dibimbing.id - 12 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Onboarding, Yuk Simak!

12 Hal yang Harus Ditanyakan Saat Onboarding, Yuk Simak!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

29 April 2024

•

435

Image Banner

Proses onboarding adalah kesempatan penting bagi karyawan baru untuk memperoleh pemahaman tentang lingkungan kerja, budaya perusahaan, dan ekspektasi yang ditetapkan. Lantas, agar tidak bingung di hari pertama, apa sih yang harus diatanyakan saat onboarding?


Untuk bantu Anda temukan jawabannya, MinDi akan siapkan daftar pertanyaan yang harus ditanyakan saat onboarding di artikel ini. Jadi, baca artikelnya sampai habis ya!



Daftar Pertanyaan yang Harus Ditanyakan Saat Onboarding


Memulai pekerjaan baru sering kali menimbulkan rasa ingin tahu yang besar. Agar bisa beradaptasi dengan cepat dan efektif, penting bagi Anda mengajukan pertanyaan yang tepat di hari pertama.


Berikut adalah 12 pertanyaan penting yang harus ditanyakan di hari pertama Anda:


1. Apa Prioritas Utama Saya untuk Hari Ini?


Pertanyaan ini berguna untuk memastikan Anda fokus pada tugas yang paling penting dan mendesak pada hari pertama Jawaban yang diberikan juga akan.membantu Anda memulai hari pertama dengan baik.


Bukan hanya itu, pertanyaan ini menunjukkan kepedulian Anda pada manajemen waktu serta prioritas yang efektif.



2. Apa Tugas Saya untuk Minggu Ini?


Ini bisa ditanyakan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang tanggung jawab Anda di minggu pertama. Jawaban yang diberikan akan membantu Anda merencanakan dan mengatur pekerjaan mingguan.


Selain itu, Anda juga bisa memahami ekspektasi awal atasan Anda.


Baca Juga: 7 Manfaat Perencanaan Karier dalam Meraih Kesuksesan




3. Bagaimana Cara Terbaik untuk Berkomunikasi dengan Tim?


Pertanyaan ini bisa menunjukkan keingintahuan Anda dalam menentukan cara komunikasi yang efektif dan sesuai dengan norma tim. Jawaban yang diberikan akan membantu Anda mengetahui apakah tim lebih memilih email, panggilan, pesan instan, atau pertemuan tatap muka untuk komunikasi sehari-hari.



4. Apa Metrik Kesuksesan untuk Peran Saya?


Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami bagaimana keberhasilan Anda akan diukur. Lewat ini, Anda juga akan mendapatkan kejelasan tentang KPI (Key Performance Indicators).


Anda mungkin juga akan mendapatkan pemahaman terkait tujuan kinerja lainnya yang relevan dengan peran.



5. Bagaimana Saya Dapat Mengakses Alat Kerja yang Dibutuhkan?


Pertanyaan ini memastikan bahwa Anda memiliki semua alat dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Lewat pertanyaan ini, Anda akan dapatkan informasi tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan akses ke platform atau database yang diperlukan.



6. Kapan dan Bagaimana Kinerja Saya akan Direview?


Ini bertujuan untuk mengerti kapan dan bagaimana kinerja Anda akan dinilai. Dari sini, Anda akn dapatkan informasi tentang jadwal review, format evaluasi, dan siapa yang akan mengulas kinerja Anda.



7. Siapa yang Bisa Saya Hubungi untuk Pertanyaan Teknis?


Pertanyaan ini bertujuan agar Anda bisa memiliki kontak yang jelas untuk dukungan teknis. Dengan ini, Anda bisa identifikasi individu atau departemen IT yang dapat membantu dengan isu teknis atau masalah operasional.



8. Apakah Ada Kebijakan Khusus Perusahaan yang Perlu Saya Ketahui?


Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami kebijakan penting yang mempengaruhi pekerjaan Anda. Ini bisa berupa informasi tentang kebijakan kerja dari rumah, kebijakan privasi, dan keamanan informasi.



9. Bagaimana Saya Bisa Terlibat dalam Pertemuan Tim?


Hal ini bisa membuat Anda mengetahui bagaimana dan kapan Anda bisa menjadi bagian dari pertemuan tim. Lewat sini, Anda bisa memahami jadwal rutin pertemuan tim dan apa peran Anda dalam pertemuan tersebut.



10. Apa Peluang Pengembangan Karir yang Ada di Perusahaan Ini?


Ini bertujuan untuk memahami bagaimana Anda dapat tumbuh secara profesional dalam organisasi. Lewat sini, Anda bisa dapatkan informasi tentang pelatihan, kursus, mentoring, atau jalur karir potensial dalam perusahaan.


Baca Juga: Memulai Langkah Pertama Dalam Karir Seorang Fresh Graduate



11. Apakah Ada Acara Tim atau Kegiatan Pembangunan Tim yang Akan Datang?


Ini bertujuan untuk membangun koneksi sosial dan profesional dengan rekan kerja. Anda bisa dapatkan informasi tentang rencana untuk retreat, workshop, atau acara bonding yang membantu membangun kekompakan tim.



12, Bagaimana Saya Dapat Berkontribusi Pada Tujuan Jangka Panjang Perusahaan?


Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran Anda bisa mendukung visi dan misi perusahaan. Dengan ini, Anda bisa mengetahui bagaimana kontribusi spesifik Anda dapat membantu mencapai tujuan strategis perusahaan.




Demikian 12 pertanyaan yang bisa ditanyakan saat onboarding. Sebelum Anda memulai hari pertama atau onboarding, pastikan juga Anda sudah memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahan. 


Hal ini terutama penting diperhatikan oleh fresh graduate dan mahasiswa. Apabila Anda ingi mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun ke industri profesional, career preparation Dibimbing.id bisa jadi pilihan tepat. 


Program dan jadwal yang ditawarkan career preparation ini bisa disesuaikan kebutuhan mahasiswa dan jadwal. Anda bisa pilih pelatihan digital marketing, data science, bahkan Excel.


Bukan cuma itu, mahasiswa juga akan diberikan review CV serta profil LinkedIn dan simulasi psycho test. Jadi, mereka dijamin siap untuk memasuki dunia profesional.


Segera daftarkan kampus Anda dan bentuk mahasiswa yang siap bekerja bersama Dibimbing.id! Mulai dengan konsultasikan kebutuhan kampus Anda di sini!

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!