Blog

/

Web Development

/

Tugas Dan Gaji Front End Developer Di Tahun 2023

Tugas Dan Gaji Front End Developer Di Tahun 2023

Suci Wulandari

25 February 2022

9495

Image Banner

Peran web developer menjadi semakin penting di dunia yang serba digital ini terutama pada pengembangan sebuah website. Web developer sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu full stack, back end, dan front end developer. Masing-masing memiliki tugasnya sendiri dan gaji mereka pun berbeda sebab beban kerjanya berbeda. 

Tugas Front End Developer sendiri cukup beragam. Selain itu, gaji Front End Developer juga cukup membuat banyak orang melirik pekerjaan ini, lho! Berikut MinDi akan berikan pemaparan yang lebih jelas. Simak artikelnya sampai selesai, ya!


Apa Itu Front End Developer?

Front End Developer adalah seorang spesialis yang bertugas untuk membantu proses pengembangan sebuah website. Secara lebih spesifik, tugas Front End Developer akan fokus mengembangkan interface pada tampilan depan sebuah website agar menarik. Lalu, apa bedanya dengan Front End Developer dengan UI Designer? Meski sama-sama fokus untuk membuat tampilan depan menarik, pekerjaan keduanya sebenarnya berbeda. Secara sederhana, UI Designer akan mendesain tampilan website. Lalu,  Front End Developer akan membuat desain tersebut menjadi nyata dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa pemrograman atau coding

Tugas Front End Developer

Front End Developer bekerja menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML, dan CSS untuk merancang dan membuat tampilan visual web menjadi responsif serta menarik. Selain itu, masih ada tugas lain dari seorang Front End Developer. Apa saja? Berikut ini penjelasannya. 

  • Bersama desainer UX mendesain dasar tampilan website atau aplikasi

  • Memastikan rancangan tampilan program sesuai dengan teknis desain dari UI/UX

  • Mengelola kecepatan dari website aplikasi sehingga dapat berjalan dengan optimal

  • Menerapkan elemen visual yang telah dirancang oleh desainer UI sebelumnya

  • Bekerja sama dengan back end developer untuk meningkatkan arsitektur visual web atau aplikasi

  • Menggunakan desain responsif dalam pembuatan interface pengguna situs web atau aplikasi

  • Menguji situs atau aplikasi secara fungsional bersama dengan tim developer lainnya

  • Mengurai masalah yang muncul saat uji coba peluncuran program

  • Sebelum mengirim uji kelayakan ke back end developer, segi tampilan selesai akan ditinjau oleh front end developer. 

Gaji Front End Developer

Sama seperti pekerjaan spesialis lainnya, gaji yang diterima bisa berbeda karena beberapa faktor seperti ukuran perusahaan, lokasi geografis, pengalaman kerja, dan lain-lain. Namun, secara umum terdapat gaji rata-rata yang. Untuk Front End Developer sendiri, gaji cukup kompetitif sebab permintaan di pasar selalu meningkat. 


Tercatat gaji Front End Developer di negara-negara maju telah berkisar di angka 60.000 USD sampai 100.000 USD per tahun. Sayangnya, lokasi geografis bisa menentukan perbedaan gaji secara signifikan. Di Indonesia sendiri, gaji Front End Developer 2023 masih belum setinggi di negara maju. 


Dilansir dari indeed.com, rata-rata gaji Front End Developer di Indonesia sekitar 94 juta rupiah per tahun. Meski begitu, kamu bisa membuat penawaran gaji yang sesuai dengan tingkat keahlian serta pengalaman kerja yang sudah dimiliki. Selain itu, peluang menjadi Front End Developer cukup menjanjikan terutama di tahun 2023. 



Tertarik untuk switch karir jadi Front End Developer? Kamu bisa mulai dengan ikut bootcamp Web Development dari dibimbing.id. Berbagai materi Front End bisa dipelajari bersama mentor-mentor berpengalaman. Jangan sampai kehabisan kuotanya, ya. Segera daftarkan dirimu di sini.
frontend web development

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Artikel Terkait