12 Strategi Networking Untuk Karier yang Perlu Jobseeker Terapkan

Anisa Fitri Maulida

06 December 2023

632

Image Banner
Dalam dunia kerja saat ini, networking bukan hanya sekedar membangun koneksi, tapi juga sebuah kunci penting dalam mengembangkan karier. Tapi, bagaimana sih caranya membangun networking yang efektif? Yuk, kita simak 12 strategi networking untuk karier yang bisa kamu terapkan!


12 Strategi Networking Untuk Karier


Bagi beberapa orang, membangun networking adalah hal yang sulit. Jika kamu merasa demikian, jangan khawatir! Karena, MinDi akan memberikan strategi networking untuk karier yang bisa diterapkan oleh para jobseeker khususnya fresh graduate. 


1. Mengetahui Tujuan Networking


Jelasnya tujuan membantu fokus dalam membangun koneksi yang relevan. Apakah untuk mencari pekerjaan, belajar skill baru, atau memperluas relasi.


2. Menghadiri Event dan Seminar


Event dan seminar terkait karier adalah peluang emas untuk bertemu orang-orang baru dan membangun jaringan di bidang yang sama.


3. Aktif di Media Sosial Profesional


Media sosial seperti LinkedIn adalah platform penting untuk networking. Aktif berinteraksi dan berbagi insight penting untuk memperluas jaringan.


4. Membangun Personal Brand


Personal branding yang kuat membuat kamu menonjol dan lebih mudah diingat oleh profesional lain. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk membangun personal branding-mu. LinkedIn bisa jadi media sosial yang tepat, jika kamu ingin membentuk personal branding supaya bisa diterima kerja.


5. Memanfaatkan Alumni Sekolah atau Universitas


Jaringan alumni bisa menjadi sumber networking yang berharga, terutama untuk mencari peluang di bidang yang sama.


6. Ikut serta dalam Komunitas Profesional


Bergabung dengan komunitas atau organisasi profesional membuka banyak peluang untuk bertemu orang baru.


7. Melakukan Volunteer atau Kerja Sosial


Aktivitas sosial dan volunteer sering membuka peluang bertemu dengan berbagai profesional di berbagai bidang.


8. Mencari Mentor


Mentor bisa memberikan pandangan baru, saran, dan bimbingan dalam kariermu. Jika saat ini kamu belum menemukan mentor yang pas, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan Career Preparation dari dibimbing.id.


Selain mendapat mentor yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya, kamu juga bisa mengikuti pelatihan persiapan karier lainnya. Seperti, mengikuti pelatihan pengembangan skill, review CV dan LinkedIn, serta latihan soal psikotest.


9. Ikut serta dalam Acara Networking


Strategi networking untuk karier yang bisa kamu coba selanjutnya adalah menghadiri acara khusus networking. 


Acara khusus networking memberikan kesempatan untuk bertemu banyak profesional dalam waktu yang singkat. Beberapa acara yang bisa kamu datang adalah webinar, pelatihan, launching produk, pameran, dan masih banyak lagi.


10. Menggunakan Kartu Nama Secara Efektif


Kartu nama bisa menjadi alat yang efektif untuk meninggalkan kesan yang baik dan memudahkan orang mengingatmu. Kamu bisa menggunakan kartu nama, dengan cara memberikannya kepada orang yang ingin kamu kenali dengan baik. Biasanya, acara pemberian kartu nama dilakukan saat mengikuti acara penting.


11. Menjadi Aktif di Organisasi atau Asosiasi Profesional


Kegiatan di organisasi atau asosiasi profesional bisa memperluas jaringanmu dan menunjukkan keterampilan serta kompetensimu.


12. Memanfaatkan Platform Online untuk Networking


Situs web dan aplikasi khusus networking profesional bisa mempermudah kamu dalam mencari dan membangun koneksi baru. Dengan mengikuti kelas Career Preparation secara online, kamu bisa membangun networking. 


Strategi-strategi ini akan membantu kamu dalam membangun jaringan yang luas dan efektif, yang bisa sangat berharga dalam pengembangan karier. Dengan pengembangan networking yang efektif, kamu bisa mendapatkan beragam manfaat karier sebagai berikut.


Baca Juga: 5 Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan


Apa Keuntungan Membina Networking Untuk Karier?


Keuntungan membangun dan membina networking untuk karier cukup signifikan dan beragam. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari networking yang efektif:


1. Akses ke Peluang Karier


Networking sering kali membuka akses ke informasi tentang peluang kerja yang mungkin tidak diumumkan secara publik. Melalui jaringanmu, kamu bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, rekomendasi, atau referral.


2. Pertukaran Pengetahuan dan Pengalaman


Dengan berinteraksi dengan berbagai profesional, kamu bisa belajar dari pengalaman dan keahlian mereka. Ini sangat bermanfaat untuk pengembangan pribadi dan profesional.


3. Mendapatkan Bimbingan dan Saran


Melalui networking, kamu dapat menemukan mentor atau pembimbing yang dapat memberikan nasihat berharga terkait karier dan pengembangan diri.


4. Meningkatkan Visibilitas Profesional


Aktif dalam networking memperluas eksposurmu di dunia profesional. Cara seperti ini dapat meningkatkan kesempatanmu untuk dikenali dan diingat oleh rekan-rekan di industri.


5. Memperluas Jaringan Sosial


Networking tidak hanya terbatas pada aspek profesional, tapi juga memperluas jaringan sosialmu yang bisa berdampak positif pada berbagai aspek kehidupanmu.


6. Mendapatkan Akses ke Sumber Daya dan Informasi


Jaringanmu bisa menjadi sumber informasi dan sumber daya yang berharga, seperti rekomendasi untuk pelatihan, konferensi, atau sumber pembelajaran lainnya.


7. Peluang untuk Kolaborasi dan Kemitraan


Networking sering membuka pintu untuk kolaborasi atau kemitraan dalam proyek. Kemitraan tersebut tentunya bisa menjadi cuan bagi kamu, yang bisa memanfaatkan kemitraan tersebut dengan efektif.


8. Penguatan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi


Terlibat dalam aktivitas networking mengasah kemampuan komunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri saat berinteraksi dengan berbagai jenis orang.


9. Dukungan dan Motivasi


Jaringanmu bisa memberikan dukungan emosional dan motivasi, terutama dalam menghadapi tantangan karier atau saat mencari arah baru dalam profesi.


10. Kemampuan untuk Memberikan Kembali


Networking juga memberimu kesempatan untuk memberi kembali, baik dalam bentuk bantuan, saran atau dukungan kepada orang lain di jaringanmu.


Baca Juga: Upgrade Diri dengan Pelatihan Soft Skill Kampus? Intip Caranya Disini!


Inti yang bisa Sobat MinDi tangkap adalah memelihara jaringan yang baik merupakan investasi jangka panjang, yang tidak hanya membantu dalam mencapai tujuan karier. Tapi, juga memberikan dukungan dan sumber daya yang berharga sepanjang perjalanan profesional.


Maka dari itu, strategi networking untuk karier harus benar-benar dilakukan dengan benar agar relasi terjalin. Semakin kuat networking yang bisa kamu bentuk, maka keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. 


Cara untuk mendapatkan networking pun sudah semakin mudah, selain mengikuti kelas seperti Career Preparation, kamu juga bisa menggunakan cara lain baik secara offline maupun online. Semoga kamu bisa mendapat networking yang tepat, Sobat MinDi!





Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved