dibimbing.id - 13 Tips Membangun Personal Branding Social Media

13 Tips Membangun Personal Branding Social Media

Anisa Fitri Maulida

•

29 December 2023

•

243

Image Banner

Tahukah kamu, Sobat MinDi? Personal branding adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan, terlebih lagi pada saat mencari kerja. Social Media adalah platform yang tepat, untuk mempraktekan personal branding. Bagaimana cara membangun personal branding lewat social media?


Apa Itu Personal Branding?


Sobat MinDi, personal branding merupakan proses pembentukan citra atau merek pribadi yang khas dan menonjol. Konsep ini berkaitan erat dengan bagaimana kamu mempresentasikan diri, baik secara online maupun offline, untuk menciptakan persepsi tertentu di mata publik.


Dalam dunia yang semakin terhubung melalui internet dan media sosial, personal branding menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi bagaimana kamu dipersepsikan oleh teman, kolega, maupun potensial pemberi kerja atau klien.


Personal branding bukan hanya tentang penampilan luar, tapi juga meliputi nilai-nilai, keahlian, pengalaman, dan cara kamu berinteraksi dengan orang lain. Dengan kata lain, personal branding adalah representasi dari siapa kamu, apa yang kamu perjuangkan, dan apa yang membedakan kamu dari orang lain.


Selain memperlihatkan siapa dirimu, tentunya ada alasan tertentu mengapa personal branding sangat penting.


Kenapa Personal Branding Sangat Penting?


Pentingnya personal branding dalam dunia saat ini tidak bisa diabaikan. Personal branding merupakan alat penting, yang membantu seseorang menonjol di antara kerumunan terutama dalam konteks profesional. Berikut beberapa alasan mengapa personal branding sangat penting:


1. Meningkatkan Kesempatan Karir


Dengan personal branding yang kuat, kamu lebih mudah dikenali oleh rekruter atau klien potensial. Ini membuka lebih banyak peluang, baik dalam mencari pekerjaan, mendapatkan promosi, atau dalam konteks kewirausahaan.


2. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas


Orang cenderung berbisnis atau bekerja sama dengan orang yang mereka percayai dan yang tampak kompeten di bidangnya. Personal branding yang baik membantu membangun citra tersebut.


3. Mempengaruhi Persepsi Publik


Cara kamu mempresentasikan diri sangat mempengaruhi bagaimana orang lain melihat kamu. Personal branding yang positif memungkinkan kamu untuk mengontrol narasi tersebut.


4. Membantu dalam Jaringan Profesional


Dalam dunia yang semakin saling terhubung, membangun jaringan profesional yang luas sangat penting. Personal branding yang kuat memudahkan dalam membangun dan memelihara jaringan ini.


5. Membedakan Diri dari Kompetisi


Di dunia yang kompetitif, memiliki personal branding yang unik dan khas dapat membuat kamu menonjol, baik itu dalam mencari pekerjaan, menjalankan bisnis, atau dalam industri kreatif.


6. Membangun Fondasi untuk Pertumbuhan Pribadi dan Profesional


Dengan menetapkan citra dan tujuan pribadi yang jelas melalui personal branding, kamu menetapkan jalur untuk pertumbuhan dan pengembangan diri yang terarah.


7. Meningkatkan Pengaruh Online dan Offline


Di era digital, kehadiran online yang kuat sangat penting. Personal branding membantu meningkatkan pengaruh kamu baik dalam dunia maya maupun nyata.


Baca Juga: Optimalisasi Personal Branding Mahasiswa: Contoh dan Cara Menerapkannya


Dengan alasan ini, jelaslah bahwa personal branding bukan hanya tentang membangun reputasi yang baik, tetapi juga tentang memposisikan diri secara strategis dalam dunia profesional. Lalu, Sobat MinDi kira-kira tahu mengapa kita bisa menggunakan social media untuk melakukan personal branding? Nah, MinDi beritahu alasannya!


Tips Membangun Personal Branding di Social Media


Membangun personal branding social media bukanlah hal yang sulit, jika kamu mencoba untuk menggunakan tips yang akan MinDi berikan di bawah sini. Sudah siap menyimak? Yuk, kita kenali tipsnya!


1. Definisikan Merek Pribadi Kamu


Tentukan apa yang ingin kamu capai dengan personal branding kamu. Apa pesan yang ingin kamu sampaikan dan apa ciri khas kamu?


2. Pilih Platform yang Tepat


Fokus pada platform media sosial yang paling relevan dengan audiens target kamu. Setiap platform memiliki keunikan dan cara penggunaan yang berbeda. Untuk memilih platform yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan mentor yang berada di kelas Career Preparation


Tidak hanya bisa berkonsultasi, kamu akan mempelajari banyak hal mulai dari mempelajari skill tertentu, bedah CV, dan masih banyak lagi! Kamu pun tentunya bisa menyesuaikan pelatihan ini, dengan jadwal pribadimu supaya tidak bentrok.


3. Konsistensi dalam Identitas Visual


Gunakan foto profil dan latar belakang yang serupa di semua akun media sosial untuk memudahkan pengenalan.


4. Buat Konten yang Bermakna dan Berharga


Bagikan konten yang informatif, menginspirasi, atau menghibur yang menunjukkan keahlian dan nilai kamu.


5. Jadilah Otentik


Jujur dan tampilkan kepribadian asli kamu. Otentisitas adalah kunci untuk membangun kepercayaan.


6. Interaksi yang Aktif dan Bermakna


Berinteraksi dengan audiens kamu melalui komentar, pesan, atau berbagi konten mereka.


7. Jaringan dengan Profesional Lain


Bangun jaringan dengan profesional di bidang kamu. Follow, komentar, dan berinteraksi dengan mereka.


8. Manfaatkan Hashtag


Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan postingan kamu ke audiens yang lebih luas.


9. Tetap Up-to-Date dengan Tren Terkini


Ikuti tren terbaru di media sosial dan industri kamu untuk menjaga konten kamu tetap relevan.


10. Analisis dan Sesuaikan Strategi Kamu


Gunakan analitik media sosial untuk memahami apa yang berhasil dan sesuaikan strategi kamu sesuai dengan itu.


11. Konsisten dalam Posting


Buat jadwal posting yang teratur untuk menjaga audiens tetap terlibat.


12. Penggunaan Cerita dan Narasi Pribadi


Ceritakan kisah kamu, bagikan pengalaman dan pelajaran yang telah kamu pelajari untuk menciptakan koneksi yang lebih dalam dengan audiens.


13. Berikan Respons yang Cepat


Respons cepat terhadap komentar dan pertanyaan menunjukkan bahwa kamu peduli dan menghargai audiens kamu.

Baca Juga: Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya


Personal branding social media merupakan hal penting, maka dari itu kamu harus serius membentuknya. Dengan mengikuti kelas Bootcamp Social Media Marketing, kamu bisa berkonsultasi untuk mencari bagaimana cara personal branding yang paling baik sesuai dengan kepribadianmu.



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!