Simak 15 Pekerjaan untuk Introvert dengan Gaji yang Besar

Muthiatur Rohmah

•

11 January 2024

•

325

Image Banner

Memilih pekerjaan bukanlah hal yang mudah, kita harus memilih sesuai dengan kemampuan, skill dan kepribadian kita.

Memilih pekerjaan berdasarkan kepribadian merupakan hal yang bijak, pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian akan dapat dijalani dengan nyaman dan senang. Namun kita harus tetap memperhitungkan besaran gaji yang didapat sesuai dengan keadaan dan skill yang kita miliki.

Sobat MinDi seorang introvert? Yuk simak rekomendasi MinDi terkait pekerjaan yang cocok untuk introvert dan memiliki gaji yang besar!


15 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert dengan Gaji Besar


Pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah pekerjaan yang memberikan lingkungan kerja yang sesuai dengan karakteristik kepribadian introvert. 

Orang introvert cenderung mendapatkan energi dari waktu sendirian, merasa terlalu banyak interaksi sosial dapat menjadi melelahkan, dan lebih suka merenung sebelum berbicara atau bertindak.

Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya melibatkan lingkungan kerja yang lebih tenang, sedikit berinteraksi dengan orang, dan melibatkan pekerjaan secara mandiri. 

Namun jangan salah, meskipun pekerjaan yang cocok untuk introvert melibatkan sedikit interaksi dengan orang lain, ternyata banyak yang memiliki gaji yang besar.

Yuk simak rekomendasi pekerjaan introvert dengan gaji besar versi MinDi berikut ini!


1. Akuntan


Akuntan bertanggung jawab untuk mengelola dan menganalisis keuangan perusahaan atau individu. Pekerjaan ini seringkali membutuhkan pemahaman mendalam tentang aturan dan regulasi pajak.

Akuntan dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim kecil, dan pekerjaan ini sering kali memberikan fleksibilitas dalam hal waktu kerja, sehingga pekerjaan seorang akuntan cocok untuk kepribadian introvert.

Gaji akuntan biasanya cukup kompetitif, akuntan entry-level dapat memiliki gaji sekitar Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan. Akuntan dengan pengalaman dan sertifikasi tertentu mungkin mendapatkan gaji lebih tinggi, berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 15 juta per bulan atau lebih.


2. Aktuaris


Aktuaris adalah seorang analyst keuangan yang menggunakan matematika, statistik, dan analisis risiko untuk menilai dan mengelola risiko keuangan dalam asuransi dan keuangan.

Pekerjaan ini melibatkan banyak analisis data dan pemodelan statistik, dan sebagian besar pekerjaan dapat dilakukan secara mandiri. Gaji aktuaris cenderung tinggi karena tingginya tingkat spesialisasi dan keahlian yang diperlukan.

Gaji aktuaris di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada pengalaman dan sertifikasi. Sebagai perkiraan, aktuaris entry-level mungkin mendapatkan gaji sekitar Rp 7 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Aktuaris dengan pengalaman bisa mendapatkan gaji di atas Rp 15 juta per bulan.


3. Desain Grafis


Desainer grafis menciptakan elemen visual untuk berbagai media, termasuk cetak, digital, dan media sosial. Meskipun pekerjaan ini mungkin melibatkan kolaborasi dengan klien atau tim, sebagian besar waktu dapat dihabiskan untuk bekerja sendiri.

Desainer grafis yang berbakat dan berpengalaman biasanya dapat memperoleh gaji yang signifikan, terutama jika memiliki portofolio yang kuat.

Gaji desainer grafis entry-level di Indonesia mungkin berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan. Desainer grafis berpengalaman atau yang memiliki portofolio yang kuat bisa mendapatkan gaji lebih tinggi, mencapai Rp 8 juta hingga Rp 15 juta atau lebih per bulan.


4. Programmer/Developer


Programmers dan developer bekerja untuk membuat, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak. Banyak pekerjaan dalam bidang ini memungkinkan individu untuk bekerja secara mandiri, fokus pada pemecahan masalah, dan mengejar proyek-proyek yang menarik.

Gaji untuk programmer dan developer bisa sangat tinggi, terutama dengan tingkat keahlian yang tinggi. Programmer di Indonesia dapat memiliki gaji awal sekitar Rp 6 juta hingga Rp 12 juta per bulan. 

Gaji ini dapat meningkat secara signifikan dengan pengalaman dan keahlian tertentu, mencapai Rp 15 juta hingga Rp 25 juta atau lebih per bulan.


5. Arsitek


Arsitek merancang bangunan dan struktur. Meskipun ada kolaborasi dengan klien dan tim proyek, banyak pekerjaan arsitek melibatkan waktu yang signifikan untuk merancang dan merenung secara individu. Sehingga pekerjaan arsitek cocok dengan kepribadian introvert.

Arsitek yang berpengalaman dan sukses dapat memperoleh gaji yang besar, terutama jika terlibat dalam proyek-proyek besar dan penting.

Arsitek di Indonesia biasanya memiliki gaji awal sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Arsitek berpengalaman atau yang bekerja di perusahaan besar bisa mendapatkan gaji lebih tinggi, mencapai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta atau lebih per bulan.


6. Software Engineer


Salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah software engineer. Pekerjaan ini melibatkan merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak komputer.

jenis pekerjaan ini seringkali memungkinkan bekerja secara mandiri di depan komputer, fokus pada penulisan kode, dan menyelesaikan tugas teknis. Sehingga orang dengan kepribadian introvert bakal merasa nyaman, karena minim interaksi dengan orang lain.

Seorang software engineer memiliki rata-rata gaji yang cukup besar, software engineer di Indonesia dapat memiliki gaji awal sekitar Rp 6 juta hingga Rp 12 juta per bulan. 

Gaji ini dapat meningkat secara signifikan dengan pengalaman dan keahlian tertentu, mencapai Rp 15 juta hingga Rp 25 juta atau lebih per bulan


7. Digital Marketing Specialist


Bidang pekerjaan seorang Digital marketing specialist fokus pada strategi pemasaran online, termasuk kampanye iklan digital, media sosial, dan analisis kinerja.

Meskipun melibatkan kolaborasi dan komunikasi dengan banyak hal, banyak pekerjaan digital marketing dapat dilakukan secara online. Analisis data dan perencanaan strategis dapat dilakukan dengan lebih fokus. Sehingga digital marketing specialist adalah jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Digital Marketing Specialist di Indonesia dapat memiliki gaji awal sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Gaji ini bisa meningkat dengan pengalaman dan keahlian, mencapai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta atau lebih per bulan.

Sobat MinDi, itulah rekomendasi pekerjaan dengan gaji tinggi yang cocok dengan introvert karena proses pekerjaan yang dilakukan minim interaksi dengan orang lain. Mana nih yang menjadi pekerjaan impian Sobat MinDi?


8. Pustakawan


Gaji rata-rata nasional: Rp816. 338.000 per tahun


Tugas utama: Pustakawan memilih dan menyediakan buku serta media lain kepada masyarakat.


Mereka mungkin memiliki tugas seperti mengumpulkan buku baru untuk perpustakaan, mengatur koleksi perpustakaan yang ada, dan membantu orang menemukan buku serta media lain yang mereka butuhkan.


Mereka mungkin juga memiliki tanggung jawab seperti membuat program perpustakaan dan mengajarkan pelajaran singkat kepada pengunjung perpustakaan.



9. Biologis


Gaji rata-rata nasional: Rp1. 024.646.250 per tahun


Tugas utama: Biologi mempelajari makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.


Mereka mungkin memiliki tugas seperti meneliti lingkungan tertentu, mempelajari tentang spesies yang hidup di wilayah geografis, atau memantau migrasi hewan.

Beberapa ahli biologi menulis laporan tentang hewan dan tumbuhan yang mereka pelajari, sehingga orang lain dapat belajar tentang penelitian mereka.



10. Peneliti Sains


Gaji rata-rata nasional: Rp1. 384.733.750 per tahun


Tugas utama: Peneliti ilmiah melakukan eksperimen dan mencatat temuan mereka.


Mereka mungkin memiliki tugas seperti menciptakan eksperimen baru untuk menguji teori, menulis laporan, memimpin ilmuwan lain melalui prosedur, dan menjalankan beberapa tes untuk eksperimen yang sama.


Mereka mungkin juga memiliki tugas seperti berkomunikasi dengan masyarakat umum tentang penemuan mereka dan berkontribusi pada jurnal dan publikasi lainnya.



11. Psikiater


Gaji rata-rata nasional: Rp3. 720.723.400 per tahun


Tugas utama: Psikiater mendiagnosis dan menangani gangguan mental, emosional, dan perilaku.


Mereka sering memiliki tugas seperti menilai kesehatan pasien, meresepkan obat untuk mengobati gejala penyakit mental, dan membuat rencana untuk menangani berbagai gangguan mental, emosional, dan perilaku.


Mereka mungkin juga menulis laporan dan melakukan penelitian pada gangguan tertentu untuk memberikan perawatan yang lebih baik kepada pasien mereka.



12. Dokter Hewan


Gaji rata-rata nasional: Rp1. 753.904 .600 per tahun


Tugas utama:Dokter hewan melindungi kesehatan dan kesejahteraan hewan dan manusia.


Mereka memiliki tugas seperti merawat luka dan penyakit pada hewan,resep obat untuk hewan,dan mengajarkan orang cara merawat berbagai kebutuhan hewan dengan benar.


Mereka mungkin juga mendiagnosis dan mengendalikan penyakit pada hewan serta meneliti cara untuk merawat berbagai penyakit pada hewan.



13. Pengembang Perangkat Lunak


Gaji rata-rata nasional:Rp1.582.110.400 per tahun


Tugas utama:Pengembang perangkat lunak merancang,membangun,memelihara,dan memperbarui program perangkat lunak.


Mereka mungkin memiliki tugas seperti menentukan fungsi program,membuat kode,menguji program,dan meningkatkan fungsi perangkat lunak yang ada.



14. Penyunting


Gaji rata-rata nasional:Rp884.373.000 per tahun


Tugas utama:Editor merevisi materi untuk publikasi online dan cetak.


Mereka memiliki tugas seperti meninjau materi tertulis untuk kesalahan tata bahasa, gaya berbicara,dan nada,serta memberikan saran untuk merevisi kesalahan tersebut.


Mereka mungkin juga memutuskan materi apa yang muncul dalam publikasi tertentu seperti jurnal dan majalah,memastikan materi tersebut memenuhi standar publikasi.



15. Arsiparis


Gaji rata-rata nasional:Rp837.544.500 per tahun


Tugas utama:Arsiparis memelihara artefak sejarah seperti dokumen,tembikar,dan lukisan.


Mereka sering mempunyai tugas seperti mempelajari artefak,membuat laporan tentangnya,dan terkadang membuat salinan dokumen tertulis sehingga orang lain dapat mengakses informasinya.


Mereka mungkin juga memiliki tanggung jawab seperti mengajar pelajaran singkat dan belajar tentang cara terbaik untuk melestarikan gambar,peta,dan artefak kertas lainnya.


Baca Juga: Tugas Dan Gaji Front End Developer Di Tahun 2023



Tips Memilih Pekerjaan untuk Introvert yang Besar Gajinya


Memilih pekerjaan untuk introvert akan memiliki banyak pertimbangan, selain dari kepribadian introvert itu sendiri, biasanya orang introvert akan memiliki secara matang beberapa pertimbangan yang dapat menguntungkannya.

Sobat MinDi yuk simak beberapa tips di bawah ini yang dapat menjadi referensi Sobat MinDi sebagai seorang introvert, ketika memilih pekerjaan.


1. Kenali Kebutuhan dan Kenyamanan Diri


Introvert seringkali menemukan energi dan kenyamanan dalam waktu sendirian. Sebelum memilih pekerjaan, kenali dengan baik preferensi dan kebutuhan pribadi. 

Pertimbangkan sejauh mana Sobat MinDi dapat menangani interaksi sosial, apakah lebih suka bekerja dalam tim kecil atau secara mandiri, dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk merenung.


2. Cari Pekerjaan dengan Lingkungan Kerja yang Tenang


Lingkungan kerja yang ramai dan bising mungkin tidak cocok untuk introvert. Pilih pekerjaan yang menawarkan lingkungan kerja yang relatif tenang dan tidak terlalu ramai.

Pilih pekerjaan yang memungkinkan Sobat MinDi memiliki ruang pribadi, atau bahkan bekerja dari rumah, dapat membantu menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif untuk kebutuhan introvert.


3. Pilih Pekerjaan dengan Fokus pada Kemandirian dan Pemecahan Masalah


Introvert cenderung jeli dalam situasi di mana mereka dapat bekerja secara mandiri dan fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan pemikiran mendalam.

Pilih pekerjaan yang melibatkan kerja individu, seperti pekerjaan yang melibatkan analisis data, penelitian, pemecahan masalah, atau pengembangan kreatif. Hal ini dapat memberi Sobat MinDi kesempatan untuk bekerja dengan cara yang sesuai dengan kekuatan kepribadian introvert.

Masih bingung memilih pekerjaan yang cocok untuk Sobat MinDi? Yuk ikuti Kelas Persiapan Karier dibimbing.id. Didampingi dengan para mentor berpengalaman, siap membantu Sobat MinDi menentukan karir impian sebelum lulus kuliah.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftar di sini, dan dapatkan promo menariknya sekarang juga!



Referensi


26 High-Paying Jobs for Introverts (With Salaries and Duties) - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!