dibimbing.id - Cara Upload HTML ke Blog

Cara Upload HTML ke Blog

Suci Wulandari

•

22 September 2023

•

4235

Image Banner

Mengelola sebuah blog adalah cara yang hebat untuk berbagi informasi, pengalaman, atau bahkan menunjukkan eksistensimu ke seluruh dunia. Ada banyak platform blogging yang tersedia serta bisa kamu gunakan, seperti WordPress, Blogger, dan Tumblr. Kamu bisa mengelola blog dengan mudah. 


Bahkan kamu bisa upload halaman HTML kustom ke blog pribadimu, lho! Dengan halaman HTML kustom maka kamu bisa menampilkan portofolio, membuat halaman penjualan yang disesuaikan, atau menambahkan elemen desain yang lebih kompleks. 


Berikut ini akan dibahas cara upload HTML ke blog baik itu versi blogger maupun Wordpress. Simak artikelnya sampai selesai, ya!


Cara Upload HTML ke Blogger



Cara Upload HTML ke Blog

Dibimbing.id - Blogger


Blogger adalah platform blogging yang sangat populer yang dimiliki oleh Google. Platform ini adalah pilihan yang baik kamu ingin tipe blog yang mudah digunakan dan gratis. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengunggah halaman HTML ke Blogger.



  1. Buat Blog 

Kamu perlu memiliki akun terlebih dulu. Jika belum punya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buat blog di Blogger. Kamu bisa masuk ke akun Googlemu atau membuat akun baru terlebih dulu. Setelah itu, kunjungi tautan blogger.com dan klik "Buat blog baru."

  1. Buka Tema

Setelah Sobat MinDi berhasil membuat blog, masuk ke dasbor Blogger. Dari dashboard, pergilah ke "Tema" di sidebar kiri. Kamu akan melihat tampilan yang menampilkan tema saat ini yang digunakan oleh blog tersebut.

  1. Edit Tema HTML

Langkah selanjutnya adalah melakukan edit tema HTML. Di bagian atas tampilan tema, kamu akan melihat opsi "Edit HTML." Klik di sana untuk membuka editor kode HTML.

  1. Unggah Berkas HTML

Sekarang, kamu dapat mengunggah berkas HTML yang ingin ditambahkan ke blog. Pastikan berkas HTML tersebut sudah siap dengan semua kode yang diperlukan. Klik "Unggah" dan pilih berkas HTML dari komputer kamu.

  1. Simpan dan Pratinjau

Setelah selesai mengunggah berkas HTML, Sobat MinDi akan melihat kode tersebut muncul di editor. Pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengklik "Simpan tema." Kamu juga dapat mengklik "Pratinjau" untuk melihat bagaimana halaman HTML akan terlihat di blogmu.

  1. Terbitkan

Setelah puas dengan tampilan pratinjau, kamu dapat menerbitkan perubahan. Caranya mudah, hanya dengan mengklik "Terbitkan" di pojok kanan atas tampilan tema. Sekarang, halaman HTML tersebut akan tersedia di blogmu.




Cara Upload HTML ke WordPress



Cara Upload HTML ke Blog

Dibimbing.id - Wordpress


WordPress adalah platform blogging yang sangat populer dan serbaguna yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. WordPress memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menyesuaikan tampilan blogmu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunggah halaman HTML ke WordPress.


1. Masuk ke Dashboard WordPress 

Langkah pertama yaitu dengan masuk ke akun WordPress milikmu. Setelah berhasil masuk, kamu akan tiba di dashboard admin. Di sini, kamu memiliki kendali penuh atas blogmu.

  1. Buat Halaman Baru

Setelahnya, kamu bisa menuju ke menu "Halaman" di sidebar kiri. Klik "Tambah Baru" untuk membuat halaman baru di blogmu.

  1. Mode Kode HTML

Pada editor halaman baru, kamu akan melihat dua tab di bagian atas yakni "Visual" dan "Teks." Klik pada tab "Teks" untuk masuk ke mode kode HTML.

  1.  Tempelkan Kode HTML

Sekarang, Sobat MinDi dapat menempelkan kode HTML yang ingin ditambahkan ke halaman tersebut. Pastikan untuk menyisipkan kode dengan benar.

  1. Pratinjau dan Simpan

Setelah menambahkan kode HTML, kamu dapat mengklik "Pratinjau" untuk melihat bagaimana halaman tersebut akan terlihat. Jika semuanya terlihat baik, klik "Simpan Draft" atau "Terbitkan" untuk menyimpan halaman HTML tersebut.

  1. Tampilkan Halaman

Terakhir, kamu dapat menampilkan halaman HTML yang baru saja dibuat di blogmu. Caranya dengan menambahkan ke menu navigasi atau membagikannya sebagai tautan.


Kamu juga bisa lebih mendalami hal-hal seputar HTML, blog, dan web development dengan mengikuti berbagai kursus yang sesuai. Salah satu yang sebaiknya dicoba yaitu bootcamp dibimbing.id. Kamu akan berkesempatan menangani kasus real-project dan diarahkan langsung oleh para praktisi profesional.



Keunggulan HTML untuk Blog

Menggunakan HTML untuk blog memiliki beberapa keunggulan yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan fleksibilitas dalam merancang dan mengelola konten. Berikut adalah beberapa keunggulan utama menggunakan HTML untuk blog.

  • Melakukan kustomisasi total dengan membuat tampilan yang unik dan sesuai dengan visimu tanpa terbatas oleh template atau tema yang sudah ada.

  • Menambahkan konten apa pun yang diinginkan tanpa batasan dari platform blogging tertentu. Kamu bisa mengintegrasikan multimedia, grafik, tabel, dan elemen kustom lainnya dengan mudah.

  • Halaman lebih ringan dan cepat dibanding blog dengan plugin dan fitur kompleks.

  • SEO lebih optimal dengan menyesuaikan tag, meta deskripsi, dan struktur URL.

  • Mengontrol responsivitas blog untuk berbagai perangkat seperti desktop, tablet, dan ponsel. Tampilan bisa baik di semua perangkat

  • Lebih aman daripada platform blogging yang rentan terhadap serangan peretasan. 

  • Dapat mengembangkan fungsionalitas tambahan yang sesuai dengan kebutuhan. 

  • Pemeliharaan blog HTML dapat lebih sederhana karena tidak bergantung pada pembaruan atau pemeliharaan yang disediakan oleh platform blogging tertentu. 

  • TIdak harus bergantung pada layanan pihak ketiga untuk mengelola blog. 

  • Mudah berkembang seiring waktu sebab kamu bisa dengan mudah menambahkan halaman baru, fitur, dan konten tanpa batasan yang diberlakukan oleh platform blogging tertentu.


Mengunggah halaman HTML ke blog memang cara yang bagus untuk menambahkan konten kustom dan meningkatkan tampilan blog. Baik menggunakan Blogger atau WordPress, langkah-langkah di atas akan membantumu untuk upload halaman HTML dengan mudah. Selain itu, keunggulan HTML untuk Blog juga cukup banyak.


Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa untuk menjalankan HTML di blog butuh pemahaman dalam tentang web developer. Untuk itu, kamu perlu terus menambah ilmu dan mengasah skill agar blogmu terus berkembang


Kamu bisa belajar tentang web developer dengan lebih mendalam melalui bootcamp programmer yang diadakan dibimbing.id. Selain pengetahuan, Sobat MinDi juga akan mendapat benefit tambahan berupa pengalaman magang yang nyata dan koneksi ke 500+ perusahaan.


Daftarkan segera sebelum kehabisan kuota untuk mengikuti bootcamp online dibimbing.id, ya!



Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!