk ke sistem.

  • Dapat disesuaikan desain dan gaya situs web dengan mengganti tampilan tombol, mengubah warna latar belakang, dan menyesuaikan elemen-elemen form lainnya sesuai selera.

  • Mendukung kemampuan mengunggah berkas seperti gambar, dokumen, atau video. 

  • Mengumpulkan data statistik untuk membantu memahami perilaku pengguna, tren, dan preferensi. 

  • Melindungi situs dari serangan seperti injeksi SQL dan serangan cross-site scripting (XSS). Kamu dapat menerapkan metode keamanan seperti validasi input, pembersihan data, dan penggunaan token CSRF (Cross-Site Request Forgery) untuk meningkatkan keamanan.

  • Kemudahan pengembangan dengan dukungan komunitas yang besar.

Setelah berhasil membuat form input PHP, maka kini situsmu memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data ke server. Selain itu, kamu juga dapat mengelola berbagai jenis elemen form untuk mengumpulkan berbagai jenis data. Pastikan untuk selalu melakukan validasi data dan mengamankan form input untuk menjaga keamanan dan kualitas data yang diterima.


Kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang PHP serta berbagai aktivitas dunia pemrograman melalui bootcamp programmer dibimbing.id. Selain pengetahuan, Sobat MinDi juga akan mendapat benefit tambahan berupa pengalaman magang yang nyata dan koneksi ke 500+ perusahaan.


Daftarkan segera sebelum kehabisan kuota untuk mengikuti bootcamp online dibimbing.id, ya!


Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved