dibimbing.id - 5 Cara Input Tanggal dengan PHP Paling Mudah, Yuk Coba!

5 Cara Input Tanggal dengan PHP Paling Mudah, Yuk Coba!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

23 September 2023

•

9002

Image Banner

Pengelolaan tanggal dan waktu adalah aspek penting dalam pengembangan web. Beberapa fungsinya adalah untuk mencatat kapan publikasi artikel hingga pengaturan jadwal event. Oleh sebab itu, input tanggal dengan PHP adalah langkah krusial.


Tertarik untuk mempelajarinya? Berikut adalah 5 cara paling mudah untuk input tanggal web dengan PHP.



5 Cara Termudah Untuk Input Tanggal dengan PHP



Mengelola input tanggal dalam PHP bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi atau web milikmu. Berikut adalah penjelasan komprehensif tentang caranya:



1. Menggunakan Fungsi date()



Cara pertama untuk input tanggal dengan PHP adalah menggunakan fungsi date(). Fungsi ini digunakan untuk formatting tanggal dan waktu saat ini atau timestamp menjadi format yang lebih mudah dibaca.


Dengan fungsi ini kamu bisa tentukan string format untuk output yang diinginkan. Artinya, kamu bisa sesuaikan tampilan tanggal dan waktu dengan mendefinisikan sebuah string format sebagai argumen fungsi tersebut.


Berikut adalah contoh penggunaan fungsi date() dengan string format:





Kelebihan menggunakan date() adalah kemudahannya dalam formatting tanggal dan waktu saat ini. Akan tetapi, fungsi ini terbatas pada penggunaan waktu saat ini atau timestamp yang diberikan.



Baca Juga: Cara Membuat Form Input PHP: Panduan Lengkap



2. Menggunakan Fungsi strtotime()


Berikutnya, cara input tanggal dengan PHP adalah dengan menggunakan fungsi strtotime(). Fungsi ini mengubah string tanggal yang dibaca manusia menjadi timestamp UNIX. Kemudian, ini bisa diformat menggunakan date(). 


Metode ini sangat berguna untuk mengkonversi tanggal dalam format string ke yang lainnya. Berikut adalah contoh penggunaannya:





Salah satu kelebihan fungsi ini adalah fleksibilitasnya dan kemampuannya dalam mengenali berbagai format tanggal dalam string. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa interpretasinya bergantung pada pengaturan lokasi server.



3. Menggunakan Kelas DateTime


Cara selanjutnya untuk input tanggal dengan PHP adalah menggunakan kelas DateTime. Kelas ini menyediakan metode berorientasi objek untuk penanganan tanggal.


Kamu bisa membuat objek DateTime untuk waktu saat ini atau waktu spesifik. Lalu, kamu bisa memformatnya sesuai kebutuhan. Berikut adalah contohnya:





Secara keseluruhan, DateTime mampu memberikan fleksibilitas dan fungsi yang lebih luas dibandingkan fungsi date(). Hal ini juga mencakup manipulasi tanggal.


Baca Juga: Cara Membuka PHP File: Panduan Lengkap




4. Menggunakan DateTime::createFromFormat()


Berikutnya, kamu bisa gunakan DateTime::createFromFormat(). Metode ini memungkinkan pembuatan objek DateTime dari string tanggal dengan format tertentu. Ini sangat berguna ketika kamu bekerja dengan format tanggal yang tidak standar.


Berikut adalah contoh aplikasinya:




Kelebihan utama dari metode ini adalah kemampuannya dalam memberikan kontrol lebih baik dalam penanganan string tanggal dengan format khusus. Hal ini bisa memudahkan konversi ke format lain.


5. Mengatur Zona Waktu


Cara terakhir input tanggal dengan PHP adalah mengatur zona waktu. Pengaturan zona ini sangat penting dalam penanganan tanggal dan waktu. Hal ini khususnya berlaku pada aplikasi yang digunakan di berbagai lokasi geografis.


PHP memungkinkan pengaturan zona waktu default dengan date_default_timezone_set() dan dalam objek DateTime. Berikut adalah contoh aplikasinya:




Tahap ini membantu dalam memastikan bahwa tanggal dan waktu yang ditampilkan sesuai dengan lokasi pengguna atau aplikasi.


Itulah beberapa cara input tanggal dengan PHP. Pilihan metode bisa bergantung pada kebutuhan proyek pengembangan web yang dikerjakan dan preferensi pengguna. 


Salah satu hal yang harus kamu pastikan dalam input tanggal adalah validasi dan memprosesnya dengan benar.


Apabila tertarik untuk mendalami pengembangan web, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut program Bootcamp Frontend Web Development Dibimbing. Program ini cocok banget buat kamu yang mau belajar web development. dari nol. 



Kamu bisa belajar teori dasar, tools, hingga praktik dengan real-case project. Intinya, kamu bakal dibimbing sampai jadi!


Selain itu, kurikulumnya juga dirancang untuk pemula. Sehingga, kamu yang mau beralih karir dan mulai dari nol tidak akan kesusahan dalam mengikuti kelasnya. So, tunggu apa lagi? Segera gabung dan mulai transformasi karir di web development bareng Dibimbing!

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!