Blog

/

Web Development

/

Web Programmer Wajib Kuasai 5 Bahasa Pemrograman Ini

Web Programmer Wajib Kuasai 5 Bahasa Pemrograman Ini

Dibimbing.id

26 July 2022

2073

Image Banner

Web programmer menjadi salah satu profesi yang dicari-cari akhir ini. Tugas dan tanggung jawabnya yang bisa dibilang tidak mudah, menjadikan profesi ini memiliki gaji yang tinggi. Belum lagi pembangunan digitalisasi sedang gencar-gencarnya saat ini, jadi seseorang yang ahli di bidang IT bakalan banyak diburu. 

Namanya juga seorang programmer pasti kerjaannya ga jauh-jauh nih sama yang namanya ngoding. Sobat MinDi penasaran gak sih, kira-kira apa aja ya bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh web developer? Buat Sobat MinDi yang tertarik menjadi web programmer, wajib banget nih simak artikel ini sampai akhir. Yuk, let’s gooo! 

5 Bahasa Pemrograman yang Wajib dikuasai Oleh Web Programming


Untuk menjadi web programmer perlu mempelajari beberapa bahasa pemrograman

  1. JavaScript

Sobat MinDi pasti udah sering dengar yang namanya JavaScript kan? Salah satu bahasa pemrograman yang sangat familiar bahkan di kalangan orang yang awam dengan pemrograman. Bisa dibilang JavaScript adalah King of Web Development. Bahasa pemrograman yang satu ini juga populer banget di kalangan para web developer dan web programmer. 

Ketika HTML menciptakan web pages dalam bentuk yang basic, JavaScript akan membuatnya menjadi lebih cantik dan menarik. Jadi ketika Sobat MinDi menggunakan JavaScript, kamu bakalan bisa menambahkan animasi dalam sebuah menu hingga membuat menu tersebut menjadi lebih mudah dinavigasi oleh user.

Jadi menguasai JavaScript ini penting banget, agar website yang kamu buat menjadi modern dan fungsional. 

  1. PHP

Bahasa pemrograman yang satu ini bisa dibilang sangat populer untuk website design. Kenapa begitu? Karena PHP didukung oleh sejumlah third-party extensions, seperti NET, Apache, dan MySQL. Maka dari itu, memungkinkan untuk menggunakan PHP sebagai jembatan antara situs web dengan layanan lainnya.

PHP juga sangat aman dan cepat, ditambah lagi dengan sifatnya yang open source dan gratis, PHP bermanfaat banget buat perusahaan. Bisa dibilang juga PHP adalah bahasa pemrograman yang mudah untuk digunakan dan memiliki tingkatan yang lebih baik dibanding HTML/CSS.

Kemudian, salah satu the best features dari PHP adalah tidak terbatas pada keluaran HTML. Jadi PHP dapat menampilkan gambar, pdf, teks, hingga animasi dalam waktu yang realtif cepat. 

  1. Phyton

Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling serbaguna untuk saat ini. Bahasa pemrograman ini juga biasa digunakan untuk web development, data science, scripting, hingga automasi. Sama dengan JavaScript, Python juga memiliki dukungan komunitas yang besar dan memiliki banyak framework, libraries, dan tools yang dapat membantu Sobat MinDi membuat website dalam waktu yang singkat. 

Gak sampai disitu aja, buat Sobat MinDi yang baru terjun dalam software development, mungkin Phyton menjadi start yang bagus dan tepat untuk kamu pilih. Ini karena Phyton menjadi bahasa pemrograman yang bagus untuk belajar coding

  1. HTML/CSS

Contoh HTML di basic webpage

Beberapa orang mengatakan bahwa HTML/CSS bukan benar-benar sebuah bahasa pemrograman, namun beberapa juga gak setuju atas pernyataan itu. Tapi terlepas dari pendapat yang berbeda, HTML/CSS ini menjadi backbone yang wajib dipelajari oleh web developer dan web programmer

Dalam proses kerjanya, HTML akan menyediakan struktur, sementara CSS menyediakan style agar website terlihat lebih menarik. Seperti yang udah MinDi bilang sebelumnya, bahwa HTML/CSS ini menjadi backbone dari sebuah website. Jadi serumit apapun sebuah website, kalau Sobat MinDi perhatikan sumber halamannya, pasti akan melihat tag HTML dan CSS dalam kodenya.

  1. Ruby

Ruby jadi salah satu bahasa pemrograman yang mirip dengan PHP dan Python. Sobat MinDi yang masih pemula juga boleh banget menjadikan Ruby sebagai start untuk belajar, karena bahasa pemrograman ini juga mudah untuk dipelajari. 

Nah kira-kira apa sih yang membuat Ruby lebih spesial dengan bahasa pemrograman lainnya? 

Jawabannya adalah, karena kerangka kerja Ruby on Rails mendukung website seperti Github, Shopify, Airbnb, Groupon, GoodReads, dan Kickstarter. 

Bagi Sobat MinDi yang belum tau, jadi Rails adalah salah satu model-view-controller (MVC) framework yang menyediakan struktur default untuk database, layanan web, dan halaman web. Artinya Rails dapat mendorong dan memberikan fasilitas penggunaan standar web seperti JSON atau XML untuk transfer data dan HTML, CSS. Dan JavaScript untuk user interface

Itu dia beberapa bahasa pemrograman yang wajib Sobat MinDi kuasai kalau ingin menjadi web programmer. Kira-kira Sobat MinDi udah mahir dengan bahasa pemrograman yang mana nih? Atau jangan-jangan masih bingung gimana cara belajarnya? 

Tenang, Sobat MinDi gak perlu bingung lagi. MinDi kasih solusi nih buat Sobat MInDi, caranya daftar Bootcamp Front-end atau Back-end Web Development yang disediakan oleh dibimbing.id. Melalui bootcamp ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar web development secara intensif bersama expert.

Selain itu, Sobat MinDi juga bakalan banyak dapet benefit, lho! Mulai dari live class via zoom selama 50+ pertemuan, pratical exercises, final project, hingga tambahan business english bersertifikat untuk persiapan kerja kamu. 

Gak sampai disitu aja nih, Sobat MinDi juga bisa konsultasi pribadi dengan mentor yang berpengalaman lho. Sttt, ada penyaluran kerja juga! 

Nah tunggu apalagi, yuk daftar segera Bootcamp Front-end atau Back-end Web Development!



Referensi:

Paul, J. (2021, January 13). Top 5 Programming languages for Web development in 2022. BairesDev. https://medium.com/javarevisited/top-5-programming-languages-for-web-development-in-2021-f6fd4f564eb6

Pavetti, L. (2021, July 23). Best programming languages for web development. BairesDevhttps://www.bairesdev.com/blog/best-programming-languages-web-development/

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait