Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Dibimbing.id

25 February 2022

16794

Image Banner

Nah, biar memudahkan Sobat MinDi dalam belajar copywriting, kali ini MinDi bakal kasih tau 5 formula copywriting terbaik. Penasaran apa aja? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

Apa Yang Dimaksud Formula Copywriting Yang Baik?

apakah bisa belajar copywriting secara mandiri?

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

 

Seperti fungsinya, salah satu hal yang membuat suatu formula copywriting dikatakan “baik” adalah apabila formula tersebut bisa dengan efektif menarik perhatian audiens. Selain itu, formula tersebut juga bisa membantu kamu–sebagai seorang copywriter–untuk meyakinkan pembaca tulisanmu.

 

Eits, tapi gak sampai situ aja, nih! Suatu formula copywriting juga harus bisa mudah diingat buat bisa dikatakan sebagai formula yang “baik”. Apalagi, kalau yang mencoba mengingatnya adalah seorang pemula.

Ini kenapa di artikel ini MinDi mau kasih beberapa rekomendasi formula copywriting yang baik buat Sobat MinDi. Karena MinDi yakin banget kalau formula-formula ini bakalan mudah buat dihafalkan dan diaplikasikan. Jadi, benar-benar cocok digunakan oleh orang yang lagi belajar copywriting.

 

 

Apa Aja Formula Copywriting Terbaik?

Photo by Felicity Tai from Pexels

 

Buat Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, berikut MinDi sajikan 5 formula copywriting terbaik yang bisa kamu coba dan praktikkan:

 

1. AIDA

Cr. HubSpot

 

Formula pertama ini mungkin udah gak asing lagi di telinga orang-orang yang udah cukup dalam belajar copywriting. Formula yang satu ini memang salah satu formula yang paling terkenal dan banyak digunakan copywriter karena efektivitasnya.

 

AIDA ini sendiri merupakan singkatan dari Attention (Perhatian), Interest (Ketertarikan), Desire (Keinginan) dan Action (Aksi). Jadi, dengan menggunakan formula ini, Sobat MinDi bisa langsung membawa audiens melalui 4 fase yang juga sesuai dengan funnel dari sales. Alhasil, besar kemungkinan formula ini bisa langsung menghasilkan conversion.

 

2. PAS

Cr. Growth Academy

 

Formula selanjutnya yang juga sering banget dipakai oleh copywriter profesional adalah PAS. Hanya terdiri dari 3 bagian aja, formula yang satu ini bisa menghasilkan tulisan yang simpel tapi tetap powerful buat memikat audiens.

 

PAS adalah singkatan dari Problem (Masalah), Agitation (Hasutan) dan Solution (Solusi). Dengan menggunakan formula ini, kamu bakal langsung memberi tau masalah-masalah apa aja yang bisa diselesaikan oleh produk atau perusahaanmu. Alhasil, tulisan copy-mu gak bakal terkesan bertele-tele dan lebih efektif menarik perhatian audiens.

 

Melansir dari salah satu studi kasus yang dilakukan Auto Grow, menuliskan “masalah” yang bisa kamu selesaikan bisa menarik hingga 50% penjualan dibandingkan formula copywriting lainnya. Jadi, udah kebayang kan gimana efektifnya formula yang satu ini?

 

3. BAB

Belajar Copywriting menggunakan metode BAB

Cr. Slideshare

Formula ketiga ini termasuk salah satu formula copywriting yang juga pasti sebenarnya udah sering banget Sobat MinDi temui juga di keseharian. BAB adalah singkatan dari Before (Sebelum), After (Setelah) dan Bridge (Jembatan). 

 

Jadi, dengan formula ini kamu bakal memberi tau audiens hal atau masalah apa yang membuat hidup mereka saat ini menyebalkan. Selanjutnya, kamu bakal mengajak mereka membayangkan bagaimana rasanya jika masalah tersebut bisa terselesaikan. Dan pada akhirnya, kamu memberi tau mereka bagaimana cara buat mencapai keadaan “ideal” tersebut.

Kalau belum kebayang, MinDi kasih contoh juga, ya!

 

 

Dari contoh di atas, Sobat MinDi udah bisa membayangkan gimana penggunaan formula BAB ini, kan?

 

 

 

Nah, itulah 3 formula copywriting terbaik yang bakalan cocok buat kamu pelajari. Dari 3 formula di atas, kira-kira mana nih yang paling menarik dan efektif menurut Sobat MinDi?

 

Kalau Sobat MinDi pengen belajar copywriting lebih dalam kamu bisa banget lho, coba ikutan program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id!

 

Dengan mengikuti bootcamp ini, kamu gak cuma bakal belajar copywriting aja tapi juga digital marketing secara keseluruhan. Alhasil, ilmu yang nanti kamu dapatkan bisa lebih lengkap dan kamu benar-benar siap buat berkarier sebagai copywriter yang paham seluk-beluk pemasaran digital.

 

Gak cuma itu aja, kamu nantinya juga bakal mendapatkan latihan praktik maupun proyek yang dilakukan secara rutin. Jadi, nantinya ilmu yang kamu dapatkan juga bisa lebih mudah buat kamu ingat.

 

Kerennya lagi nih, kamu juga bisa berkonsultasi secara pribadi bersama mentor yang ahli dan berpengalaman di bidang digital marketing ini, lho! Gak bakal ada lagi deh, yang namanya materi yang gak kamu pahami karena kamu bisa langsung belajar sama ahlinya.

 

Dan yang paling menarik, bakalan ada juga program penyaluran kerja setelah program bootcamp ini berakhir, lho! Alhasil, kamu bakal lebih mudah dan cepat buat bisa segera berkarier sebagai seorang digital marketer.

 

Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024