6 Contoh Pelatihan Mahasiswa yang Berguna di Dunia Kerja!

Coriena Lathifa Dewi

02 August 2023

16627

Image Banner

Sebagai mahasiswa, kamu memiliki banyak kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan di luar kelas kuliah. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan. Ada banyak jenis pelatihan yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa untuk menambah pengalaman, memperdalam pengetahuan, dan mengasah keterampilan.

Pada zaman sekarang, kamu bisa menemukan banyak pelatihan untuk mahasiswa yang bisa diikuti, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kamu juga bisa memilih pelatihan yang berkaitan dengan jurusan studi kamu, atau yang tidak terkait namun menarik minat kamu.

Namun, ingatlah bahwa walaupun pelatihan sangat bermanfaat, kamu juga harus memastikan bahwa kamu masih memiliki waktu untuk belajar dan beristirahat. 

Jangan biarkan pelatihan mengganggu keseimbangan hidupmu sebagai mahasiswa. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, dan pastikan untuk menggunakannya sebaik mungkin.




Pelajari Tips dan Pentingnya Pelatihan untuk Mahasiswa Sebelum Berkarir



Pelatihan untuk mahasiswa sebelum berkarir memiliki berbagai keuntungan yang bisa membantu kamu dalam transisi dari dunia akademis ke dunia profesional. Berikut beberapa alasan mengapa pelatihan tersebut penting:


  1. Meningkatkan Keterampilan Praktis

Pelatihan memberikan kesempatan untuk mahasiswa seperti kamu untuk mengasah keterampilan praktis yang mungkin tidak diajarkan di ruang kelas. Keterampilan ini, seperti komunikasi bisnis, manajemen proyek, atau penguasaan software tertentu, seringkali sangat dicari oleh pemberi kerja.

  1. Mempersiapkan Transisi ke Dunia Kerja

Dunia kerja memiliki tantangan dan tuntutan yang berbeda dengan dunia akademis. Pelatihan bisa membantu kamu memahami dan beradaptasi dengan lingkungan kerja, standar profesional, dan etika kerja.

  1. Membangun Jaringan Profesional

Pelatihan biasanya melibatkan peserta dari berbagai latar belakang dan industri. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk membangun jaringan profesional, yang bisa membantu kamu dalam mencari pekerjaan atau peluang di masa depan.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Pasar kerja saat ini sangat kompetitif. Pelatihan dapat membantu kamu menonjol dari pesaing dengan menunjukkan bahwa kamu telah berinvestasi dalam pengembangan diri dan memiliki keterampilan tambahan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan pelatihan, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan dari kamu di tempat kerja. Ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri saat melamar pekerjaan atau mulai bekerja.


Pelatihan untuk mahasiswa sebelum berkarir dapat menjadi investasi yang berharga untuk masa depanmu. Meskipun memerlukan waktu dan mungkin biaya, manfaat yang kamu dapatkan akan jauh melebihi investasi tersebut. Jadi, pertimbangkanlah untuk mengikuti beberapa pelatihan saat masih menjadi mahasiswa.




Contoh Pelatihan untuk Mahasiswa



Contoh Pelatihan untuk Mahasiswa


Berikut adalah beberapa contoh pelatihan yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa untuk mempersiapkan karir kamu:


  1. Pelatihan Keterampilan Komunikasi

Komunikasi adalah elemen penting dalam dunia kerja. Mengikuti pelatihan ini dapat membantu kamu memahami cara berkomunikasi yang efektif baik secara lisan maupun tertulis. Pelatihan ini biasanya mencakup keterampilan presentasi, negosiasi, dan bahkan komunikasi antarbudaya.

  1. Pelatihan Kepemimpinan

Pelatihan ini sangat penting jika kamu berambisi menjadi seorang pemimpin di masa depan. Pelatihan kepemimpinan dapat membantu kamu memahami berbagai gaya kepemimpinan dan bagaimana menerapkannya dalam situasi yang berbeda.

  1. Pelatihan Digital Marketing

Di era digital saat ini, memahami cara pemasaran digital adalah suatu keharusan. Pelatihan ini akan membantu kamu memahami strategi dan alat pemasaran digital seperti SEO, pemasaran media sosial, dan pemasaran konten.

Nah, buat kamu yang tertarik mengikuti pelatihan digital marketing, kamu bisa mengikuti Studi Independen Dibimbing X Kampus Merdeka topik performance marketing. Klik disini untuk tau lengkapnya!

  1. Pelatihan Manajemen Proyek

Banyak perusahaan mencari kandidat yang dapat mengelola proyek dengan efisien. Pelatihan ini akan membantu kamu memahami berbagai metode dan alat manajemen proyek, serta bagaimana menerapkannya dalam praktik.

  1. Pelatihan Teknologi Informasi

Mengikuti pelatihan dalam bidang teknologi informasi seperti coding, pengembangan web, analisis data, atau cybersecurity dapat menjadi nilai tambah bagi kamu, terlepas dari jurusan yang kamu pilih.

  1. Pelatihan Kewirausahaan

Jika kamu berpikir untuk membuka usaha sendiri setelah lulus, pelatihan ini bisa sangat bermanfaat. Kamu akan belajar tentang perencanaan bisnis, manajemen keuangan, dan strategi pemasaran.


Ingatlah bahwa tidak ada pelatihan yang sia-sia. Semua pelatihan dapat memberikan manfaat untuk pengembangan diri dan karir kamu di masa depan. Yang terpenting adalah kamu memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu.




Tips Memilih Pelatihan untuk Mahasiswa



Memilih pelatihan yang tepat untuk mahasiswa bisa menjadi hal yang menantang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Tentukan Tujuanmu

Sebelum memilih pelatihan, tentukan terlebih dahulu tujuan kamu. Apakah kamu ingin mengembangkan keterampilan yang sudah kamu miliki atau kamu ingin belajar keterampilan baru? Jawaban kamu akan membantu dalam mempersempit pilihan pelatihan.

  1. Pilih Pelatihan yang Relevan

Pilihlah pelatihan yang relevan dengan bidang studi atau karir yang kamu minati. Misalnya, jika kamu mahasiswa jurusan informatika, pelatihan coding atau cybersecurity bisa menjadi pilihan yang baik.

  1. Periksa Kredibilitas Pelatihan

Pastikan pelatihan yang akan kamu ikuti memiliki kredibilitas yang baik. Periksa siapa penyelenggara pelatihan, pengajar, dan apakah mereka memiliki kualifikasi yang sesuai. Baca juga ulasan dari peserta sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas pelatihan.

  1. Perhatikan Biaya dan Waktu

Pastikan pelatihan yang kamu pilih sesuai dengan anggaran dan waktu yang kamu miliki. Ingatlah bahwa pelatihan yang mahal atau memakan waktu lama tidak selalu berarti lebih baik. Banyak pelatihan berkualitas tinggi yang tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah.

  1. Cek Sertifikasi

Jika kamu ingin menambahkan pelatihan ke CV kamu, pilihlah pelatihan yang memberikan sertifikat setelah selesai. Sertifikat ini dapat menjadi bukti bahwa kamu telah menyelesaikan pelatihan dan mempelajari keterampilan tertentu.

  1. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Apakah kamu lebih suka belajar sendiri atau dalam grup? Apakah kamu lebih suka belajar secara online atau offline? Pertimbangkan gaya belajar kamu saat memilih pelatihan.


Memilih pelatihan yang tepat adalah investasi yang penting untuk masa depanmu. Jadi, luangkan waktu untuk melakukan penelitian dan membuat keputusan yang tepat.



Yuk Gabung Studi Independen di Dibimbing!



Pelatihan membantu mahasiswa seperti kamu untuk mempersiapkan masa depan. Banyak perusahaan mencari kandidat yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik, tapi juga keterampilan praktis dan pengalaman yang relevan. 

Buat kamu yang sedang mencari pelatihan gratis, kamu bisa mengikuti program Studi Independen X Kampus Merdeka Dibimbing. Ada tiga program yang bisa kamu pilih, yaitu Performance Marketing, Business Intelligence, dan Data Warehouse.

Program membantu kamu dalam membangun digital skills dan basic skills yang berguna dalam dunia kerja. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti program pelatihan dari Dibimbing.id! Manfaatkan waktu luangmu dengan baik bersama kami sebagai sarana untuk menyiapkan masa depanmu, ayo bergabung bersama kami sekarang!


Share

Author Image

Coriena Lathifa Dewi

Seorang lulusan Psikologi yang juga memiliki ketertarikan dalam bidang menulis

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!