15 Tips Sukses Persiapan Karier: Jobseeker Wajib Tahu!

Anisa Fitri Maulida

05 December 2023

7564

Image Banner

Sobat MinDi! Apakah kamu sedang berada di fase mencari karier atau sedang mempersiapkan diri untuk dunia kerja? Artikel ini tepat buat kamu! MinDi akan membahas 15 tips sukses persiapan karier yang wajib kamu tahu. Baik kamu fresh graduate atau sedang mencari perubahan karier, tips ini akan sangat berguna. Yuk, simak bersama!


15 Tips Sukses Persiapan Karier


Memiliki karier yang sukses adalah impian bagi semua orang. Dibalik semua itu, tentu dibutuhkan persiapan yang matang dan efektif. Supaya kamu bisa mempersiapkannya dengan baik, maka MinDi akan memberikan 15 tips sukses persiapan karier:


1. Kenali Passion dan Kemampuanmu


Mengenal diri sendiri adalah langkah awal yang penting. Apa yang kamu suka dan apa yang kamu kuasai? Keselarasan antara passion dan skill akan membawa kepuasan dalam berkarier.


2. Tetapkan Tujuan Karier yang Jelas


Punya tujuan karier yang spesifik akan memudahkan dalam membuat keputusan. Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam 5 hingga 10 tahun ke depan.


3. Bangun Jaringan Profesional


Networking sangat penting. Bangun koneksimu melalui LinkedIn, acara networking atau melalui rekan kerja.


4. Asah Kemampuan Soft Skill


Soft skill seperti komunikasi, kerjasama tim, dan kemampuan adaptasi sangat dicari oleh perusahaan.


5. Tingkatkan Hard Skill yang Relevan


Pelajari dan kuasai hard skill yang relevan dengan bidang karier yang kamu minati


6. Buat CV dan Surat Lamaran yang Menarik


CV adalah representasi dirimu. Buatlah semenarik mungkin dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.


7. Persiapkan Diri untuk Wawancara


Latih kemampuan wawancaramu. Pahami jenis-jenis pertanyaan yang sering diajukan dan siapkan jawabannya.


8. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Portofolio


Gunakan media sosialmu untuk membangun personal brand yang profesional.


9. Ikuti Kursus atau Pelatihan


Kursus atau pelatihan bisa meningkatkan kompetensimu dan menambah nilai di mata perekrut.


10. Jangan Takut Gagal


Gagal adalah bagian dari proses. Jangan takut untuk mencoba dan belajar dari kesalahan.


11. Baca dan Ikuti Perkembangan Industri


Mengetahui tren dan perkembangan terbaru di industri terkait akan membuatmu selangkah lebih maju.


12. Lakukan Magang atau Volunteer


Pengalaman magang atau volunteer sangat berharga untuk menambah pengalamanmu.


13. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik


Kesehatan mental dan fisik yang baik akan mendukung performamu dalam berkarier.


14. Atur Keuangan dengan Bijak


Mengelola keuangan dengan baik adalah skill yang akan sangat berguna ketika kamu sudah bekerja. Karena pada saat kamu bekerja, biasanya kamu tidak akan dapat gaji yang besar. Jangan sampai uang gaji habis duluan karena kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik.


15. Tetap Positif dan Terbuka dengan Peluang


Sikap positif dan terbuka dengan peluang baru akan membawa banyak kesempatan bagimu. Misalnya, mendapat pekerjaan yang mudah, promosi dengan cepat, dan lain sebagainya.


Baca Juga: Cara Membuat CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate


Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan, untuk mewujudkan persiapan karier yang sukses. Dengan persiapan karier tersebut, tentu kamu akan mendapat banyak keuntungan. Bisa tebak apa saja?


Lakukan Ini Ketika Kamu Kesulitan Menyiapkan Karier


Mempersiapkan karier bisa menjadi tantangan, terutama ketika kamu merasa tersesat atau tidak yakin dengan langkah selanjutnya. Jika kamu menemui kesulitan dalam menyiapkan karier, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:


1. Evaluasi Ulang Tujuan Kariermu


Terkadang, kamu perlu mengambil langkah mundur untuk melihat gambaran yang lebih besar. Evaluasi kembali apa yang sebenarnya ingin kamu capai dalam kariermu. Apakah tujuanmu masih relevan? Apakah ada hal baru yang ingin kamu jelajahi?


2. Cari Sumber Inspirasi


Baca buku, dengarkan podcast atau tonton video yang bisa memberikanmu inspirasi dan ide baru tentang karier. Terkadang, sumber inspirasi bisa datang dari tempat yang tidak terduga.


3. Minta Saran dari Mentor atau Profesional di Bidangmu


Berbicara dengan seseorang yang lebih berpengalaman bisa memberikanmu perspektif baru. Mereka bisa memberikan saran praktis berdasarkan pengalaman mereka sendiri.


Namun, jika kamu belum memiliki mentor untuk membantu proses persiapan karier ini. Maka, MinDi bisa sarankan kamu untuk daftar program Career Preparation. Di sana, kamu akan dipandu oleh mentor dan dibantu oleh fasilitator untuk mempersiapkan diri untuk melamar posisi kerja impian.


Kamu bisa mengikuti pelatihan skill, mendapat kesempatan untuk review CV dan LinkedIn, dan mengikuti latihan tes psikotes. 


4. Ikuti Workshop atau Seminar


Mengikuti workshop atau seminar tidak hanya menambah pengetahuanmu, tapi juga bisa membuka peluang untuk bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin bisa membantumu dalam karier.


5. Bergabung dengan Komunitas atau Grup Diskusi Profesional


Komunitas atau grup diskusi bisa menjadi sumber dukungan dan informasi yang berguna. Kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain dan mendapatkan motivasi.


6. Buat Rencana Tindakan yang Konkret


Tulis langkah-langkah spesifik yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kesulitanmu. Misalnya, jika kamu kesulitan mendapatkan pekerjaan, rencanakan untuk meningkatkan skill tertentu atau memperluas jaringanmu.


7. Manfaatkan Layanan Karier


Banyak universitas atau lembaga profesional yang menawarkan layanan konsultasi karier. Mereka bisa memberikan saran praktis, mulai dari penyusunan CV hingga strategi mencari pekerjaan.


8. Bersikap Fleksibel dan Terbuka terhadap Peluang Baru


Kadang, peluang karier bisa datang dari arah yang tidak kamu duga. Jadi, bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap kemungkinan baru.


9. Jaga Kesehatan Mental dan Fisikmu


Ketika kamu merasa stres atau kewalahan, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisikmu. Lakukan aktivitas yang membuatmu rileks dan beristirahatlah cukup.


10. Jangan Takut untuk Memulai dari Awal


Jika perlu, jangan ragu untuk memulai dari awal atau mengubah jalur kariermu. Ingat, setiap langkah, meski terlihat kecil, adalah bagian dari perjalanan kariermu.


Sobat MinDi harus ingat! Setiap orang, memiliki jalannya masing-masing dalam kariernya. Jangan bandingkan perjalananmu dengan orang lain. Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Selain menerapkan tips sukses persiapan karier, jangan lupa cari bantuan jika merasa kesulitan. Salah satunya dengan ikuti Career Preparation. Sukses selalu, Sobat MinDi!





Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved