dibimbing.id - Cara Download Data ML untuk Kebutuhan Machine Learning Kamu

Cara Download Data ML untuk Kebutuhan Machine Learning Kamu

Syaukha Ahmad Risyad

•

31 August 2023

•

4806

Image Banner

Cara Download Data ML untuk Kebutuhan Machine Learning Kamu/ Sumber: searchenginejournal.com

Buat belajar machine learning, kamu pasti membutuhkan dataset buat diolah. Tapi, bagaimana sih cara download data ML dari internet?

Dataset adalah komponen utama dalam kamu melatih dan menguji model machine learning kamu. Ketika kamu sedang berlatih mengembangkan model sendiri, kamu mungkin belum punya sumber dataset yang dapat kamu olah. Nah, di artikel ini MinDi mau jelasin bagaimana kamu bisa mencari dataset secara online. MinDi juga bakal sebutin beberapa sumber populer buat kamu download data ML, jadi baca sampai akhir, ya!


Apa itu Dataset dalam ML?

Dalam topik machine learning, dataset adalah kumpulan data dalam skala besar  yang digunakan untuk melatih dan menguji algoritma dan model yang dibuat. Dataset biasanya diatur dalam bentuk tabel, dan disimpan dalam format tertentu.

Untuk setiap proyek machine learning, sebuah dataset biasanya dibagi ke dalam dua subset: data training dan data test.


Apa itu Dataset dalam ML?

Training Dataset

Dataset untuk training digunakan untuk melatih model machine learning. Data diberikan pada model supaya model dapat memahami pola dan relasi dalam data.


Test Dataset

Dataset yang kedua, adalah dataset untuk menguji kinerja dan kemampuan dari model yang sudah dilatih menggunakan training dataset. Dataset ini digunakan untuk mengukur sejauh mana model dapat memprediksi dengan benar, sebelum akhirnya model digunakan untuk keperluan sebenarnya.

Validation Dataset

Validation dataset adalah subset opsional selain kedua dataset di atas. Fungsi dari dataset ini adalah untuk mengatur hyperparameter dari model, sehingga dapat membantu mengoptimalkan parameter model.

Biar makin paham peran dataset dalam machine learning, kamu bisa banget ikutan program yang diadakan oleh Dibimbing.id. Karena kamu bakal dapetin life time access, yang bisa jadi pegangan kamu kapanpun!



Cara Mendownload Data ML

Setelah memahami pengertian dari dataset dalam machine learning, sekarang kita dapat melihat bagaimana cara untuk mendownload data ML dari internet.




1. Cari Data ML dengan Mesin Pencari


Pencarian data adalah poin pertama dalam kamu mendownload data ML. Manfaatkan mesin pencari, seperti Google, dengan menggunakan kata kunci yang sesuai untuk proyek kamu. Misalnya, jika kamu bekerja pada proyek klasifikasi gambar, gunakan kata kunci "image classification dataset."

Alternatifnya, kalau kamu ingin mencari sambil melihat-lihat dataset yang tersedia, kamu bisa langsung saja pergi ke situs penyedia dataset untuk berbagai keperluan, termasuk machine learning. MinDi bakal berikan beberapa sumber populer di bahasan selanjutnya.

2. Pilih Format Data ML yang Sesuai

Setelah menemukan hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan kamu, pastikan kamu memilih data yang mempunyai format sesuai dengan proyek machine learning kamu.

Pemilihan format yang tepat dapat mempengaruhi algoritma ML kamu, dan format yang berbeda biasanya cocok untuk tipe data yang berbeda pula. Misalnya, format data CSV lebih cocok untuk keperluan dengan data tabel, sedangkan JSON dan XML lebih cocok untuk struktur data yang lebih kompleks dan memiliki hierarki tertentu.

3. Download Data ML

Kalau kamu sudah menemukan data yang sesuai dengan semua kebutuhan kamu, jangan ragu untuk langsung mengunduhnya dan menyimpannya dalam komputer kamu.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa sumber menyediakan dataset secara gratis, dan ada pula beberapa sumber yang membutuhkan kamu membuat akun, bahkan berbayar.

4. Lakukan Tahap Pre-Processing pada Data

Umumnya, data yang kamu download dari internet adalah berupa data mentah. Data mentah tentu saja perlu kamu saring dan dilakukan pemrosesan awal sebelum bisa digunakan dalam proyek.

Gunakan perangkat yang sesuai untuk pre-processing data. Python juga biasanya cukup untuk tahap ini.

5. Muat Data pada Perangkat ML

Simpan data yang sudah kamu olah ke dalam direktori tempat kamu menyimpan data. Pastikan format data masih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah data sudah diolah, langkah terakhir adalah memuatnya pada perangkat atau platform machine learning kamu. Sekarang, kamu sudah siap mengolah dataset yang kamu download untuk proyek machine learning kamu!



Sumber Populer Mencari Dataset ML

Seperti yang MinDi jelaskan tadi, bahwa ada beberapa sumber yang populer buat kamu mencari dan mendownload data ML di internet. Berikut adalah beberapa contohnya.




Kaggle

Kaggle adalah salah satu sumber terbaik yang menyediakan berbagai dataset untuk keperluan data science dan machine learning. Di Kaggle, kamu dapat mencari dataset berdasarkan tag yang kamu tulis. Kaggle juga punya kebebasan buat kamu menentukan ukuran file dan jenis file yang kamu butuhkan, seperti CSV, JSON, dan lain-lain.

Kaggle punya sistem rating data, untuk memastikan bahwa dataset yang tersedia memiliki kualitas yang bagus.

UCI Machine Learning Repository

UC Irvine (UCI) Machine Learning Repository adalah sumber yang cukup populer di kalangan komunitas machine learning. Kamu bisa mencari dataset dengan keyword yang kamu masukkan. Kamu juga dapat memfilter dataset berdasarkan jenis data, tipe data, dan bahkan tasks yang spesifik, seperti regression, classification, dan clustering.

Google Dataset Search Engine

Lebih umum lagi, Google Dataset Search Engine adalah mesin pencari yang memungkinkan kamu mencari dataset dari berbagai sumber di internet. Jadi, biar pencarian dataset kamu lebih bagus, kamu tidak perlu menggunakan mesin pencari Google yang biasa, melainkan Google Dataset Search Engine.

Kamu tinggal menuliskan keyword di mesin pencari, dan Google Dataset Search Engine akan memberikan beberapa list yang sesuai dengan query tersebut.

Dataset Pemerintah

Kalau kamu memerlukan dataset yang lebih riil serta digunakan dan dikoleksi oleh pemerintah, kamu bisa mencarinya di data.go.id. Ada banyak data yang tersedia dari berbagai departemen pemerintahan, jadi kamu bisa menyesuaikannya tergantung tujuan proyek kamu.

Belajar Machine Learning

Sebagai seorang data scientist, memiliki pemahaman yang mendalam tentang machine learning adalah sebuah keharusan. ML dapat sangat membantu dalam kamu menarik informasi dari data dan mengelola data itu sendiri.

Kalau kamu mau belajar machine learning, dengan kurikulum yang teratur dan jelas, ada Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id.

Bootcamp ini sudah punya silabus yang relevan, jadi pembelajaran data science dan machine learning kamu pasti tepat guna!

Makanya, ayo belajar machine learning bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!