Blog

/

Digital Marketing

/

6 Tips Mudah Menulis Headline Copywriting

6 Tips Mudah Menulis Headline Copywriting

Kezia Margaretha

Konten ini telah ditinjau oleh Fadhil Ghifari Mangundisastra - Head of Content

13 September 2022

3151

Image Banner

Hai Sobat MinDi, menurut kalian apa sih part terpenting dalam menulis copywriting? Mungkin kebanyakan dari kalian bakal ngejawab headline karena hal tersebut merupakan part terpenting dalam copywriting. Tapi, sayangnya dari kalian masih banyak banget yang masih bingung gimana cara membuat headline yang menarik.


Nah untuk itu, di artikel kali ini MinDi akan ngejelasin tentang headline copywriting secara lengkap. Yuk simak sampai bawah untuk tau selengkapnya!


Apa itu Headline? 

Sebelum masuk ke konten artikel kalian, biasanya pembaca akan melihat headline terlebih dahulu. Headline sendiri merupakan judul yang biasanya ditulis dengan ukuran font lebih besar dibandingkan isi lainnya. Dari headline ini, nantinya para pembaca dapat menangkap sebuah gambaran akan artikel kalian. 


Menurut penelitian Coschedule.com, 8 dari 10 orang memutuskan ingin membaca atau tidaknya sebuah konten dari headline-nya saja. 


Oleh karena itu, apabila kamu berhasil membuat headline yang menarik dalam suatu konten atau artikel…Selamat! Kamu telah berhasil setengah jalan dalam membuat copywriting yang sukses.


Bagaimana membuat headline copywriting? 


Bagi  kalian yang masih belum mengerti bagaimana cara membuat  headline copywriting yang baik. Jangan cemas! MinDi bakal kasih kalian beberapa tips untuk ngebikin headline yang menarik.


  1. Buat dengan se-simpel dan sependek mungkin 


Menurut penelitian Coshedule.com, judul headline copywriting disarankan sebatas  6-7 kata untuk hasil yang terbaik. Hal ini dikarenakan pembaca cenderung hanya membaca 3 kalimat awal dan akhir dalam sebuah headline. Jika kamu masih bingung, yuk lihat contoh di bawah ini!


Headline Copywriting Singkat dan Simple/Sumber: Optimonk


  1. Buat headline kalian secara jelas dan to the point [H3]


Untuk membuat headline yang jelas, kalian juga harus to the point dan spesifik di dalam penulisannya. Semakin spesifik headline copywriting kalian, pembaca akan semakin jelas dalam menangkap isi artikel kalian. 


Kalian juga bisa menggunakan formula seperti angka spesifik dan persentase. Dengan mencantumkan angka, pembaca akan semakin mengetahui inti dari isi artikel tersebut. 


Kalian bisa lihat contoh di bawah ini untuk melihat contoh headline yang jelas dan to the point. 

 

Headline Copywriting To The Point/ Sumber: Neilpatel 


  1. Pahami perasaan pembaca


Kalian juga bisa menggunakan kata-kata yang bisa memicu psikologi para pembaca seperti praktis, murah, kontroversial, mudah, viral, dan kata-kata lainnya. Dengan memasukkan elemen-elemen tersebut, pembaca akan semakin tertarik terhadap headline copywriting yang kalian tulis. 


Headline dengan Kata Hemat dan Praktis/ Sumber: Ginee



  1. Buat headline kalian seunik mungkin dan berbeda dari lainnya 


Ketika headline copywriting yang kalian tulis terlihat mirip dengan headline-headline lainnya, tentunya hal itu akan menurunkan daya tarik pembaca terhadap tulisan kalian. Pembaca tidak akan melihat adanya daya tarik yang berbeda dari tulisan kalian apabila dibandingkan dengan tulisan-tulisan lain. 


Nah, untuk itu kalian perlu memberikan sedikit racikan dalam headline copywriting yang kalian tulis agar menjadi unik dan berbeda dari yang lainnya. Bagaimana caranya? 


  • Pertama, kalian dapat menggunakan kata-kata gaul yang sesuai dengan trend saat ini. Dengan menggunakan bahasa trendy, kalian dapat menarik perhatian pembaca terutama untuk kaum-kaum muda. Hal ini juga akan membuat artikel kalian semakin related dengan situasi saat ini. 

Contohnya dapat dilihat di headline dibawah ini. 

Headline Trendy/ Sumber: Jogjahost.

  • Kedua, gunakan sedikit komedi. Seringkali headline yang kita lihat di laman internet hampir memiliki pola dan template yang sama. Untuk membuatnya sedikit berbeda, memasukkan sedikit komedi akan membuat headline copywriting kalian tentunya lebih menarik dibandingkan dengan headline-headline lainnya. Namun, apabila kalian memutuskan untuk menggunakan sedikit komedi, kalian harus memperhatikan target audiens dan usahakan hindari komedi yang bersifat eksklusif. 

Sebagai contoh, kalian dapat melihat headline salah satu produk ini. 

Headline dengan Komedi/ Sumber: Niagahoster.

  • Ketiga, beri sedikit tantangan kepada pembaca. Untuk mengundang perhatian para pembaca, kalian dapat memberikan sedikit rasa menantang kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca akan lebih terdorong untuk melihat kembali konten kalian. 

Namun, kalian perlu berhati-hati dalam pemilihan kata-katanya agar headline copywriting kalian tidak dianggap meremehkan para pembaca. 

Headline yang menggunakan tantang pembaca dapat dilihat di bawah ini. 

Headline Penuh Tantangan/ Sumber: Niagahoster.


  1. Berikan manfaat bagi pembaca pada headline kalian 


Dengan menyediakan manfaat dalam headline copywriting yang akan kalian tulis, pembaca akan merasa semakin tertarik untuk membaca keseluruhan tulisan kalian karena mereka memiliki kepentingan di dalamnya. 


Kalian dapat melihat contohnya pada headline di bawah ini. 

Headline yang Menonjolkan Manfaat/ Sumber: Indeed


  1. Ciptakan urgensi pada headline kalian 


Psikologi pembaca sangat berpengaruh dalam penulisan headline copywriting kalian. Maka dari itu, kalian harus sedikit memainkan psikologi para pembaca agar mereka dapat lebih terdorong dalam membaca tulisan kalian. 


Salah satu cara yang dapat kalian gunakan adalah dengan menciptakan urgensi pada tulisan kalian. Kalian harus seakan-akan memberikan adanya keterbatasan waktu dalam headline yang kalian tulis. 


Kata-kata urgensi yang dapat kalian gunakan adalah seperti waktu yang terbatas, kesempatan terakhir, atau besok merupakan hari terakhir.


Kata-kata seperti ini bisa membuat tulisan kalian menjadi sulit ditolak karena terdapat perasaan eksklusif di dalamnya. Kalian bisa menggunakan contoh headline ini sebagai referensi. 

Headline dengan urgensi/ Sumber: Optimonk 



Nah, gimana nih 6 tips yang sudah MinDi kasih sebelumnya? Udah pada ngerti belum? Mungkin banyak dari kalian yang masih belum ngerti sepenuhnya. 


Tapi jangan cemas dulu nih teman-teman! Seperti kata pepatah practice makes perfect, kalian tentunya masih harus banyak belajar dan latihan dulu agar lebih terbiasa dalam membuat headline yang lebih menarik. 


Bagi sobat MinDi yang mau mempelajari copywriting lebih lanjut, yuk gabung di Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id!


Di dibimbing.id kalian akan mendapatkan materi lengkap mengenai digital marketing, termasuk copywriting dan content marketing. 


Setelah lulus dari bootcamp ini, kalian akan disalurkan kerja ke 515+ hiring partners Dibimbing.id sebagai digital marketing. Yuk segera daftarkan diri kalian dan jangan sampai lewatkan kesempatan kali ini dengan klik banner di bawah!

Perjalanan Awal untuk Menjadi Digital Marketer Handal

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Artikel Terkait