dibimbing.id - Apa Itu Dedicated Server?

Apa Itu Dedicated Server?

Anisa Fitri Maulida

•

08 November 2023

•

303

Image Banner

Dalam era teknologi yang semakin berkembang, terdapat banyak istilah yang mungkin baru bagi beberapa orang dan Dedicated Server adalah salah satunya. Apa sebenarnya dedicated server itu? Mengapa kita perlu mengetahuinya? Mari kita dalami bersama.


Apa Itu Dedicated Server?


Sobat MinDi coba Anda bayangkan. Saat ini, Anda menggunakan gadget untuk menyimpan data perusahaan. Di tengah sibuknya menyimpan data, gadget Anda memberi peringatan bahwa dia tidak lagi bisa menyimpan data karena sudah penuh. Lantas, apa yang akan Anda lakukan?


Beberapa dari Anda, mungkin menjawab harus menghapus data yang tidak perlu, membeli memori tambahan atau bahkan membeli device baru. Hal ini pun sama dengan server, jika data di dalam server penuh dan Anda memutuskan membeli server baru, maka server itu akan disebut sebagai Dedicated Server.


Masih bingung? Mari MinDi jelaskan secara definisi. dedicated server adalah sebuah komputer khusus yang bertugas sebagai server dan hanya digunakan untuk tujuan itu saja. Lebih jelasnya, komputer ini hanya digunakan untuk menyimpan data dan menyediakan informasi atau layanan kepada komputer lain yang terhubung ke jaringan.


Anda tidak menggunakan komputer ini untuk melancarkan strategi, presentasi, dan kegiatan kantoran lainnya. Komputer ini benar-benar digunakan baik sebagai device utama atau backup, agar server berjalan lancar. 


Keuntungan Menggunakan Dedicated Server


Menggunakan dedicated server memiliki berbagai keuntungan, di antaranya:


  1. Sumber Daya Eksklusif

Anda tidak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Artinya, kapasitas penyimpanan, RAM, dan bandwidth sepenuhnya milik Anda. Hasilnya? Performa yang lebih stabil dan cepat.


  1. Keamanan Ekstra

Dengan dedicated server, Anda memiliki kontrol penuh atas keamanannya. Anda bisa menentukan pengaturan keamanan sesuai kebutuhan dan standar bisnis Anda.


  1. Kontrol Penuh

Anda memiliki kebebasan untuk menginstal aplikasi, melakukan konfigurasi, dan melakukan penyesuaian lainnya sesuai keinginan tanpa terbatas oleh kebijakan penyedia hosting bersama.


  1. Stabilitas dan Performa

Tanpa 'tetangga' yang bisa menghabiskan sumber daya, website atau aplikasi Anda akan berjalan dengan lancar, bahkan saat mendapatkan trafik yang tinggi.


  1. Penyesuaian IP

Anda akan mendapatkan alamat IP pribadi atau khusus, yang bisa meningkatkan reputasi dan kepercayaan dari para pengguna yang mengakses IP tersebut. Terutama, jika Anda menjalankan bisnis e-commerce atau menyediakan layanan online.


  1. Sumber Daya Terjamin

Tidak ada lagi kekhawatiran tentang pengguna lain yang 'serakah' yang bisa menghabiskan bandwidth atau memori, karena semua sumber daya 100% milik Anda.


Jadi, jika bisnis Anda membutuhkan performa, kontrol, dan keamanan yang maksimal, dedicated server bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski investasinya lebih besar dibandingkan hosting bersama, manfaat yang Anda peroleh tentu sebanding. 


Eits, sebelum Anda benar-benar niat menggunakan dedicated server. Pelajar juga kelemahannya, untuk berjaga-jaga agar Anda bisa memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi.


Kekurangan Dedicated Server


Tidak hanya kelebihan, dedicated server juga punya kekurangan yang perlu Anda amati sebagai berikut:


  1. Biaya Lebih Tinggi

Mengingat Anda mendapatkan sebuah server yang sepenuhnya didedikasikan untuk Anda, tentu biayanya juga lebih mahal dibandingkan dengan opsi hosting bersama atau virtual. 


  1. Memerlukan Keahlian

Mengelola dedicated server biasanya memerlukan pemahaman teknis lebih mendalam. Jika Anda bukan ahli IT, mungkin Anda perlu merekrut tenaga ahli atau belajar lebih dalam lagi.


Jika Anda ingin mempelajari dedicated server lebih dalam lagi, mengikuti pelatihan Corporate Training dari dibimbing.id bisa menjadi solusi yang dipertimbangkan. Mengapa? Sebab, di sana Anda akan belajar ditemani oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya lebih dari tiga tahun.


Bisa dikatakan, mentor tersebut sudah mengenal hal-hal tentang dedicated server mulai dari ilmu dasar, hingga perkembangan yang ada saat ini. Kurikulum yang ada pun tentunya akan disesuaikan, dengan kebutuhan perusahaan.


  1. Tanggung Jawab Penuh

Kontrol penuh berarti tanggung jawab penuh. Segala bentuk masalah, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak, jatuh di pundak Anda.


  1. Maintenance

Anda mungkin perlu menghabiskan waktu lebih banyak untuk pemeliharaan rutin dan update, untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.


  1. Biaya Tambahan untuk Dukungan

Meskipun ada dukungan teknis dari penyedia layanan, terkadang untuk layanan khusus atau masalah tertentu, Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan.


  1. Risiko Kehilangan Data

Meskipun ini jarang terjadi, jika server mengalami masalah serius, ada risiko kehilangan data jika Anda tidak memiliki backup yang memadai.


Meski memiliki beberapa tantangan, memahami kekurangan ini akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Bisa dilihat lagi, bahwa kekurangan tersebut bisa saja terjadi saat dedicated server bekerja. Lantas, bagaimana cara kerjanya?


Baca Juga: Cara Membangun Data Center yang Efisien, Pebisnis Wajib Tahu!


Cara Dedicated Server Bekerja


Sobat MinDi! Bayangkan Anda punya sebuah rumah besar yang hanya Anda tempati sendiri, tanpa harus berbagi dengan siapapun. Rumah itu mirip dengan dedicated server. Mari kita jelajahi cara kerjanya, seolah-olah Anda sedang menggunakannya.


1. Pemesanan dan Setup


Pertama-tama, Anda memesan dedicated server dari penyedia layanan. Setelah pesanan dikonfirmasi, penyedia akan menyiapkan server sesuai spesifikasi yang Anda pilih, menginstal sistem operasi dan aplikasi dasar yang diperlukan.


2. Akses Eksklusif


Setelah server siap, Anda mendapatkan akses penuh ke server tersebut. Anda bisa masuk ke dalam server ini dari komputer Anda. Dari sini, Anda bisa mengatur apa saja.


3. Konfigurasi Sesuai Kebutuhan


Seperti memiliki komputer baru, Anda dapat menginstal aplikasi, membuat pengaturan keamanan, atau bahkan mengganti sistem operasi jika Anda mau.


4. Pemantauan dan Manajemen


Dedicated server biasanya dilengkapi dengan alat pemantauan. Alat tersebut bisa membantu Anda untuk melihat performa server, seperti pemakaian RAM, CPU, dan bandwidth. Jika ada masalah, Anda bisa segera menangani.


5. Lalu Lintas Data


Saat pengunjung mengakses website atau aplikasi Anda, data dikirim dari dedicated server Anda ke perangkat pengunjung. Karena server ini hanya untuk Anda, performanya lebih cepat dan stabil.


6. Backup dan Pemulihan


Anda tentu tidak ingin kehilangan data penting. Dengan dedicated server, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan jadwal backup dan metode pemulihan yang Anda sukai.


7. Pembaruan dan Pemeliharaan


Sesekali, Anda perlu memperbarui sistem operasi, aplikasi, atau bahkan perangkat keras untuk memastikan server tetap berfungsi dengan optimal. Semua ini bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan tim dukungan penyedia layanan.


Jadi, menggunakan dedicated server seperti memiliki rumah sendiri di dunia digital. Anda bebas mengatur, mendekorasi, dan memeliharanya sesuai keinginan. Tapi tentu saja, dengan kebebasan ini datang tanggung jawab untuk menjaganya tetap aman dan berfungsi dengan baik. 


Cara Optimalisasi Dedicated Server


Optimalisasi dedicated server sangat penting agar server berjalan dengan performa terbaik dan efisien. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan dedicated server Anda:


1. Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi


Selalu pastikan sistem operasi dan semua aplikasi server Anda diperbarui dengan versi terbaru. Pembaruan ini seringkali mencakup perbaikan keamanan dan peningkatan performa.


2. Konfigurasi Server


Sesuaikan konfigurasi server sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau website Anda. Misalnya, untuk database server, Anda mungkin perlu menyesuaikan pengaturan cache.


3. Optimalisasi Database


Sering-sering melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan database. Caranya seperti pengoptimalan tabel dan query, serta pembersihan data yang tidak perlu.


4. Keamanan Server


Pasang firewall dan aplikasi anti-malware bisa jadi cara untuk memelihara dedicated server. Jangan lupa, nonaktifkan layanan dan port yang tidak diperlukan untuk mengurangi risiko serangan dan meningkatkan performa.


5. Monitor Performa


Gunakan alat pemantauan untuk melacak penggunaan CPU, RAM, dan bandwidth. Alat ini bisa membantu Anda mengetahui kapan harus meningkatkan sumber daya atau mengatasi masalah performa.


6. CDN (Content Delivery Network)


Menggunakan CDN dapat mengurangi beban pada server Anda dengan menyajikan konten statis dari lokasi yang lebih dekat dengan pengunjung.


7. Optimalisasi Web Server


Konfigurasikan pengaturan web server, seperti Apache atau Nginx, untuk performa maksimal. 


8. Backup dan Recovery


Meski bukan langsung berkaitan dengan performa, memiliki solusi backup yang baik akan memastikan Anda cepat pulih jika ada masalah, tanpa mengganggu pengguna.


9. Reduksi Sumber Daya Tidak Perlu


Nonaktifkan dan hapus aplikasi atau layanan yang tidak Anda gunakan. Semakin sedikit layanan yang berjalan, semakin baik performa server Anda.


10. Penggunaan SSD


Jika memungkinkan, gunakan Solid State Drives (SSD) daripada Hard Disk Drives (HDD) tradisional. SSD memberikan kecepatan akses data yang lebih cepat.


11. Optimalisasi Script


Pastikan kode website atau aplikasi Anda efisien. Hal ini dapat mempercepat waktu pemuatan halaman dan mengurangi beban pada server.


12. Pengaturan Cache


Gunakan sistem cache seperti Memcached atau Redis untuk menyimpan data yang sering diakses, sehingga mengurangi beban pada database.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa dedicated server Anda berfungsi dengan optimal, memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan menjaga keamanan data Anda.


Baca Juga: 8 Komponen Data Center yang Penting Untuk Bangun Data Center


Kapan Kita Harus Menggunakan Dedicated Server?


Beberapa dari Sobat MinDi mungkin butuh pedoman mengenai kapan harus menggunakan dedicated server. Jangan khawatir, MinDi akan berikan informasinya sebagai berikut:


1. Trafik Website Tinggi


Jika website atau aplikasi Anda menerima trafik yang sangat tinggi, dedicated server akan memastikan bahwa pengunjung mendapatkan pengalaman yang cepat dan lancar.


2. Kebutuhan Keamanan Maksimal


Untuk bisnis yang memiliki data sensitif atau penting, dedicated server memberikan kontrol lebih dalam hal keamanan. Anda bisa mengatur firewall, melakukan scanning virus, dan menerapkan kebijakan keamanan sesuai kebutuhan Anda.


3. Kustomisasi Tinggi


Jika Anda membutuhkan konfigurasi khusus, instalasi aplikasi tertentu atau modifikasi pada tingkat server, dedicated server adalah jawabannya. Anda memiliki kebebasan penuh untuk mengubah apa pun sesuai keinginan.


4. Penggunaan Sumber Daya Besar


Untuk aplikasi atau situs web yang memerlukan banyak sumber daya, seperti aplikasi streaming, gaming, atau e-commerce dengan banyak transaksi, dedicated server memberikan performa optimal.


5. Kontrol Penuh atas Lingkungan Server


Bagi Anda yang ingin memiliki kontrol total atas lingkungan server, mulai dari pilihan sistem operasi hingga ke detail teknis lainnya, maka dedicated server adalah pilihan yang tepat.


6. Isolasi dari Aktivitas Buruk Lainnya


Jika Anda khawatir dengan potensi risiko dari situs lain yang mungkin berada di server yang sama (seperti pada shared hosting), dedicated server memastikan Anda terisolasi dari potensi aktivitas buruk tersebut.


7. Kebutuhan IP Khusus


Untuk bisnis yang memerlukan alamat IP khusus atau beberapa IP, dedicated server memungkinkan hal tersebut.


8. Pertumbuhan Bisnis


Jika Anda merencanakan atau melihat pertumbuhan bisnis yang cepat, dedicated server memastikan Anda siap untuk skala up kapan saja tanpa banyak hambatan.


Sebagai kesimpulan, jika Anda mencari performa, keamanan, dan kontrol yang maksimal untuk website atau aplikasi Anda, maka inilah saatnya mempertimbangkan dedicated server. Sekarang, kita bahas soal kebalikannya. Kapan kita harus berhenti menggunakan dedicated server?


Kapan Kita Harus Berhenti Menggunakan Dedicated Server?


Sobat MinDi! Meskipun dedicated server memiliki banyak keunggulan, ada beberapa situasi di mana mungkin lebih baik untuk meninggalkannya:


  1. Biaya Operasional

Jika biaya bulanan atau tahunan mulai memberatkan dan Anda merasa tidak mendapatkan nilai sesuai dengan yang diinvestasikan, mungkin saatnya mempertimbangkan opsi lain yang lebih ekonomis.


  1. Kesulitan Manajemen

Jika Anda kesulitan mengelola server sendiri dan biaya untuk mendapatkan ahli IT terasa memberatkan, shared hosting atau cloud hosting mungkin menjadi solusi yang lebih mudah.


  1. Berkurangnya Trafik

Jika trafik website Anda menurun signifikan dan Anda merasa sumber daya dedicated server tidak dimanfaatkan secara maksimal, berpindah ke paket yang lebih kecil atau jenis hosting lain mungkin lebih masuk akal.


  1. Keamanan

Meskipun dedicated server memberikan kontrol keamanan yang lebih baik, jika Anda merasa kesulitan menjaga server tetap aman dari ancaman, penyedia hosting bersama mungkin menawarkan solusi keamanan yang lebih komprehensif.


  1. Dukungan Teknis

Jika Anda merasa dukungan teknis dari penyedia dedicated server Anda kurang memuaskan, mungkin saatnya untuk mencari opsi lain yang menawarkan dukungan yang lebih baik.


  1. Kebutuhan Bisnis Berubah

Mungkin model bisnis Anda telah berubah dan tidak lagi memerlukan sumber daya atau keamanan yang ditawarkan oleh dedicated server.


  1. Solusi Alternatif

Teknologi hosting terus berkembang. Mungkin ada solusi hosting baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti VPS (Virtual Private Server) atau solusi berbasis container.


Dedicated server adalah investasi besar, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda memaksimalkannya. Jika Anda merasa bahwa dedicated server bukan lagi pilihan terbaik, jangan ragu untuk mengeksplorasi opsi lain yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.


Namun, jika Anda merasa sangat membutuhkan dedicated server. Gunakan dedicated server tersebut, dengan catatan Anda harus bisa memperhatikan cara kerja dan optimalisasi agar berjalan lancar. Dengan mengikuti kelas Corporate Training, Anda tentunya akan diajarkan bagaimana cara melakukannya lebih dari apa yang MinDi jelaskan. 


Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!