Ssst... Ini 7 Pertanyaan Interview User yang Sering Diajukan

Dibimbing.id

•

08 August 2022

•

2051

Image Banner

Setelah melewati beberapa tahap seleksi dan interview, eh ternyata kamu mendapatkan pemberitahuan bahwa akan melewati interview user. Pasti senangnya bukan main ya, tapi MinDi tau, Sobat MinDi lagi deg-degan dan panik minta ampun kan? Tiba-tiba kepikiran, gimana ya pertanyaan interview user? Apalagi yang bakal ditanyain? 

Tenang, Sobat MinDi gak perlu panik lagi. Kali ini MinDi bakalan kasih bocoran apa aja pertanyaan interview user yang paling sering diajukan. Nah kalau udah gak sabar, yuk langsung scroll aja ke bahasan selanjutnya! 

Perbedaan Interview User dan Interview HRD


Interview HRD dan interview user itu hal yang berbeda, lho

Jadi sebelum MinDi bahas pertanyaan interview user apa aja yang sering diajukan, Sobat MinDi harus tahu terlebih dahulu bahwa interview user dan interview HRD itu berbeda ya. Banyak orang yang masih belum paham betul perbedaan kedua interview ini. 

Bisa dibilang interview user adalah tahap terakhir atau tahap penentu apakah kamu akan lolos dalam seleksi kerja atau tidak. Berbeda dengan interview HRD yang dilakukan oleh HRD suatu perusahaan, interview user biasanya dilakukan oleh seseorang yang nantinya akan jadi atasan kamu. Jadi user bakal gali lebih jauh gimana keterampilan dan kemampuan kamu secara lebih mendalam. Kalau HRD lebih melihat bagaimana karakter, sifat, dan psikologis pelamar, user lebih melihat potensi pelamar sesuai dengan yang dituliskan dalam CV-nya. 

Jadi begitulah perbedaan singkat dari interview user dan interview HRD. Karena yang melakukan adalah user atau seseorang yang bakal jadi atasan kamu, maka dari itu harus mempersiapkan hal-hal dengan matang ya, Sobat MinDI. 

7 Pertanyaan Interview User yang Paling Sering Diajukan


Beberapa pertanyaan yang mungkin akan muncul saat interview user

  1. Menceritakan tentang diri kamu

Pertanyaan ini emang terlihat klise dan biasanya sudah diajukan terlebih dulu saat interview HRD. Tapi disini biasanya user juga bakalan tetap menanyakan hal ini ketika mulai interview, karena user akan melihat latar belakangmu dan kemampuan berkomunikasi. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu menceritakan diri kamu dengan cara yang jelas ya. 

Dilansir dari careersidekick, tips untuk menjawab pertanyaan ini adalah ceritakan karir terbaru dan pencapaian terbaru kamu. Lalu kamu juga bisa menambahkan alasan kamu melamar pekerjaan ini. Dan sebisa mungkin kamu sampaikan dalam waktu 60 detik saja ya, Sobat MinDi.

  1. Menjelaskan tentang perusahaan dan deskripsi pekerjaan

Biasanya user juga akan bertanya wawasan kamu tentang perusahaan yang sedang kamu lamar. Tujuannya biar user bisa memastikan bahwa kandidat karyawannya ini tau dengan jelas perusahaan apa yang sedang dilamar, biar gak salah alamat hehe. 

Selain tentang perusahaan, user biasanya juga bakal bertanya tentang deskripsi pekerjaan yang kamu lamar. Nah misalnya kamu belum terlalu tau secara mendetail tentang deskripsi atau jobdesc dari posisi yang kamu lamar, kamu jangan panik ya. Jelaskan aja hal-hal yang kamu ketahui, setelah itu kamu mungkin bisa bertanya dan mengonfirmasi hal-hal yang belum kamu ketahui. Biasanya user bakalan menjawab kok. 

  1. Cara kamu dalam menyelesaikan pekerjaan 

Setelah melakukan beberapa pertanyaan perkenalan, user bakal mulai mengajukan pertanyaan terkait keterampilan dan kemampuan kamu buat mengerjakan tanggung jawab kamu. Nah kalau ditanya tentang hal ini, kamu bisa jawab ya mulai dari bagaimana kamu mengatur waktunya, biasanya mengerjakan seberapa lama, bagaimana kamu menentukan prioritas. 

Kamu juga bisa menjelaskan kelebihan atau kekurangan kamu dalam mengerjakan pekerjaan kamu. Tapi harus diingat, ketika kamu menyampaikan kekurangan, harus dilengkapi juga gimana kamu mengatasi kekurangan kamu tersebut.

  1. Ceritakan skills kamu

Nah kalau user udah menanyakan pertanyaan yang satu ini, saatnya kamu mempromosikan diri kamu. Ceritakan semua skills kamu, tapi yang berkaitan dengan posisi yang sedang kamu lamar sekarang ya. Jangan lupa juga buat menceritakan pencapaian atau proyek apa aja yang udah berhasil kamu lakukan. Dengan begitu, user punya pertimbangan yang kuat untuk menerima kamu di perusahaan tersebut. 

  1. Lebih senang bekerja sendiri atau dengan tim

Setiap orang pasti punya preferensi yang berbeda terkait proses kerja mereka. Kamu bisa menjelaskan secara jujur bagaimana preferensi kamu. Tapi setidaknya kamu harus memberikan tambahan penjelasan bahwa kamu orang yang fleksibel dan beradaptasi. Jadi meskipun kamu memilih salah satu antara bekerja sendiri atau tim, kamu masih tetap bisa dan mampu melakukan keduanya ketika ada situasi yang memaksa kamu harus melakukan hal itu. 

  1. Alasan kamu meninggalkan pekerjaan yang sebelumnya

Buat Sobat MinDi yang mungkin udah kerja sebelumnya, pertanyaan ini mungkin bakal diajukan sama user. Perlu diingat, kalau dalam menjawab pertanyaan ini sebisa mungkin kamu jangan menjelek-jelekkan perusahaan tempat kerja kamu yang sebelumnya. Terlepas memang perusahaan itu jelek atau tidak, tapi kamu harus menghindari menceritakan hal-hal negatifnya. Kenapa? Karena kamu akan meninggalkan kesan negatif kepada user dan membuat dia berpikir, kalau kamu berhenti dari perusahaan ini, kamu juga akan menceritakan hal-hal negatifnya saja. 

Maka dari itu, lebih baik kamu fokus menceritakan hal-hal positif yang ingin kamu bangun dari melamar di posisi dan perusahaan yang saat ini, sehingga user mendapatkan kesan positif dalam diri kamu. 

  1. Apakah kamu ingin mengajukan pertanyaan?

Nah kalau sudah sampai ke pertanyaan ini, artinya interview kamu akan segera berakhir. Saat diberikan kesempatan untuk bertanya, sebisa mungkin kamu mengajukan pertanyaan ya, Sobat MinDi. Dengan mengajukan pertanyaan user juga bisa mendapatkan kesan bahwa kamu udah mempersiapkan dan mempertimbangkan diri secara kuat buat melamar posisi ini. 

Kamu bisa mulai dengan pertanyaan seperti:

  • Bagaimana sistem evaluasi pekerjaan saya?

  • Bisakah anda memberikan contoh proyek yang akan saya kerjakan?

  • Dengan siapa saja saya akan bekerja disini?

Itu beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan ya, Sobat MinDi. 

Nah jadi itulah 7 pertanyaan interview user yang sering banget diajukan. Kamu bisa mulai untuk mempersiapkan jawaban-jawaban terbaik ya, Sobat MinDi. Meskipun gak 100% akurat, tapi pertanyaan-pertanyaan tadi bisa dijadikan bahan untuk mempersiapkan diri. 

Bagi Sobat MinDi yang masih membutuhkan mentor atau konsultasi untuk mempersiapkan karir dan pekerjaan kamu, MinDi mau saranin kamu buat ikutin layanan persiapan karier dari dibimbing.id. Disini kamu bakalan mendapatkan layanan buat mempersiapkan karir kamu lebih matang, seperti review LinkedIn dan Resume, psychological test, dan masih banyak lagi. 

Kalau kamu tertarik, bisa daftar layanannya disini ya! See you and goodluck for you! 



Referensi:

9 tips lolos interview user Dan contoh pertanyaan Yang sering diajukan. (n.d.). EKRUT | #1 tech talent recruitment platform in Indonesia. https://www.ekrut.com/media/interview-user

Kesempatan Diterima Makin Besar! Ini daftar Pertanyaan Yang sering Muncul Saat interview user. (2022, February 2). Lifepal Media. https://lifepal.co.id/media/interview-user/

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!