Blog

/

Digital Marketing

/

Unique Selling Point: Definisi, Contoh, & Cara Tentukannya

Unique Selling Point: Definisi, Contoh, & Cara Tentukannya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

03 April 2024

51

Image Banner

Unique selling point adalah salah satu konsep yang menggambarkan bagaimana sebuah bisnis menonjol dibandingkan kompetitornya. USP bukan hanya menggambarkan keunikan produk, tapi juga tentang mengapa hal itu penting bagi pelanggan.


Untuk membantu kamu memahami ini lebih dalam lagi, MinDi sudah siapkan pembahasannya. Tertarik untuk mempelajarinya? Baca artikel ini sampai habis ya!



Apa yang Dimaksud dengan Unique Selling Point?



Unique selling point adalah faktor atau karakteristik yang membedakan produk, layanan, atau merek dari pesaing. USP adalah alasan spesifik yang membuat bisnis atau tawaranmu lebih menarik dibandingkan dengan pilihan lain di pasar. 


USP bisa berupa aspek apa pun yang dianggap penting dan berbeda. Mulai dari kualitas produk, inovasi, hingga layanan pelanggan atau harga yang baik dan kompetitif.


Tujuan dari USP adalah untuk menciptakan proposisi nilai yang jelas dan meyakinkan bisnismu adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan pesaing. Ini tidak hanya membantu dalam menarik pelanggan baru tetapi juga dalam mempertahankan konsumen yang ada.


Dalam banyak kasus, USP menjadi inti dari strategi pemasaran merek. Hal ini membantu membentuk pesan iklan, penempatan produk, dan inisiatif penjualan.



Kenapa Unique Selling Point Itu Penting?


Unique selling point adalah hal penting karena membantu bisnis menonjol di pasar yang sangat kompetitif. Berikut adalah beberapa alasan mengapa USP itu penting:



Baca Juga: Mau Promosi Produk? Ikuti Cara Efektif Pemasaran Media Sosial




Contoh Unique Selling Point


Berikut adalah beberapa contoh Unique Selling Point (USP) dari berbagai merek dan industri:



Setiap contoh di atas menunjukkan bagaimana bisnis dapat menggunakan USP untuk menonjol di pasar. Mereka menarik dan mempertahankan pelanggan dengan menawarkan sesuatu yang unik dan bernilai yang tidak dapat diberikan oleh pesaing.



Bagaimana Cara Menentukan Unique Selling Point Suatu Produk?


Menentukan unique selling point suatu produk melibatkan proses untuk mengidentifikasi apa yang membuat produk berbeda dan lebih diinginkan dibandingkan dengan pesaing. Berikut langkah-langkah untuk menentukan USP produk:


1. Kenali Target Pasar


Mulailah dengan memahami siapa target pasarmu. Ketahui apa yang mereka butuhkan, sukai, dan masalah yang dihadapi dan dapat dipecahkan oleh produkmu.



2. Analisis Kompetitior


Lihat pesaing bisnismu dan penawaran mereka. Catat apa yang mereka tawarkan dan identifikasi area di mana produkmu dapat menawarkan sesuatu yang berbeda atau lebih baik.



3. Identifikasi Keunggulan Produk


Buat daftar untuk semua fitur, manfaat, dan aspek produkmu. Fokus pada aspek-aspek unik atau superior dibandingkan dengan apa yang ditawarkan pesaing.



4. Hubungkan dengan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan


Cocokkan keunggulan produk dengan apa yang paling dihargai oleh target pasar. USP produkmu harus menyelesaikan masalah spesifik atau memenuhi keinginan mereka dengan cara yang unik.



5. Sederhanakan Pesan USP

Buat proposisi nilai yang jelas dan ringkas untuk mengkomunikasikan USP produkmu. Pesan ini harus mudah dipahami dan diingat oleh target pasar bisnismu.


Baca Juga: 7 Trend Terbaru Performance Marketing Untuk Strategi Pemasaran



6. Uji Pesan dan Dapatkan Masukan


Uji pesan USP dengan segmen target pasarmu melalui survei, wawancara, atau tes fokus grup. Gunakan umpan balik ini untuk menyempurnakan USP.



7. Integrasikan USP ke Semua Aspek Pemasaran


Pastikan USP terintegrasi ke dalam semua materi pemasaran, dari situs web hingga iklan dan kemasan produk. Ini harus menjadi inti dari pesan merek.



8. Evaluasi dan Sesuaikan


Pasar dan preferensi konsumen terus berubah. Evaluasi secara teratur USP dan sesuaikan jika perlu untuk memastikan tetap relevan dan resonan dengan target pasarmu.



Demikian pembahasan lengkap mengenai unique selling point yang bisa kamu terapkan di bisnismu. Dengan menonjolkan apa yang membuat produkmu unik, kamu bisa ciptakan fondasi kuat untuk strategi pemasaran bisnismu.Hal tersebut akan menciptakan loyalitas pelanggan jangka panjang. 


Setelah menetapkan USP, jangan lupa untuk mulai buat strategi pemasaran. Untuk membuat strategi pemasaran yang efektif, kamu bisa Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.


Kamu bisa belajar berbagai metode pemasaran digital di sini. Selain itu, pembelajarannya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, ini cocok banget buat para pemula atau career-switcher.


Jadi, jangan tunda-tunda lagi! Segera daftarkan dirimu dan tingkatkan karirmu dengan belajar digital marketing di Dibimbing.id!


Bootcamp Digital Marketing

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

A writer with a passion for linguistics and crafting words into interesting writing. Explore my writing and share your thoughts on it.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

10 August 2022