Mengenal Lebih Dekat: Pengertian Search Engine Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Nadia L Kamila

•

09 October 2023

•

451

Image Banner

Setiap pebisnis online pasti menginginkan website atau toko onlinenya dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen. Salah satu cara efektif adalah dengan menerapkan teknik SEM atau search engine marketing.

Dalam artikel kali ini, Sobat MinDi akan diajak untuk memahami pengertian search engine marketing dan bagaimana teknik SEM ini bisa berdampak pada keberhasilan bisnis online.


Pengertian Search Engine Marketing (SEM)


SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran dunia digital yang bertujuan untuk membuat sebuah website muncul di halaman pertama mesin pencari saat ada seseorang mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Kamu bisa membayangkan mesin pencari sebagai sebuah mal raksasa di dunia maya. SEM adalah strategi untuk memastikan tokomu berada di lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung. 

Menggunakan strategi SEM seringkali dipahami banyak orang bahwa kamu membayar sejumlah uang untuk "menyewa" posisi terbaik di halaman hasil pencarian. Menyewa posisi ini bisa disebut juga dengan iklan berbayar.


Apa Perbedaan SEO dan SEM?


Masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara SEO dan SEM. Ada yang bilang SEO itu gratis sedangkan SEM itu berbayar. Namun apakah pengertian ini benar?

Untuk lebih memahami pengertian SEM dan perbedaannya dengan SEM, bisa menggunakan analogi. Bayangkan kamu memiliki toko di dalam mall besar. Untuk membuat tokomu ramai pembeli, ada dua cara yang bisa dilakukan:

Cara pertama adalah kamu memasang papan nama dengan jelas dan mudah dibaca, dekorasi serta etalase menarik, serta interior yang membuat pengunjung betah untuk melihat-lihat apa saja yang ada di dalam toko. 

Cara ini tentu membutuhkan waktu, kesabaran, karena harus menunggu pengunjung datang secara langsung secara organik. Tapi jika cara ini berhasil, maka pengunjung akan datang secara alami tanpa kamu harus mengeluarkan biaya.

Sedangkan cara kedua dilakukan setelah cara pertama selesai. Kamu memutuskan untuk memasang iklan di eskalator, lift, atau tempat strategis di mall tersebut. Dengan iklan, kamu membayar untuk mendapatkan perhatian dan menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke toko. 

Dari perumpamaan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

adalah upaya untuk mendatangkan pengunjung secara alami dengan mengoptimalkan website atau toko online yang kamu punya.

  1. SEM (Search Engine Marketing)

Sedangkan SEM mencakup SEO plus upaya berbayar lainnya untuk mendatangkan pengunjung. Salah satunya adalah iklan berbayar atau PPC (Pay Per Click).

Mudah-mudahan analogi ini bisa membantu kamu untuk memahami pengertian SEM dan perbedaannya dengan SEO ya!

Sobat MinDi juga bisa belajar lebih jauh tentang pengertian SEM dan SEO serta  cara menerapkannya untuk bisnis online di program Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing lho!


Bagaimana Cara Kerja dari SEM?


Search Engine Marketing (SEM) bekerja dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai platform untuk mempromosikan website atau toko online. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara kerja dari SEM


1. Pemilihan Kata Kunci atau Keyword


Semua dimulai dengan memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis yang kamu jalani. Kata kunci adalah kata yang mungkin diketikkan oleh pengguna saat mereka mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan di mesin pencari.


2. Pembuatan Iklan


Setelah kata kunci ditentukan, kamu perlu untuk membuat iklan yang menarik dan relevan dengan kata kunci tersebut. Iklan ini akan muncul di hasil pencarian saat seseorang mengetikkan kata kunci yang telah kamu targetkan.


3. Penawaran Harga


SEM khususnya jika menggunakan model PPC (Pay-Per-Click) beroperasi berdasarkan sistem lelang. Kamu bisa menentukan berapa banyak harga yang sanggup dibayar untuk untuk setiap klik pada iklan.

Isi konten yang relevan dan harga yang kamu tentukan ini akan menentukan posisi iklanmu di halaman hasil pencarian. 


4. Klik dan Konversi


Ketika seseorang mengklik iklanmu, mereka akan diarahkan ke halaman tujuan atau landing page. Halaman ini harus kamu rancang dengan baik agar mampu mengubah pengunjung menjadi pelanggan, 

Kamu harus menentukan tujuan dari iklan yang ada di landing page tersebut. Apakah hasil akhirnya adalah konversi pembelian, mendaftar untuk buletin, atau tindakan lain yang kamu inginkan.


5. Optimasi


Anda harus rutin memeriksa kinerja iklan, mulai dari berapa banyak klik, berapa banyak konversi, dan metrik lainnya, lalu melakukan penyesuaian untuk meningkatkan kinerja.


6. Pembayaran


Dalam iklan model PPC, kamu akan membayar berdasarkan jumlah klik yang diterima iklanmu. Jadi, kamu hanya membayar saat ada seseorang mengklik iklan, dan bukan tergantung pada durasi seberapa lama iklanmu muncul.

Sehingga SEM bekerja dengan kombinasi antara pemilihan kata kunci yang tepat, pembuatan iklan yang menarik, penawaran yang kompetitif, dan optimasi yang berkelanjutan untuk memastikan websitemu mendapatkan ROI yang maksimal.


Apa Saja Manfaat dari SEM?


Menggunakan Search Engine Marketing (SEM) tentunya membawa sejumlah manfaat bagi bisnis online yang kamu jalani. Berikut ini adalah manfaat utamanya:


1. Meningkatkan Visibilitas


SEM memastikan website atau toko onlinemu muncul di halaman atas mesin pencari. Hal ini meningkatkan kemungkinan untuk dilihat oleh pengguna yang sedang mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan.


2. Memberikan Hasil yang Cepat


Berbeda dengan SEO yang memerlukan waktu untuk memberikan hasil. SEM bisa memberikan peningkatan trafik ke website atau toko online dalam waktu yang cukup singkat.


3. Menyasar Segmentasi Pasar yang Tepat


Kamu bisa menargetkan iklan berdasarkan lokasi, waktu, perangkat, bahasa, dan banyak kriteria lainnya. Sehingga kamu bisa memastikan bahwa iklanmu hanya akan muncul pada hasil pencarian audiens yang relevan.


4. Bisa Mengontrol Anggaran


Dengan SEM, kamu bisa memiliki kontrol penuh atas anggaran. Kamu bisa menetapkan berapa banyak harga PPC yang ingin dibelanjakan setiap hari dan menyesuaikannya kapan saja sesuai kebutuhan.


5. Pengukuran Hasil yang Mudah


SEM menyediakan data secara mendetail mengenai kinerja iklan yang kamu pasang. kamu bisa melihat berapa kali iklan diklik, dari mana pengunjung berasal, hingga berapa lama mereka berada di website.


6. Kemampuan Penyesuaian


Saat kamu merasa ada iklan atau kampanye tidak memberikan hasil yang diharapkan, kamu bisa dengan cepat menyesuaikan atau menghentikan kampanye tersebut.


SEM Ad Copy


SEM Ads copy adalah teks iklan yang kamu lihat saat melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Istilahnya seperti pesan singkat yang dirancang untuk menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk mengklik iklan Anda. 

SEM Ads copy berisi judul atau headline, deskripsi singkat, hingga URL situs seperti contoh Ads Copy dibimbing.id di bawah ini. 


contoh SEM Ad Copy


Ads copy yang baik harus relevan dengan kata kunci yang ditargetkan, menawarkan solusi atau manfaat kepada pengguna, dan mempunyai ajakan bertindak (seperti "Beli sekarang!" atau "Pelajari lebih lanjut"). 

SEM Ads copy sangat penting dalam kampanye iklan berbayar karena kualitas dan relevansinya dapat mempengaruhi tingkat klik (CTR) dan konversi.

Nah, pembahasan mengenai pengertian search engine marketing atau SEM beserta cara kerja dan manfaatnya telah usai. Namun Sobat MinDi bisa mendalami bahasan SEM ini dengan mengikuti Bootcam Digital Marketing.

Dibimbing menyediakan bootcamp ini khusus untuk kamu yang ingin belajar lebih jauh tentang SEO, SEM, dan lebih lengkap lagi mengenai dunia pemasaran digital. Segera daftar sebelum kehabisan kuota ya!


Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!