Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Dibimbing.id

•

25 February 2022

•

15901

Image Banner

Nah, biar memudahkan Sobat MinDi dalam belajar copywriting, kali ini MinDi bakal kasih tau 5 formula copywriting terbaik. Penasaran apa aja? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

Apa Yang Dimaksud Formula Copywriting Yang Baik?

apakah bisa belajar copywriting secara mandiri?

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

 

Seperti fungsinya, salah satu hal yang membuat suatu formula copywriting dikatakan “baik” adalah apabila formula tersebut bisa dengan efektif menarik perhatian audiens. Selain itu, formula tersebut juga bisa membantu kamu–sebagai seorang copywriter–untuk meyakinkan pembaca tulisanmu.

 

Eits, tapi gak sampai situ aja, nih! Suatu formula copywriting juga harus bisa mudah diingat buat bisa dikatakan sebagai formula yang “baik”. Apalagi, kalau yang mencoba mengingatnya adalah seorang pemula.

Ini kenapa di artikel ini MinDi mau kasih beberapa rekomendasi formula copywriting yang baik buat Sobat MinDi. Karena MinDi yakin banget kalau formula-formula ini bakalan mudah buat dihafalkan dan diaplikasikan. Jadi, benar-benar cocok digunakan oleh orang yang lagi belajar copywriting.

 

 

Apa Aja Formula Copywriting Terbaik?

Photo by Felicity Tai from Pexels

 

Buat Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, berikut MinDi sajikan 5 formula copywriting terbaik yang bisa kamu coba dan praktikkan:

 

1. AIDA

Cr. HubSpot

 

Formula pertama ini mungkin udah gak asing lagi di telinga orang-orang yang udah cukup dalam belajar copywriting. Formula yang satu ini memang salah satu formula yang paling terkenal dan banyak digunakan copywriter karena efektivitasnya.

 

AIDA ini sendiri merupakan singkatan dari Attention (Perhatian), Interest (Ketertarikan), Desire (Keinginan) dan Action (Aksi). Jadi, dengan menggunakan formula ini, Sobat MinDi bisa langsung membawa audiens melalui 4 fase yang juga sesuai dengan funnel dari sales. Alhasil, besar kemungkinan formula ini bisa langsung menghasilkan conversion.

 

2. PAS

Cr. Growth Academy

 

Formula selanjutnya yang juga sering banget dipakai oleh copywriter profesional adalah PAS. Hanya terdiri dari 3 bagian aja, formula yang satu ini bisa menghasilkan tulisan yang simpel tapi tetap powerful buat memikat audiens.

 

PAS adalah singkatan dari Problem (Masalah), Agitation (Hasutan) dan Solution (Solusi). Dengan menggunakan formula ini, kamu bakal langsung memberi tau masalah-masalah apa aja yang bisa diselesaikan oleh produk atau perusahaanmu. Alhasil, tulisan copy-mu gak bakal terkesan bertele-tele dan lebih efektif menarik perhatian audiens.

 

Melansir dari salah satu studi kasus yang dilakukan Auto Grow, menuliskan “masalah” yang bisa kamu selesaikan bisa menarik hingga 50% penjualan dibandingkan formula copywriting lainnya. Jadi, udah kebayang kan gimana efektifnya formula yang satu ini?

 

3. BAB

Belajar Copywriting menggunakan metode BAB

Cr. Slideshare

Formula ketiga ini termasuk salah satu formula copywriting yang juga pasti sebenarnya udah sering banget Sobat MinDi temui juga di keseharian. BAB adalah singkatan dari Before (Sebelum), After (Setelah) dan Bridge (Jembatan). 

 

Jadi, dengan formula ini kamu bakal memberi tau audiens hal atau masalah apa yang membuat hidup mereka saat ini menyebalkan. Selanjutnya, kamu bakal mengajak mereka membayangkan bagaimana rasanya jika masalah tersebut bisa terselesaikan. Dan pada akhirnya, kamu memberi tau mereka bagaimana cara buat mencapai keadaan “ideal” tersebut.

Kalau belum kebayang, MinDi kasih contoh juga, ya!

 

 

Dari contoh di atas, Sobat MinDi udah bisa membayangkan gimana penggunaan formula BAB ini, kan?

 

 

 

Nah, itulah 3 formula copywriting terbaik yang bakalan cocok buat kamu pelajari. Dari 3 formula di atas, kira-kira mana nih yang paling menarik dan efektif menurut Sobat MinDi?

 

Kalau Sobat MinDi pengen belajar copywriting lebih dalam kamu bisa banget lho, coba ikutan program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id!

 

Dengan mengikuti bootcamp ini, kamu gak cuma bakal belajar copywriting aja tapi juga digital marketing secara keseluruhan. Alhasil, ilmu yang nanti kamu dapatkan bisa lebih lengkap dan kamu benar-benar siap buat berkarier sebagai copywriter yang paham seluk-beluk pemasaran digital.

 

Gak cuma itu aja, kamu nantinya juga bakal mendapatkan latihan praktik maupun proyek yang dilakukan secara rutin. Jadi, nantinya ilmu yang kamu dapatkan juga bisa lebih mudah buat kamu ingat.

 

Kerennya lagi nih, kamu juga bisa berkonsultasi secara pribadi bersama mentor yang ahli dan berpengalaman di bidang digital marketing ini, lho! Gak bakal ada lagi deh, yang namanya materi yang gak kamu pahami karena kamu bisa langsung belajar sama ahlinya.

 

Dan yang paling menarik, bakalan ada juga program penyaluran kerja setelah program bootcamp ini berakhir, lho! Alhasil, kamu bakal lebih mudah dan cepat buat bisa segera berkarier sebagai seorang digital marketer.

 

Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

•

23 June 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024