dibimbing.id - 8 Rekomendasi Plugin Wajib WordPress untuk SEO

8 Rekomendasi Plugin Wajib WordPress untuk SEO

Muhammad Fazer Mileneo

•

04 September 2023

•

794

Image Banner

Pernahkah Sobat MinDi merasa bingung saat mencari plugin wajib WordPress untuk SEO yang sesuai dengan kebutuhan situs web? 

Dalam dalam artikel ini, MinDi akan membahas dengan lengkap dan sistematis beberapa rekomendasi plugin WordPress terbaik yang dapat membantu Sobat MinDi meningkatkan kinerja dan fungsionalitas situs web. 


Apa Itu Plugin WordPress?

Sebelum kita mulai menggali lebih dalam tentang rekomendasi plugin WordPress, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu plugin.

Dalam konteks ini, plugin dapat diartikan sebagai ekstensi kecil yang memperluas fungsionalitas inti dari platform WordPress. Ini memungkinkan pengguna, seperti Sobat MinDi, untuk menambahkan fitur-fitur khusus tanpa harus mengutak-atik kode dasar situs.

Dengan kata lain, ibaratnya plugin merupakan alat dari platform WordPress, memberikan fitur-fitur tambahan yang dapat mengubah situs sederhana menjadi mesin lalu lintas yang kuat dan menarik.

Selain plugin, tentunya perlu juga penguasaan berbagai teknik penerapan SEO lain untuk mengoptimasi situs web Sobat MinDi.

Untuk mendalami hal ini, ada baiknya sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.

Pembelajaran praktis melalui project yang relevan di industri juga akan didapatkan selama bootcamp, termasuk juga proyek untuk SEO.




Cara Install Plugin WordPress

Langkah pertama untuk memanfaatkan plugin WordPress adalah menginstalnya. Caranya sangat sederhana. Sobat MinDi hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Dashboard WordPress: Setelah login ke dashboard, arahkan kursor ke menu "Plugin" di sebelah kiri, lalu pilih "Tambah Baru".

  • Cari Plugin: Sobat MinDi dapat mencari plugin berdasarkan nama atau kata kunci tertentu di kolom pencarian.

  • Pilih Plugin yang Diinginkan: Temukan plugin yang sesuai dari hasil pencarian, lalu klik tombol "Pasang Sekarang".

  • Aktifkan Plugin: Setelah proses pemasangan selesai, klik tombol "Aktifkan" untuk mengaktifkan plugin.

Dengan langkah-langkah di atas, Sobat MinDi sudah siap untuk mengoptimalkan situs dengan berbagai rekomendasi plugin WordPress berikut!


Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik untuk SEO


Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik untuk SEO | Justin Morgan (Unsplash)Jika Sobat MinDi ingin mengoptimalkan situs WordPress agar lebih ramah mesin pencari, SEO (Search Engine Optimization) merupakan kunci untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian.

Berikut adalah tujuh rekomendasi plugin WordPress terbaik yang dapat membantu Sobat MinDi mencapai tujuan SEO:

  1. Yoast SEO: Mengoptimalkan Konten dengan Mudah

Yoast SEO adalah salah satu sitemap plugin for WordPress paling populer untuk mengoptimalkan konten Sobat MinDi agar lebih ramah mesin pencari.

Dengan analisis mendalam tentang kata kunci, tautan internal, dan meta deskripsi, plugin ini memberikan panduan langkah demi langkah untuk meningkatkan peringkat SEO.

  1. Rank Math: Solusi SEO Komprehensif dalam Satu Paket

Rank Math adalah plugin SEO all-in-one yang menawarkan alat-alat kuat untuk meningkatkan SEO situs Sobat MinDi.

Dari analisis kata kunci hingga penilaian konten, Rank Math memungkinkan Sobat MinDi mengoptimalkan setiap aspek situs dengan mudah.

  1. SEOPress: Kontrol Penuh atas Pengaturan SEO

SEOPress adalah plugin lain yang memungkinkan Sobat MinDi memiliki kontrol penuh atas pengaturan SEO situs.

Dari optimasi gambar hingga analisis tautan rusak, SEOPress memberikan alat yang diperlukan untuk memperbaiki dan meningkatkan SEO.

  1. All in One SEO Pack: Pengaturan SEO yang Sederhana dan Efektif

Seperti namanya, All in One SEO Pack adalah solusi lengkap untuk pengaturan SEO situs Sobat MinDi.

Dengan tampilan yang mudah digunakan, plugin ini menyediakan alat untuk mengatur judul halaman, meta deskripsi, dan banyak lagi dengan cepat dan efisien.

  1. Schema Pro: Meningkatkan Penampilan Hasil Pencarian

Schema Pro adalah plugin yang membantu Sobat MinDi mengimplementasikan markup skema pada situs. Markup skema membantu mesin pencari memahami konten situs dengan lebih baik, yang dapat berdampak positif pada penampilan hasil pencarian.

  1. Broken Link Checker: Mengatasi Tautan Rusak dengan Cepat

Tautan rusak tidak hanya mengganggu pengguna, tetapi juga dapat merugikan SEO Sobat MinDi.

Broken Link Checker adalah plugin yang secara otomatis memeriksa tautan rusak di situs dan memberi tahu Sobat MinDi agar dapat memperbaikinya dengan cepat.

  1. WP Super Cache: Mempercepat Waktu Muat Halaman

Kecepatan muat halaman adalah faktor penting dalam SEO. WP Super Cache adalah plugin caching yang membantu meningkatkan waktu muat halaman dengan menyimpan versi statis dari halaman.

Ini membantu Sobat MinDi memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendapatkan nilai SEO yang lebih baik.

  1. Elementor

Elementor dapat membuat tampilan yang lebih menarik dan ramah pengguna, serta memastikan situs lebih responsif di berbagai perangkat.

Meskipun Elementor tidak secara langsung mempengaruhi aspek SEO seperti kata kunci atau tautan, tampilan yang baik dan pengalaman pengguna yang positif dapat membantu dalam meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian.

Sekali lagi, tentunya menambah ilmu dan pengalaman seperti dengan mengikuti bootcamp akan sangat membantu kalau memang kamu mau terjun ke dunia digital marketing dan SEO. 

Bahkan, 89% peserta bootcamp dari dibimbing.id sudah berhasil mendapatkan pekerjaan dari perusahaan mitra tak lama setelah selesai mengikuti bootcamp. Sebab, memang para peserta sudah memiliki kemampuan serta portofolio yang dapat membantu ketika mencari pekerjaan, khususnya di bidang SEO.

Sekian artikel dari MinDi mengenai plugin wajib WordPress untuk SEO. Jadi, ayo segera mendaftar untuk memulai perjalanan Sobat MinDi sebagai ahli SEO!

 

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!