dibimbing.id - Apa itu TikTok Ads Library? Pengertian & Cara Menggunakannya

Apa itu TikTok Ads Library? Pengertian & Cara Menggunakannya

Muthiatur Rohmah

•

29 March 2024

•

313

Image Banner

TikTok merupakan platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat, bukan hanya sebagai media social saja, TikTok saat ini telah berkembang sebagai salah satu platform social media marketing efektif.


Pembuatan konten TikTok yang trending dan masuk FYP merupakan tujuan utama iklan brand atau layanan yang akhirnya dapat menjangkau banyak audiens.


Sebelum memutuskan untuk beriklan di platform TikTok, Sobat MinDi harus memahami TikTok Ads Library yang dapat digunakan untuk menghitung algoritma TikTok secara tepat dan efisien.


Lantas Apa itu TikTok Ads Library? Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara menggunakan TikTok Ads Library?


Yuk simak jawabannya pada artikel ini.



Apa itu TikTok Ads Library?



TikTok Ads Library adalah fitur yang disediakan oleh TikTok untuk membantu pengiklan dan kreator konten memahami tren iklan yang sedang berlangsung, menemukan inspirasi kreatif, dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan mereka di platform TikTok. 


Dalam library ini, pengguna dapat menjelajahi berbagai contoh iklan yang telah terbukti sukses dalam menarik perhatian dan mendorong interaksi dari pengguna TikTok. 


Fitur TikTok Ads Library termasuk kategorisasi iklan berdasarkan industri, tujuan iklan (seperti kesadaran merek, konversi, atau generasi lead), dan format iklan (video, gambar, dll.). 


TikTok Ads Library memberikan wawasan tentang tren musik dan audio yang populer, serta filter dan efek yang sering digunakan, memberikan data dan analitik yang berharga untuk membantu pengguna membuat keputusan yang lebih tepat. 


Dengan menggunakan TikTok Ads Library,  pengguna menyesuaikan dan meningkatkan strategi iklan mereka untuk lebih resonan dengan audiens TikTok yang luas dan beragam.



Jenis Metrik Iklan TikTok Ads Library



Dalam TikTok Ads Library, beberapa jenis metrik utama yang sering dianalisis oleh saat membuat iklan di TikTok:


  • Tampilan (Views)

  • Klik (Clicks)

  • Tingkat Klik-Tayang (Click-Through Rate, CTR)

  • Biaya Per Klik (Cost Per Click, CPC)

  • Biaya Per Seribu Tampilan (Cost Per Mile, CPM)

  • Konversi (Conversions)

  • Biaya Per Aksi (Cost Per Action, CPA)

  • Tingkat Konversi (Conversion Rate)

  • Durasi Rata-rata Tonton (Average Watch Time)

  • Jangkauan (Reach)

  • Frekuensi (Frequency)

  • Interaksi (Engagements)

  • Tingkat Keterlibatan (Engagement Rate)

  •  Video Played to 25%, 50%, 75%, 100%

  • Likes, Comments, Shares



Manfaat TikTok Ads Library



TikTok Ads Library memiliki berbagai manfaat bagi pengiklan dan kreator konten yang ingin memaksimalkan campaign iklan di TikTok. 


Berikut adalah manfaat menggunakan TikTok Ads Library yang penting untuk dipelajari:


1. Inspirasi Kreatif


TikTok Ads Library menyediakan akses ke ribuan iklan yang telah berhasil di platform, memberikan pengiklan sumber inspirasi tak terbatas.


Dengan melihat contoh iklan yang efektif, pengguna dapat memahami elemen kreatif menarik bagi audiens TikTok, seperti gaya editing, musik, dan call-to-action.



2. Wawasan tentang Tren Terkini


TikTok ads library terus diperbarui dengan iklan terkini,  sehingga pengguna tetap up-to-date dengan jenis konten yang sedang viral. 


Hal ini penting untuk menciptakan konten yang relevan dan resonan dengan audiens TikTok yang dinamis.



3. Analisis Kompetitif


Dengan mengakses TikTok Ads Library, pengguna dapat mempelajari campaign kompetitor dan industri sejenis. 


Hal ini membantu memahami strategi yang digunakan oleh kompetitor, sehingga pengguna dapat menyesuaikan atau membedakan strategi iklan mereka sendiri.



4. Optimasi Strategi Iklan


TikTok Ads Library  menyediakan data kinerja pada iklan yang ditampilkan, termasuk metrik seperti views, engagement rate, dan banyak lagi. 


Dengan analisis ini, pengguna dapat mengidentifikasi iklan terbaik dan mengaplikasikannya untuk mengoptimalkan kampanye iklan mereka.



5. Menyesuaikan Target Audiens


Melalui pengamatan terhadap iklan yang berhasil menjangkau dan melibatkan audiens, pengguna dapat menyesuaikan pesan dan konten iklan mereka. 


TikTok Ads Library membantu dalam memahami preferensi dan perilaku audiens, sehingga pengguna dapat menargetkan kampanye secara akurat.


Dengan memanfaatkan TikTok Ads Library, pengguna dapat meningkatkan kreativitas dan  efektivitas iklan, hingga mendapatkan keunggulan kompetitif dalam pasar yang kompetitif.


Baca Juga: AdSense YouTube: Pengertian, Cara Kerja, & Syarat Daftarnya




Cara Menggunakan TikTok Ads Library


Menggunakan TikTok Ads Library untuk strategi iklan brand atau layanan perusahaan adalah langkah yang tepat dan efektif. Lantas bagaimana cara menggunakan TikTok Ads Library?


Berikut ini adalah cara menggunakan TikTok Ads Library yang wajib untuk dipahami:


1. Akses TikTok Creative Center


Buka TikTok Creative Center di situs webnya. Sobat MinDi bisa mengaksesnya langsung melalui browser tanpa perlu login ke akun TikTok.



2. Jelajahi Iklan yang Tersedia


Di Creative Center, menampilkan berbagai iklan yang telah dijalankan di TikTok, yang bisa dijelajahi untuk mendapatkan inspirasi atau atau mengamati kompetitor


klan diurutkan berdasarkan kategori, seperti industri atau tujuan iklan, memudahkan untuk menemukan konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna.



3. Gunakan Fitur Pencarian dan Filter


Manfaatkan fitur pencarian dan filter untuk menemukan iklan spesifik berdasarkan kata kunci, industri, tujuan iklan, atau kinerja. 


Filter ini membantu mempersempit pencarian sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan contoh iklan yang paling relevan.



4. Analisis Iklan


Ketika menemukan iklan yang menarik, analisis elemen-elemennya, seperti format video, musik, pesan, dan call-to-action yang digunakan. 


Perhatikan juga engagement yang diterima oleh iklan tersebut untuk mendapatkan gambaran tentang efektivitasnya.



5. Dapatkan Wawasan tentang Tren


TikTok Ads Library juga menyediakan informasi tentang tren musik, efek, dan hashtag populer yang digunakan dalam iklan. Hal ini berguna untuk mengintegrasikan elemen-elemen yang sedang tren ke dalam iklan untuk meningkatkan keterlibatan.



6. Pantau dan Sesuaikan


Setelah meluncurkan iklan di TikTok, pantau kinerjanya dan bandingkan dengan wawasan yang diperoleh dari Ads Library untuk meningkatkan efektivitas iklan.



Strategi TikTok Ads Library untuk Menjangkau Banyak Audiens



TikTok Ads Library merupakan strategi efektif untuk menjangkau banyak audiens di TikTok. Untuk memaksimalkan kinerjanya, kita memerlukan beberapa strategi khusus seperti berikut ini.


1. Identifikasi Tren Populer


Pelajari iklan dan konten yang sedang tren di TikTok Ads Library. Menggunakan musik, efek, dan format yang populer dapat meningkatkan peluang konten dilihat oleh audiens yang lebih luas.



2. Analisis Iklan Berkinerja Tinggi


Fokus pada iklan yang telah terbukti berhasil menjangkau banyak orang. Perhatikan elemen seperti durasi video, call-to-action, dan fitur kreatif yang digunakan.



3. Pelajari Audiens Target


Gunakan TikTok Ads Library untuk memahami preferensi audiens dalam berbagai demografi.



4. Manfaatkan Hashtag dan Efek Viral


Cari tahu hashtag dan efek yang sedang viral melalui TikTok Ads Library. Mengintegrasikan elemen-elemen ini ke dalam kampanye dapat meningkatkan visibilitas dan memudahkan konten ditemukan oleh audiens baru.



5. Pantau dan Sesuaikan Secara Berkala


Memantau kinerja iklan secara berkala dan menyesuaikan strategi berdasarkan data yang diperoleh adalah kunci untuk terus meningkatkan jangkauan dan efektivitas kampanye.


Menggunakan TikTok Ads Library dapat menciptakan kampanye iklan yang kreatif dan menarik, serta mampu menjangkau dan melibatkan audiens dalam skala yang luas.



Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai TikTok Ads Library yang dapat Anda gunakan sebagai strategi iklan yang ampuh dan efektif di platform TikTok.


Bagi seorang social media marketing, mempelajari TikTok Ads Library merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas konten TikTok yang mereka buat.


Baca Juga: Kenali Social Media Marketing: Definisi, Tujuan, Skill, dan Gaji



Pembelajaran ads library dapat dilakukan melalui kursus atau bootcamp khusus, misalnya dalam pelatihan kerja yang disediakan oleh perusahaan.


Pelatihan ini cukup penting bagi perusahaan, sebab dapat meningkatkan SDM berkualitas dan kompetitif yang nantinya akan meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih tempat pelatihan yang tepat dan efektif.


Ikuti corporate training dibimbing.id sebuah pelatihan atau kursus untuk meningkatkan skill dan potensi  karyawan, termasuk pembelajaran ads library. Training ini bersifat fleksibel dapat dilaksanakan secara online maupun offline, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.


Fleksibilitas dalam training ini akan mewujudkan sebuah pelatihan yang efektif dan tepat bagi peserta. Hal ini akan berdampak baik, yaitu menciptakan peran kepemimpinan yang berkualitas bagi perusahaan.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja tim setelah lulus training ini. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!