dibimbing.id - 4 Cara Memilih Influencer Marketing Untuk TingkatkanPenjualan

4 Cara Memilih Influencer Marketing Untuk TingkatkanPenjualan

Dibimbing.id

•

12 October 2022

•

920

Image Banner

Sobat MinDi pasti sering melihat Influencer  yang melakukan promosi suatu produk kan? Tapi terkadang mereka melakukannya tidak hanya dengan sukarela lho, Sobat MinDi. Sebenarnya promosi yang dilakukan Influencer tersebut merupakan bagian dari strategi marketing yang disebut INFLUENCER marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi marketing dengan menggunakan Influencer untuk mempromosikan produk. Sekarang kan udah banyak banget ya Influencer terkenal di Indonesia yang bahkan rasanya sesuai banget sama gayanya Gen Z. 

Penasaran gak sih gimana caranya memilih Influencer marketing yang tepat dan sesuai sama produk kita? Di artikel ini MinDi bakal kupas gimana caranya memilih Influencer marketing, dijamin traffic penjualan produk kamu bakalan meningkat. 

Apa Itu Influencer Marketing

Influencer adalah seseorang yang dikenal luas oleh masyarakat dan memiliki kekuatan untuk memengaruhi dan diperca oleh audiens. Jadi ketika mereka memberikan pendapat tentang suatu produk, pendapatnya dapat memengaruhi audiens untuk mengambil keputusan membeli. 

Gampangnya, sekarang juga dikenal sama yang namanya selebgram, selebtiktok, atau mungkin selebtwit. Biasanya orang-orang tersebut memiliki jumlah followers yang cukup banyak. Memiliki banyak aktivitas yang berkaitan dengan media sosial, biasanya influencer juga lebih dekat dengan followersnya dan memiliki kepercayaan yang tinggi.  Nah karena itu, biasanya hal-hal yang digukanan para influencer ini bisa diikuti atau ditiru oleh para followers-nya. 

Menggunakan influencer sebagai marketing juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness lho. Lalu gimana sih cara memilih influencer yang sesuai untuk produk kita? Cara-cara berikut ini bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih influencer marketing untuk produk kamu. 

Cara Memilih Influencer Marketing untuk Meningkatkan Traffic Penjualan

  1. Kenali karakteristik konsumen kamu

Sebelum memilih Influencer yang akan kamu gunakan sebaga strategi marketing, kamu harus lebih dulu mengenali karakteristik konsumen kamu. Mulai dari usia, ketertarikan, hingga konten-konten seperti apa yang disukai sama konsumen kamu. Hal ini dilakukan agar Influencer  yang dipilih ini bisa menjadi sosok yang representative dan menyesuaikan kebutuhan konsumen kamu. 

  1. Engagement

Nah setelah mengenali dan memiliki data-data yang lengkap tentang karakteristik dan kebutuhan konsumen kamu, sekarang kamu bisa melakukan pertimbangan buat memilih INFLUENCER. Hal pertama yang bisa kamu lihat adalah engagement seorang Influencer  tersebut. Engagement disini maksudnya adalah keterlibatan audiens dengan post Influencer tersebut. 

Apakah audiens merasa dekat dengan influencer? Apakah postingan influencer ini selalu mendapatkan respon yang positif oleh audiensnya? Kalau dirasa engagement influencer tersebut bagus, kamu mungkin bisa mempertimbangkannya untuk produk kamu. 

  1. Relevansi brand dengan influencer

Setelah mengetahui gimana engagement-nya, kamu juga harus mempertimbangkan relevansi produk kamu dengan profil influencer tersebut. Misalnya kamu ingin mempromosikan produk kecantikan, maka sebaikanya kamu harus memilih influencer yang memiliki latar belakang bidang kecantikan. Misalnya influencer tersebut memang seorang seorang beauty blogger/vlogger yang memiliki pengetahuan luas tentang produk-produk kecantikan. 

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pertimbangan memilih influencer marketing produk kamu. Gimana, apakah kamu udah punya gambaran public figure mana yang akan menjadi influencer marketing produk kamu? 

Bagi Sobat MinDi yang mungkin lagi belajar tentang digital marketing atau ingin memperdalam tentang influencer marketing, kamu bisa banget lho daftar Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Selain budget ramah di kantong, benefit yang bakalan kamu dapat juga gak sedikit. Itung-itung investasi untuk diri sendiri dengan meningkatkan keterampilan. 

Benefitnya apalagi sih? 

Mulai dari materi yang lengkap tentang digital marketing, belajar langsung bersama mentor yang expert, konsultasi pribadi, hingga kesempatan mendapatkan penyaluran kerja lho! Wah banyak banget kan manfaatnya, jawaban yang cocok buat kamu yang sedang ingin improve skill

Tunggu apalagi, yuk daftar bootcampnya disini! 


Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!