15 Materi Pelatihan Leadership paling Penting di 2024

Coriena Lathifa Dewi

05 June 2024

6805

Image Banner

Dalam melakukan pelatihan kepemimpinan yang efektif, memahami berbagai materi yang terdapat di dalamnya sangatlah penting. 

Maka dari itu, MinDi telah membuat daftar materi pelatihan leadership terupdate tahun 2024. Materi leadership ini bisa digunakan untuk struktur organisasi yang kecil, menengah, hingga besar. Bisa juga digunakan untuk organisasi mahasiswa ataupun program pelatihan karyawan di kantor.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan materi training ini untuk supervisior atau karyawan dengan posisi staff atau officer.

Jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang apa saja materi pelatihan kepemimpinan yang dapat membantumu dalam meningkatkan leadership karyawan, maka Anda berada di tempat yang tepat! 

Artikel ini akan membahas secara jelas mengenai materi apa saja yang harus ada dalam pelatihan kepemimpinan, berbagai contoh sumber untuk mempelajarinya, serta tips memaksimalkan materi pelatihan kepemimpinan.

Yuk simak sampai habis artikel ini!


Apa itu Leadership Training? 




DIlansir dari situs helpjuice Training leadership adalah program pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan seseorang dalam berbagai aspek kehidupan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan, mengasah keterampilan komunikasi, dan membantu individu menjadi pemimpin yang lebih efektif dan berpengaruh.

Dalam Training Leadership, peserta akan belajar tentang berbagai aspek penting dalam kepemimpinan, seperti pengembangan visi dan misi, keterampilan komunikasi yang efektif, manajemen waktu, pengambilan keputusan, manajemen konflik, dan kepemimpinan berkelanjutan.


Apa Saja Materi Pelatihan Kepemimpinan?




Materi yang akan kami jelaskan disini merupakan materi-materi pelatihan leadership yang Dibimbing jalankan. Ini bisa kamu tiru sendiri dan kondisikan sesuai dengan kebutuhan kamu.


1. Leadership 101


Di materi ini, kita akan membahas tentang basic leadership. Tentang peran, tugas dan tantangan menjadi seorang pemimpin, khususnya pemimpin tim. 

Selain itu, di leadership 101, kita juga akan mempelajari tentang bagaimana memanage team agar mencapai OKR yang telah ditentukan. 

Materi ini cocok sekali bagi mereka yang belum ada di level leadership. Mempelajari basic leadership ini agar karyawan mempunyai sedikit pengetahuan tentang apa tuas dan tantangan menjadi seorang pemimpin.


2. Managing Team 


Menjadi seorang pemimpin berarti Anda akan mengarahkan tim menuju tujuan bersama yang umumnya telah dirumuskan sebagai OKR perusahaan

Pelatihan ini akan membantu Anda memahami cara memotivasi anggota tim, menyelesaikan konflik, dan mencapai OKR tersebut. 

Di Dibimbing, Anda akan dilatih cara memanage team dengan baik, dari mulai step by step empowering team, setting goal, dan memetakan kebutuhan individual masing-masing karyawan. 


3. Stakeholder Management


Salah satu tugas pemimpin adalah menjadi penghubung antara anggota timnya dengan divisi lain. Seorang leader sendiri memang bertugas untuk berkoordinasi dengan para stakeholder. 

Maka dari itu, penting untuk menguasai skill stakeholder management. Stakeholder management adalah proses mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola individu atau kelompok yang memiliki kepentingan dalam sebuah organisasi. 

Stakeholder bisa berasal dari dalam (seperti karyawan, manajer, pemegang saham) maupun luar organisasi (seperti pelanggan, pemasok, komunitas, regulator). 

Mengelola stakeholder dengan baik sangat penting bagi para pemimpin karena membantu memastikan bahwa semua pihak yang terlibat merasa didengar dan dihargai, yang pada gilirannya meningkatkan dukungan dan komitmen mereka terhadap proyek atau tujuan organisasi. 

Nah, di pelatihan leadership Dibimbing, untuk membantu dalam proses ini, ada berbagai tools yang dapat digunakan oleh pemimpin. Salah satu tools yang populer adalah Stakeholder Analysis yang membantu dalam mengidentifikasi siapa saja stakeholder dan memahami pengaruh serta kepentingan mereka terhadap proyek. 

Di materi ini, terdapat juga Focus Group Discussion agar Anda bisa berdiskusi dengan peserta lainnya. Seperti gambar di bawah ini: