dibimbing.id - Apa itu 502 Bad Gateway? Arti, Penyebab & Cara Mengatasinya

Apa itu 502 Bad Gateway? Arti, Penyebab & Cara Mengatasinya

Muthiatur Rohmah

01 August 2024

541

Image Banner

Sobat MinDi sedang mengakses sebuah website, lalu muncul pesan error “502 Bad Gateway”? Apa itu artinya? Bagaimana cara mengatasinya?

502 Bad Gateway adalah kode status HTTP yang menunjukkan bahwa server menerima respons yang tidak valid dari server lain yang bertindak sebagai gateway atau proxy.

Namun jangan panik jika terkena 502 Bad Gateway, masalah ini dapat diatasi dengan berbagai cara atau langkah praktis.

Yuk simak penjelasan lengkap mengenai 502 Bad Gateway beserta cara mengatasinya berikut ini.


Apa itu 502 Bad Gateway?

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi 502 bad gateway, pertama-tama yuk pahami dulu apa yang dimaksud dengan 502 bad gateway melalui beberapa pengertian berikut ini.

502 Bad Gateway adalah pesan kesalahan yang muncul saat sebuah server web menerima respons yang tidak valid dari server lain yang berfungsi sebagai gateway atau perantara. 

Pesan 502 bad gateway terjadi jika ada masalah komunikasi antara dua server, sehingga halaman yang ingin diakses tidak dapat ditampilkan. 

Penyebab 502 bad gateway bisa bermacam-macam, seperti server yang terlalu sibuk, masalah dengan konfigurasi DNS, atau gangguan pada jaringan. Solusi awal untuk masalah ini, memuat ulang halaman bisa mengatasi masalah ini jika bersifat sementara. 

Namun, jika kesalahan terus muncul, bisa jadi ada masalah yang lebih serius pada server atau jaringan. 

Penting bagi pemilik situs web untuk memeriksa log server, memastikan konfigurasi yang benar, dan memperbaiki masalah yang ditemukan untuk mengembalikan akses normal ke situs tersebut.


Penyebab 502 Bad Gateway

Sebelum kita mulai membahas tentang cara mengatasi 502 bad gateway, pertama-tama yuk pahami dulu penyebab error ini secara lengkap.

Yuk langsung saja simak beberapa penyebab umum terjadinya 502 bad gateway berikut ini.


1. Nama Domain Tidak Terhubung

502 bad gateway bisa terjadi jika ada masalah dengan koneksi antara nama domain dan alamat IP. Misalnya, jika situs web baru saja dipindahkan ke penyedia hosting baru, perubahan ini mungkin belum sepenuhnya tersebar di seluruh internet, sehingga menyebabkan gangguan sementara.


2. Firewall Terlalu Ketat

Jika situs web menggunakan firewall yang terlalu sensitif, mungkin saja beberapa penyedia layanan internet atau alamat IP diblokir karena dianggap sebagai ancaman, meskipun sebenarnya tidak. Hal ini bisa menyebabkan akses ke server terhalang dan muncul kesalahan 502.


3. Server Terlalu Sibuk

Lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba bisa membuat server kewalahan. Jika server situs web berada di hosting bersama, lalu lintas dari situs lain di server yang sama juga bisa mempengaruhi kinerja server, mirip seperti ketika tetangga mengadakan pesta besar dan semua tempat parkir penuh, sehingga kamu kesulitan mendapatkan tempat parkir.

Selain masalah di server, kesalahan 502 Bad Gateway juga bisa disebabkan oleh masalah di sisi pengguna, seperti browser yang sudah usang atau file cache yang rusak.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi ERR_NAME_NOT_RESOLVED, Mudah & Praktis


Cara Mengatasi 502 Bad Gateway


Jangan khawatir jika Sobat MinDi terkena error ini, yuk simak cara mengatasi 502 bad gateway secara mudah dan praktis berikut ini.


1. Muat Ulang Halaman

Terkadang, kesalahan 502 Bad Gateway bersifat sementara dan dapat diselesaikan dengan memuat ulang halaman web beberapa kali. Ini karena masalah mungkin hanya terjadi sejenak saat server sedang sibuk atau mengalami gangguan kecil. 

Sobat MinDi bisa mencoba menekan tombol refresh pada browser atau menggunakan shortcut keyboard seperti Ctrl + R (di Windows) atau Command + R (di macOS).


2. Periksa Status Server

Jika memuat ulang halaman tidak berhasil, langkah berikutnya adalah memeriksa status server. Sobat MinDi dapat menggunakan alat pemantauan server seperti Pingdom, UptimeRobot, atau layanan serupa untuk mengetahui apakah server tujuan sedang down atau mengalami masalah. 

Alat-alat ini memberikan informasi mengenai uptime server, waktu respon, dan insiden yang mungkin terjadi. Jika alat ini menunjukkan bahwa server sedang down, maka kesalahan mungkin terjadi karena masalah pada server itu sendiri.


3. Periksa Koneksi Jaringan

Pastikan bahwa tidak ada masalah dengan koneksi internet atau perangkat jaringan yang digunakan. Sobat MinDi bisa mencoba mengakses situs web lain untuk memastikan bahwa koneksi internet kamu berfungsi dengan baik. 

Jika situs lain juga tidak bisa diakses, masalah mungkin ada pada koneksi internet. Cobalah untuk merestart router atau modem, atau hubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk memastikan tidak ada gangguan pada jaringan mereka.


4. Periksa Konfigurasi DNS

Masalah dengan konfigurasi DNS bisa menjadi penyebab kesalahan 502 Bad Gateway. Pastikan konfigurasi DNS benar dan tidak ada masalah dengan server DNS yang digunakan. 

Sobat MinDi bisa menggunakan layanan seperti Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau Cloudflare DNS (1.1.1.1) sebagai alternatif untuk melihat apakah masalah DNS dapat diselesaikan. 

Untuk memeriksa dan mengganti pengaturan DNS, kamu dapat mengakses pengaturan jaringan pada perangkat kamu dan mengganti alamat server DNS sesuai kebutuhan.


5. Periksa Log Server

Jika kamu memiliki akses ke server, melihat log server bisa membantu menemukan penyebab kesalahan. Log server biasanya mencatat semua kejadian yang terjadi di server, termasuk kesalahan dan peringatan. 

Dengan memeriksa log ini, Sobat MinDi bisa mendapatkan petunjuk tentang apa yang menyebabkan kesalahan 502 Bad Gateway. Misalnya, log mungkin menunjukkan bahwa ada kesalahan konfigurasi, masalah konektivitas, atau permintaan yang tidak dapat diproses oleh server.


6. Hubungi Penyedia Layanan

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih belum teratasi, langkah terakhir adalah menghubungi penyedia layanan hosting atau administrator jaringan. 

Mereka memiliki akses dan kemampuan untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan memperbaiki masalah yang mungkin tidak bisa kamu atasi sendiri. 

Saat menghubungi mereka, pastikan memberikan informasi detail mengenai masalah yang kamu alami, langkah-langkah yang sudah dilakukan, dan jika mungkin, lampirkan log server yang relevan untuk membantu mereka mendiagnosa masalah dengan lebih cepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MinDi bisa mencoba mengatasi kesalahan 502 Bad Gateway dan mengembalikan situs web ke kondisi normal. 

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa masalah mungkin memerlukan waktu dan keahlian teknis tertentu untuk diperbaiki, jadi jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan.


Bentuk Lain dari Error “502 Bad Gateway”

Perlu dipahami bahwa error 502 bad gateway tidak selalu berbentuk sama, kadang ada beberapa error yang memiliki tampilan pesan kesalahan yang berbeda, namun cara mengatasinya sama dengan error 502 bad gateway.

Yuk langsung saja simak beberapa kesalahan yang mirip dengan error 502 bad gateway berikut ini.

  1. 502 Proxy Error

Pesan ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan proxy server yang digunakan. Proxy server mungkin tidak dapat berkomunikasi dengan server tujuan untuk mendapatkan respons yang valid.

  1. Error 502

Ini adalah bentuk pesan kesalahan yang lebih ringkas, namun tetap menunjukkan bahwa ada masalah dalam komunikasi antara server dengan gateway atau proxy.

  1. HTTP Error 502 – Bad Gateway

Pesan ini memberikan konteks tambahan dengan menyebutkan bahwa ini adalah kesalahan HTTP, mengindikasikan masalah dalam protokol komunikasi web.

  1. Temporary Error (502)

Pesan ini menunjukkan bahwa kesalahan tersebut mungkin bersifat sementara. Hal ini bisa berarti server sedang dalam proses perbaikan atau mengalami masalah sementara yang bisa segera terselesaikan.

  1. 502 Service Temporarily Overloaded

Pesan ini menunjukkan bahwa server sedang kewalahan dengan jumlah permintaan yang masuk, sehingga tidak dapat merespons semua permintaan dengan benar.

Masing-masing variasi ini pada dasarnya mengindikasikan masalah yang sama dengan 502 bad gateway. Meski tampilannya berbeda, penyebab dan cara mengatasinya biasanya serupa.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR, Mudah & Cepat!


Ingin Jadi Web Developer Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp Dibimbing.id

Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai 502 Bad Gateway. Jika terkena pesan error ini jangan panik, simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya!

Kesimpulannya, 502 Bad Gateway adalah 502 Bad Gateway adalah kesalahan HTTP yang terjadi ketika server menerima respons tidak valid dari server lain yang berfungsi sebagai perantara, biasanya disebabkan oleh masalah sementara antara server atau jaringan.

Tertarik belajar tentang pengembangan situs website lebih lanjut? Atau ingin switch career sebagai web developer profesional?

Yuk ikuti bootcamp web developer dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Bootcamp ini didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi web developer sukses.

Belum memiliki pengalaman tentang pengembangan web sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly

Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.

Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Reference:

  1. 502 Bad Gateway Error: What It Is and How to Fix It - Buka


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!