Blog

/

Data Science

/

Mainannya Soal Big Data, Ini 5 Pekerjaan Data Scientist

Mainannya Soal Big Data, Ini 5 Pekerjaan Data Scientist

Dibimbing.id

•

11 August 2022

•

1647

Memiliki julukan sebagai The Sexiest Job of the 21st Century, Sobat MinDi pasti udah gak terlalu asing sama Data Scientist, kan? Saat ini profesi ini mulai banyak dicari lho di Indonesia. Semakin berkembangnya teknologi digital, peluang kerja Data Scientist juga akan semakin besar. Kenapa bisa begitu? Karena pekerjaan Data Scientist ini gak jauh-jauh sama namanya big data yang penting banget buat pengembangan suatu teknologi dan bakalan berpengaruh ke seluruh aspek kehidupan sosial kita. 

Nah buat Sobat MinDi yang tertarik sama profesi yang satu ini wajib banget tahu tugas dan tanggung jawab dari Data Scientist. Yuk simak artikel ini sampai habis! 

Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Data Scientist

  1. Melakukan riset

Seorang Data Scientist harus melakukan riset dan paham tren

Sebagai profesi yang mainannya gak jauh-jauh soal big data, seorang Data Scientist wajib banget nih melakukan yang namanya riset. Tujuannya agar mereka bisa mendapatkan banyak informasi dan mencapai objective serta target bisnis yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan. 

Data Scientist harus bisa mengumpulkan banyak informasi terkait dengan peluang kemajuan perusahaan. Data informasi yang dikumpulkan tentunya harus bisa dipercaya. Nantinya bisa jadi bahan pertimbangan perusahaan buat ambil keputusan dan tindakan. 

Contoh sederhananya adalah, misalnya Sobat MinDi adalah seorang Data Scientist di perusahaan fashion, Sobat MinDi harus cari informasi sebanyak-banyak yang valid dan kredibel tentang tren fashion dunia. Informasi ini nantinya digunakan perusahaan untuk mempertimbangkan desain baju, cara pemasaran, dan masih banyak lagi. 

  1. Manajemen dan analisis data

Manajemen dan analisis data menjadi pekerjaan penting Data Scientist

Seorang Data Scientist memainkan peran manajerial yang tidak signifikan, dimana mereka mendukung pembangunan proyek yang berkelanjutan. Maka dari itu manajemen dan analisis data menjadi salah satu pekerjaan Data Scientist. Terus gimana sih caranya seorang Data Scientist menganalisis data dan informasi yang udah didapat sebelumnya?

Jadi, seperti yang udah MinDi jabarkan sebelumnya, data yang didapatkan oleh Data Scientist ini bakalan jadi bahan pertimbangan buat pengembangan suatu produk, strategi bisnis, pemasaran, dan masih banyak lagi. Nah untuk perusahaan yang belum terlalu besar, biasanya seorang Data Scientist bakal diminta untuk mengambil data menggunakan query SQL. Gak hanya itu, seorang Data Scientist juga akan menggunakan bahasa pemrograman seperti R ketika mereka melakukan olah data. 

Sementara itu, kalau perusahaan yang sudah berkembang atau bisa dikatakan perusahaan besar, biasanya akan memiliki skala lebih besar. Jadi memainkan big data akan sangat penting dilakukan oleh Data Scientist. Biasanya tools yang bisa mendukung Data Scientist untuk bermain-main dengan big data ini adalah Hadoop, Hive, dan Pig. 

Hasil dari analisis data, nantinya seorang Data Scientist harus bisa mengembangkan model ekonometrik dan statistic untuk berbagai masalah, seperti proyeksi, klasifikasi, clustering, analisis pola, sampling, dan masih banyak lagi. 

  1. Menafsirkan data dan menyusun strategi

Visualisasi dan prototype data diperlukan agar user lebih mudah memahami

Nah setelah dilakukan analisis, seorang Data Scientist pasti akan menemukan hal-hal penting, seperti masalah, peluang, atau hal yang lain yang bisa menjadi masukan suatu produk atau perusahaan. Maka dari itu, menafsirkan data dan menyusun strategi menjadi salah satu pekerjaan Data Scientist. Dalam menafsirkan data Data Scientist harus menyusun pemetaan, visualisasi hingga prototype dari hasil analisisnya. Kenapa harus visualisasi? Karena ini akan memudahkan user atau stakeholder dalam memahami data yang disampaikan. 

Lalu setelah berhasil menafsirkan datanya, masukan dari Data Scientist juga diperlukan nih, Sobat MinDi. Saran yang didukung dengan data akan bersifat valid dan kredibel, jadi Data Scientist akan memainkan peran penting dalam menentukan strategi inovatif yang sejalan dengan tren yang ditemukan dan mampu membawa kemajuan pada produk atau perusahaan. 

Nah, itu dia beberapa pekerjaan Data Scientist yang mungkin belum diketahui Sobat MinDi. Ternyata profesi ini memegang peranan yang penting banget ya buat kemajuan perusahaan. Dari mulai mencari informasi, menganalisis data, hingga memberikan masukan dan menyusun strategi bisnis. Bisa dibilang profesi vital. 

Kira-kira Sobat MinDi tertarik gak nih untuk jadi seorang Data Scientist yang profesional? 

“Mau nih, MinDi. Tapi aku gak tau harus mulai belajar dari mana.” 

Tenang, bagi Sobat MinDi yang mau belajar tentang Data Science tapi bingung harus mulai dari mana, mending ikutan sama MinDi buat daftar Bootcamp Data Science dari dibimbing.id. Cocok banget buat Sobat MinDi yang baru mau mulai terjun ke profesi ini atau sedang mendalami profesi ini. 

Benefit yang bakal kamu dapat juga banyak banget, lho. Mulai dari live class zoom, video learning, final project, hingga konsultasi pribadi dengan mentor yang pengalaman. Yang gak kalah menariknya adalah, Sobat MinDi juga bakalan dapat program penyaluran kerja. 

Wah, menarik banget kan benefitnya? Jadi tunggu apalagi, yuk daftar bootcamp nya disini


Referensi: 

Data scientist job description | Hudson. (2021, October 15). Hudson Australia. https://au.hudson.com/employers/recruitment/digital/data-scientist-job-description/

Hans, R. (2021, August 23). Tugas Dan Tanggung Jawab data scientist, Profesi dengan Prospek Menjanjikan Di era digital. DQLab | Kursus Data Science Online Indonesia R Python. https://dqlab.id/tugas-dan-tanggung-jawab-data-scientist-profesi-dengan-prospek-menjanjikan-di-era-digital

What are the roles and responsibilities of a data scientist? (2020, December 8). GeeksforGeeks. https://www.geeksforgeeks.org/what-are-the-roles-and-responsibilities-of-a-data-scientist/


Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait