dibimbing.id - PAS Copywriting: Pengertian, Contoh, Manfaat, & Tips

PAS Copywriting: Pengertian, Contoh, Manfaat, & Tips

Farijihan Putri

•

11 July 2024

•

393

Image Banner

Pernah merasa buntu saat mencoba menulis copy yang benar-benar "ngena" di hati audiens? Tenang, Sobat MinDi tidak sendiri!

Sebagai pekerja di bidang digital marketing, pasti kamu sering ditantang untuk menciptakan konten menarik dan meningkatkan konversi.

Salah satu teknik andalan yang bisa membantumu mengatasi tantangan ini adalah PAS Copywriting

Dalam artikel ini, MinDi akan mengupas tuntas apa itu PAS Copywriting, contoh-contoh yang inspiratif, serta manfaat dan tips praktis untuk mengoptimalkan teknik ini. 

Bersiaplah untuk menemukan trik-trik baru yang akan membuat copywriting semakin tajam dan berdaya jual tinggi. Yuk, mulai hari ini!


Apa Itu PAS Copywriting?

Problem-Agitate-Solution (PAS) Copywriting adalah teknik penulisan yang digunakan untuk menarik perhatian audiens dengan mengidentifikasi masalah, memperbesar atau menggugah emosi terkait masalah tersebut, dan kemudian menawarkan solusi yang relevan. 

Dalam beomniscient.com disebutkan, teknik ini adalah cara sederhana untuk menyusun copy yang jelas, efektif, ringkas dan persuasif. 

Pasalnya, teknik ini mampu membantu menciptakan narasi yang efektif dan memotivasi audiens untuk mengambil tindakan. 


Komponen dalam PAS Copywriting

Sudah tidak sabar mempelajari formula PAS dalam copywriting? Berikut adalah penjelasan masing-masing komponen dalam PAS Copywriting.


Problem (Masalah)

Pada tahap ini, penulis mengenali dan mengidentifikasi masalah utama yang dihadapi oleh audiens. Tujuannya untuk menunjukkan kepada audiens bahwa penulis memahami masalah mereka. 

Dengan menyatakan masalah ini secara jelas dan spesifik, audiens merasa dipahami dan cenderung lebih tertarik untuk membaca lebih lanjut.


Agitate (Menggugah Emosi)

Tahap ini bertujuan untuk memperbesar atau memperdalam perasaan frustasi, ketidaknyamanan, atau kecemasan yang dirasakan audiens akibat masalah tersebut. 

Penulis menggugah emosi audiens dengan menggambarkan dampak negatif dari masalah tersebut. Dengan cara ini, audiens merasa lebih terlibat secara emosional dan lebih termotivasi untuk mencari solusi.


Solution (Solusi)

Pada tahap terakhir, penulis menawarkan solusi yang jelas dan relevan untuk masalah yang telah diidentifikasi. 

Solusi ini harus dijelaskan dengan baik, menunjukkan bagaimana solusi tersebut dapat membantu mengatasi masalah dan menghilangkan kekhawatiran audiens. 

Dengan menawarkan solusi yang tepat, penulis memotivasi audiens untuk mengambil tindakan. Seperti membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan.


Contoh Penggunaan PAS Copywriting

Menggunakan formula PAS bisa sangat efektif untuk menarik minat calon pelanggan. Berikut adalah contoh penerapannya yang bisa Sobat MinDi pelajari.


Problem

"Kamu merasa kewalahan dengan dunia digital marketing yang terus berkembang pesat?"

Masalah ini sering dialami oleh banyak orang yang ingin masuk ke dunia digital marketing, tetapi merasa bingung dengan banyaknya informasi dan keterampilan yang harus dikuasai. 

Dengan mengidentifikasi masalah ini, kamu langsung menarik perhatian mereka yang menghadapi situasi serupa.


Agitate

"Perubahan algoritma media sosial, teknik SEO yang selalu update, dan persaingan ketat membuat kamu merasa nggak tahu harus mulai dari mana. Akibatnya, usaha kamu untuk meningkatkan brand awareness atau penjualan jadi nggak maksimal."

Di sini, kamu memperbesar masalah yang dihadapi dengan menekankan betapa sulit dan membingungkannya dunia digital marketing. 

Hal ini membuat audiens merasa bahwa masalah mereka benar-benar serius dan membutuhkan solusi segera.


Solution

"Tapi, tenang aja! Di bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id, kamu akan belajar semua yang perlu kamu tahu. Mulai dari strategi media sosial yang efektif, teknik SEO terbaru, hingga cara menganalisis data dengan tools canggih. Semua materi diajarkan oleh para ahli di bidangnya, dan dijamin setelah selesai, kamu akan menjadi expert yang siap menghadapi tantangan digital marketing!"

Solusi ini menawarkan jawaban yang jelas dan konkret untuk masalah yang telah diidentifikasi dan diperbesar sebelumnya. 

Kamu menunjukkan bahwa dengan mengikuti bootcamp ini, audiens bisa mengatasi semua kesulitan yang mereka hadapi dan mencapai kesuksesan dalam dunia digital marketing.

Baca Juga: Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik


5 Kelebihan Formula PAS Copywriting

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh PAS Copywriting. Simak 5 kelebihan utamanya di bawah ini!


1. Mudah Dipahami

Formula PAS sangat sederhana dan mudah diikuti, bahkan buat kamu yang baru mulai belajar copywriting. Dengan tiga langkah mudah, kamu bisa langsung menerapkannya dalam berbagai jenis copywriting.


2. Menyentuh Emosi

Dengan mengidentifikasi dan memperbesar masalah, kamu bisa menggugah emosi pembaca dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengan apa yang kamu tawarkan. 

Emosi adalah kunci dalam copywriting karena ketika audiens merasa terlibat secara emosional, mereka lebih mungkin untuk mengambil tindakan.


3. Menciptakan Rasa Urgensi

Metode PAS membuat audiens merasa bahwa mereka harus segera bertindak untuk menyelesaikan masalahnya. Hal ini dilakukan dengan menekankan batas waktu atau peluang yang terbatas untuk mendapatkan solusi.


4. Efektif

PAS membantu kamu fokus pada solusi yang spesifik dan relevan, sehingga bisa lebih meyakinkan audiens untuk mengambil tindakan. 

Dengan menawarkan solusi yang tepat, kamu bisa lebih mudah mengarahkan audiens untuk membeli produk atau layanan kamu.


5. Fleksibel

Formula PAS bisa digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari iklan media sosial, email marketing, hingga landing page di website

Fleksibilitas ini membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dalam dunia pemasaran.


5 Tips Menggunakan PAS Copywriting


Sumber: Pexels

Sobat MinDi masih bingung menerapkan PAS dalam copywriting? Coba terapkan 5 tips di bawah ini ya!


1. Kenali Audiens

Pahami siapa target audiens dan masalah apa yang mereka hadapi. Semakin kamu mengenal audiens, semakin efektif copywriting yang kamu tulis. 

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah yang sering mereka alami.


2. Gunakan Bahasa yang Emosional

Jangan ragu untuk menggunakan kata-kata yang bisa menggugah emosi pembaca. Misalnya, kata-kata seperti "kewalahan," "stres," atau "percaya diri." 

Bahasa emosional bisa membuat pesan kamu lebih hidup dan mengena di hati audiens.


3. Fokus pada Manfaat atau Solusi

Pastikan solusi yang kamu tawarkan benar-benar bisa membantu audiens kamu dan sampaikan manfaatnya dengan jelas. 

Jangan hanya fokus pada fitur produk atau layanan kamu, tetapi tunjukkan bagaimana itu bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.


4. Beri CTA yang Jelas

Menutup copywriting dengan Call to Action (CTA) yang jelas dan berdampak adalah kunci untuk menarik audiens dan mendorong mereka untuk mengambil langkah selanjutnya. 

Tindakan bisa berupa membeli produk, mendaftar layanan, atau sekadar mempelajari lebih lanjut. 

Berikan CTA dengan rasa urgensi. Misalnya, gunakan kata-kata seperti "sekarang", "hari ini", atau "sebelum terlambat" untuk mendorong audiens bertindak cepat.

Tawarkan juga bonus, diskon, atau uji coba gratis untuk memotivasi audiens.


5. Uji dan Evaluasi

Coba berbagai versi copywriting dengan formula PAS dan evaluasi mana yang paling efektif. Teruslah melakukan perbaikan untuk hasil yang lebih baik. 

A/B testing bisa menjadi cara yang baik untuk mengetahui versi mana yang paling banyak mendapatkan respons positif.

Baca Juga: Belajar Cara Sukses Copywriting David Ogilvy - Dibimbing.id


Asah Skill Copywriting Bersama Dibimbing.id Sekarang!

Penggunaan PAS dalam copywriting membuka peluang bagi kamu untuk membuat pesan yang lebih relevan dan emosional, sehingga memperbesar kemungkinan konversi. 

Namun, mastering PAS Copywriting hanyalah salah satu aspek dari strategi digital marketing yang efektif. 

Jika kamu ingin menggali lebih dalam tentang digital marketing dan mempelajari teknik-teknik lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan copywriting, saatnya kamu bergabung dengan Bootcamp Digital Marketing Dibimbing.id

Kamu akan mendapatkan pengetahuan komprehensif, praktik langsung, dan bimbingan dari para ahli yang berpengalaman di bidangnya. Bootcamp ini juga memberikanmu kesempatan untuk belajar tentang strategi konten, SEO, social media marketing, dan banyak lagi. 

Semua ini dirancang untuk membantu kamu menjadi digital marketer yang handal dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Fakta membuktikan, 94% alumni Dibimbing.id berhasil mendapatkan pekerjaan impian.

Daftar sekarang di sini dan ambil langkah pertama menuju karir yang lebih cemerlang! Bersama Dibimbing.id, kamu akan MinDi #BimbingSampeJadi digital marketer andal!


Referensi

  1. PAS Copywriting: The Most Effective Copywriting Formula [Buka]
  2. PAS Copywriting Framework: What Is It (+ 4 Examples) [Buka]

Share

Author Image

Farijihan Putri

Farijihan is a passionate Content Writer with two years of experience in crafting compelling content, optimizing for SEO, and developing creative strategies for various brands and industries. As an SEO Content Writer Officer at dibimbing.id, she writes articles on topics such as Digital Marketing, Data Science, Golang, UI/UX Design, and English for Professionals.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!