3 Prinsip Dasar yang Harus Kamu Ingat Saat Belajar UI/UX Design

Dibimbing.id

•

02 August 2022

•

7442

Image Banner

Kemajuan teknologi yang pesat kini mengubah gaya hidup kita menjadi lebih ringkas. Segala hal udah bisa dilakukan hanya melalui mobile apps. Nah, hal ini menjadikan pekerjaan UI/UX kini laris banget dicari-cari nih, Sobat MinDi. Melihat peluang kerja dan gaji yang bisa dibilang cukup tinggi, orang-orang mulai berbondong-bondong belajar UI/UX design

Apakah kamu juga salah satu orang yang mulai tertarik dengan pekerjaan ini? 

Sebenarnya kalau ngomongin soal belajar, sekarang ini udah gampang banget buat mencari informasi tentang UI/UX. Sobat MinDi hanya perlu search aja di Google, nanti akan diberikan banyak informasi dan kamu bisa belajar UI/UX design dari situ. Tapi di tengah banyaknya informasi yang diberikan itu, apakah Sobat MinDi masih aja merasa tersesat? Masih bingung apa hal penting yang harus diperhatikan saat akan mendesain UI/UX?

Kalau iya, jangan risau. Kali ini MinDi bakal mengulas tentang prinsip dasar atau bisa dibilang golden rule nya UI/UX Design. Dijamin Sobat MinDi gak bakal tersesat lagi, deh! Yuk, simak artikel ini sampai akhir! 

3 Prinsip Dasar Belajar UI/UX Design

Sobat MinDi pasti udah tau kan, kalau UI/UX ini menjadi bagian penting dari sebuah aplikasi. Design UI/UX yang baik harus dibuat sedemikian rupa, agar penggunanya bisa nih memahami kerja suatu aplikasi dengan mudah. Kalau pengguna udah merasa ‘klik’, kayak “Ah, aplikasi ini gampang banget di pakai!” artinya pengguna mendapatkan pengalaman yang baik dan bakal menciptakan customer loyalty.

Maka dari itu, buat kamu si UI/UX designer pemula, jangan sampai melupakan prinsip-prinsip dibawah ini ya!

  1. Perhatikan perspektif user

Ketika Sobat MinDi akan membuat UI/UX, penting banget nih untuk memperhatikan perspektif user. Jangan sampai user kamu gak betah di aplikasi gara-gara desainnya yang gak bisa mereka pahami dengan mudah. Maka dari itu, usahakan gunakan desain yang ringkas, namun tetap memberikan informasi yang jelas. 

Sobat MinDi bisa melakukan seperti buat tombol navigasi Undo/Redo, jadi ketika user mengalami kesalahan atau error, mereka bisa segera mengatasinya secara mandiri tanpa harus repot-repot mengulang dari awal. Atau bisa juga, kamu membuat desain yang informatif. Setidaknya biarkan user tau sejauh mana proses yang sedang mereka lakukan. 

Dengan kata lain, Sobat MinDi harus bisa membuat UI/UX design yang user friendly



 

UI/UX Design dengan fitur Undo/Redo

Photo by XDAdobe


  1. Estetika itu penting

Selain desain yang mudah dipahami, Sobat MinDi juga harus memahami bahwa nilai estetika itu udah jadi hal esensial yang ada dalam sebuah desain. Kenapa sih harus estetik? Ya tentu saja, agar pengguna kamu betah nih pakai aplikasi kamu. Estetik dalam konteks ini artinya kamu harus memperhatikan efisiensi dan responsibilitas desain kamu agar bisa menarik di mata user. 

Estetika dari desain kamu  akan menjadi ‘wajah’ atau gambaran dari kualitas aplikasi kamu. Atau dengan kata lain, user ini bakalan menciptakan ekspektasi kepada suatu aplikasi dari desain UI/UX nya. Jadi, jangan sampai lupa untuk memperhatikan poin ini ya! 

Design yang efisien, responsive dan mempertimbangkan nilai estetika

Photo by Dina Sectio

  1. Konsisten

Konsisten dalam konteks ini artinya, kamu harus konsisten dalam penggunaan elemen-elemen yang ada pada desain kamu. Mulai dari warna, bentuk, tombol, ikon, dan elemen-elemen lainnya. Kenapa hal ini penting? Tentu saja agar user bisa mengembangkan pola penggunaan mereka. User jadi lebih mudah mengenali dan mengingat segala elemen yang ada di desain kamu. 

Gak sampai disitu lho, Sobat MinDi. Kalau kamu konsisten dalam menggunakan elemen yang ada pada desain kamu, user juga bakalan lebih cepat mempelajari cara kerja dan mengoperasikan fitur-fitur yang ada di aplikasi. 

UI/UX Microsoft yang konsisten dan familiar

Photo by techfor.id

Nah itu dia 3 prinsip dasar untuk kamu yang sedang belajar UI/UX design. Gimana nih, Sobat MinDI? Apakah kamu masih tersesat atau sudah dapat pencerahan? Sobat MinDi bisa terapkan prinsip dasar tersebut agar desain kamu menjadi lebih menarik dan tentunya user friendly, ya!

Tapi kalau misalnya Sobat MinDi masih membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang UI/UX, kamu bisa banget lho daftar Bootcamp UI/UX dari dibimbing.id. Kenapa sih harus dibimbing.id? Karena materi yang akan kamu dapatkan super duper lengkap dan mudah dipahami. 

Gak sampai disitu aja nih, selain diberikan materi oleh expert-nya, kamu juga bisa konsultasi secara pribadi.  Lewat program bootcamp ini, kamu bakalan diajak buat belajar intensif selama 4,5 bulan. Tenang, ga melulu materi kok. Kamu juga  bakalan diajak buat melakukan latihan praktik secara rutin dan ada juga tugas proyek, lho! Nah tunggu apalagi, yuk daftar bootcamp-nya disini.



Referensi: 

6 Prinsip Penting untuk Merancang Desain user interface Yang Baik. (2020, December 11). Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/prinsip-desain-user-interface/#.YiBmiqtBy01


Becker, C. R. (2020, October 6). 10 principles of good (UI) design. Medium. https://uxdesign.cc/10-principles-of-good-ui-design-24ebe3155a11

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved