dibimbing.id - Tips Meningkatkan Domain Authority Website

Tips Meningkatkan Domain Authority Website

Nadia L Kamila

08 October 2023

3246

Image Banner
Kali ini MinDi akan membahas tips meningkatkan domain authority website. Dalam dunia digital, terutama ketika berbicara tentang SEO, Domain Authority (DA) menjadi salah satu faktor yang sering diperhatikan. 

Domain authority sendiri menjadi salah satu indikator untuk menentukan bahwa domain yang dimiliki memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari. Lalu bagaimana cara meningkatkan domain authority dari sebuah website? 


Apa Itu Domain Authority?


Sebelum membahas lebih jauh tentang baimana tips meningkatkan domain authority website, kenalan dulu yuk tentang apa sih domain authority itu? 

Domain Authority (DA) adalah semacam "nilai rapor" untuk website yang kamu miliki di dunia digital. DA diciptakan oleh Moz, sebuah perusahaan spesialis SEO.

DA memberi skor antara 0 hingga 100 untuk menunjukkan seberapa kuat dan populer suatu website di mata mesin pencari. Semakin tinggi skor DA, maka semakin baik posisi sebuah website untuk ditampilkan pada hasil pencarian. 

Mesin pencari sendiri memberikan peringkat atas dalam pencarian kepada website dengan mengecek beberapa faktor seperti:


1. Aged Domain


Domain yang sudah ada dan aktif dalam waktu lama cenderung memiliki nilai DA yang lebih tinggi. Ini karena domain yang sudah lama menunjukkan bahwa pengelolanya konsisten dalam merawatnya.


2. Popularitas Domain


Selain berapa lama domain, seberapa terkenal domain tersebut juga penting. Cara paling mudah menilai popularitas adalah dengan melihat berapa banyak situs berkualitas yang memberi backlink ke situs milikmu.


3. Ukuran Domain

Maksudnya adalah seberapa banyak konten yang sudah kamu miliki. Lebih banyak artikel atau postingan yang ditambahkan menandakan domain semakin "kaya" konten. Tapi pastikan juga setiap tulisan yang ada bagus di mata mesin pencari. 

Kalau kamu tertarik dengan bahasan ini dan ingin belajar lebih mendalam tentang domain authority, SEO, dan digital marketing, kamu bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.

Ada puluhan kelas yang bisa kamu ikuti dan juga praktek langsung setiap selesai kelas bersama mentor yang berpengalaman. Langsung klik di sini ya!


Mengapa Domain Authority Penting?

Jika domain authority diibaratkan sebagai “rapor”, memangnya apa yang dilaporkan dari domain authority ini sehingga membuatnya begitu penting?


1. Ukuran Prestasi

Seperti nilai rapor di sekolah, DA menunjukkan seberapa berprestasi website kamu di mata mesin pencari seperti Google. Semakin tinggi nilai DA, maka kualitas situs dianggap semakin baik.


2. Peringkat Pencarian

Website dengan DA yang tinggi cenderung mendapatkan posisi yang lebih baik di hasil pencarian. Ketika seseorang mencari informasi di Google, situs dengan DA tinggi punya kemungkinan besar untuk muncul di halaman pertama.


3. Kepercayaan dan Kredibilitas

Website dengan DA yang tinggi sering dianggap lebih tepercaya dan kredibel. Sama seperti murid dengan nilai rapor bagus di sekolah; mereka dianggap pandai dan bisa diandalkan.


4. Target Iklan & Kerjasama

Jika kamu memiliki bisnis, DA yang tinggi bisa menarik perhatian pengiklan atau merek lain untuk bekerja sama. Mereka melihat websitemu sebagai platform yang berkualitas dan memiliki pengaruh.

Jadi, singkatnya, DA itu penting karena bisa menjadi tolak ukur seberapa baik, tepercaya, dan berpengaruh sebuah website di dunia digital.


Apa Saja Tips Meningkatkan Domain Authority Website?

Nah, kali ini MinDi akan bocorin spesial buat kamu apa saja sih tips meningkatkan domain authority website supaya nilainya tinggi? Simak baik-baik ya!


1. Pilih Keyword yang Tepat

Memilih keyword yang tepat ibarat memilih lokasi yang strategis untuk sebuah toko. Jika tokomu berada di lokasi ramai, akan ada banyak orang akan mengunjunginya. Demikian pula dengan keyword. 

Saat kamu memilih keyword yang tepat, websitemu akan muncul pada saat banyak orang mencarinya di internet. Ini meningkatkan visibilitas, menarik lebih banyak pengunjung, dan secara otomatis meningkatkan Domain Authority (DA).

Jadi, keyword yang tepat akan menjadi jembatan antara website yang kamu punya dengan pencarian populer di internet.


2. Rutin Upload Konten Berkualitas

Pastikan konten yang kamu buat bermanfaat, relevan, dan berkualitas. Konten yang baik akan mampu menarik pengunjung dan mendapatkan backlink secara alami.

Kemudian, jangan lupa untuk selalu rutin memperbarui konten agar tetap relevan dan mengikuti perkembangan terbaru. Kamu bisa mendaur ulang konten lama dan mengemasnya kembali tanpa harus membuat dari awal lagi.


3. Dapatkan Backlink Berkualitas

Tips meningkatkan domain authority website yang paling utama adalah jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke website. Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink. 

Tapi cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang menarik sehingga membuat orang tertarik untuk share di media sosial mereka.

Cara terbaik kedua adalah dengan berpartisipasi dalam guest posting di blog atau website lain yang relevan dengan niche websitemu.


4. Sertakan Internal Link

Internal link adalah tautan yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya di website yang sama. Kamu bisa bayangkan sebagai mall,  semakin mudah pengunjung berpindah dari satu toko ke toko lain, semakin lama mereka berada di dalam. 

Internal link membantu pengunjung menjelajahi lebih banyak kontenmmu yang akhirnya membuat mereka tetap stay lebih lama di website. Hal ini akan memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa situs websitemu terstruktur dengan baik. 

Semua ini berkontribusi meningkatkan Domain Authority (DA) dari website yang kamu miliki. .


5. Tingkatkan Kecepatan Muat Halaman

Meningkatkan kecepatan halaman sama dengan mempersingkat waktu tunggu di sebuah restoran. Jika makanan disajikan cepat, pelanggan akan puas dan ingin kembali. 

Demikian juga dengan website. Jika halamannya cepat dimuat, pengunjung akan merasa nyaman dan cenderung menjelajahi lebih banyak. Mesin pencari seperti Google mengetahui hal ini dan lebih menghargai situs yang terbuka dengan cepat. 


6. Pastikan Website sudah Mobile Friendly

Berdasarkan riset, lebih dari 80% masyarakat Indonesia mengakses internet menggunakan handphone. Jika sebuah website ramah mobile atau responsif saat dibuka dari handphone, maka pengunjung akan merasa nyaman. 

Mereka akan menghabiskan waktu lebih lama dan menjelajahi lebih banyak halaman. Mesin pencari seperti Google juga telah mengakui bahwa mereka memberikan prioritas kepada situs yang ramah mobile.


7. Pasang Sitemap

Sitemap bisa diibaratkan sebagai peta untuk sebuah taman hiburan. Tanpa peta, pengunjung mungkin akan kesulitan menemukan wahana tertentu. Demikian pula dengan mesin pencari seperti Google. 

Dengan adanya sitemap, mesin pencari dapat dengan mudah memahami struktur dan konten website. Struktur ini memudahkan mereka untuk mengindeks setiap halaman dengan lebih efisien. 

Situs yang terstruktur dengan baik dan mudah terindeks oleh mesin pencari cenderung memiliki Domain Authority (DA) yang lebih tinggi. Jadi pastikan situsmu sudah memiliki sitemap ya.


8. Aktif di Media Sosial

Aktif di media sosial memungkinkan konten yang kamu buat bisa lebih banyak dilihat dan dibagikan oleh pengguna. Setiap kali kontenmu dibagikan, maka potensi untuk mendapatkan tautan balik atau backlink dari situs lain meningkat. 

Tautan balik berkualitas adalah salah satu faktor yang meningkatkan Domain Authority (DA). Selain itu, keaktifan di media sosial menunjukkan kepada mesin pencari bahwa websitemu relevan dan selalu diperbarui.


9. Optimasi SEO On Page

Untuk meningkatkan Domain Authority (DA), optimasi SEO on-page memastikan konten berkualitas, struktur URL yang rapi, tag judul dan deskripsi yang relevan, serta kecepatan situs yang optimal. 

Saat halaman situs dioptimalkan dengan baik, backlink berkualitas lebih mudah diperoleh karena kontenmu dianggap bernilai. Backlink berkualitas ini akan meningkatkan DA, memberikan otoritas lebih pada domain milikmu di mata mesin pencari.


10. Optimasi SEO Off Page

Optimasi SEO off-page berkaitan dengan aktivitas di luar situs untuk memperkuat reputasi dan otoritasnya. Untuk meningkatkan Domain Authority (DA), fokus utama adalah memperoleh backlink berkualitas dari situs lain yang relevan dan memiliki otoritas tinggi. 

Semakin banyak situs berkualitas yang menautkan ke situs website, semakin tinggi otoritas domain di mata mesin pencari. Selain backlink, kehadiran di media sosial dan ulasan positif juga berperan dalam memperkuat reputasi dan meningkatkan DA situs website.


11. Optimasi Technical SEO

Optimasi Technical SEO fokus pada peningkatan struktur dan kinerja situs. Dalam konteks Domain Authority (DA), situs yang cepat, mudah diakses oleh mesin pencari, dan responsif di berbagai perangkat memudahkan pengindeksan. 

Sitemap yang jelas dan struktur URL yang rapi meningkatkan pengalaman pengguna dan mesin pencari. Dengan pondasi teknis yang kuat, situs website lebih mungkin mendapatkan backlink berkualitas karena dianggap profesional dan user-friendly, yang pada akhirnya meningkatkan DA.

Demikian sebelas tips meningkatkan domain authority website yang bisa Sobat MinDi terapkan agar nilai website bisa meningkat di mata mesin pencari. 

Untuk mendalami lebih jauh tentang dunia SEO dan digital marketing MinDi punya program Bootcamp Digital Marketing yang bisa Sobat MinDi ikuti. 

Program bootcamp ini bisa kamu ikuti meski kamu sedang kerja atau kuliah, karena diadakan setiap akhir pekan. Setelah belajar selama 6 bulan, kamu akan mendapat kelas karir dan berkesempatan dapat pekerjaan dari perusahaan partner Dibimbing.

Tunggu apa lagi, langsung booking kelasnya di sini yuk!

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!