Inilah Cara Menjawab Panggilan Interview dan Contohnya

Muthiatur Rohmah

15 January 2024

242

Image Banner

Mendapat panggilan interview merupakan kabar bahagia yang didambakan oleh para pencari kerja. Sebab itu artinya kita telah maju satu tahap lebih dekat dengan pekerjaan yang diimpikan.

Namun tahu nggak sih? Kebanyakan pencari kerja akan merasa bingung bagaimana cara membalas panggilan interview tersebut. Undangan interview merupakan saat yang paling didambakan, maka jawablah undangan tersebut secara tepat dan efektif.

Sobat MinDi belum tahu cara membalas panggilan interview dengan tepat dan efektif? Yuk simak cara menjawab dan contohnya berikut ini.


Cara Membalas Panggilan Interview yang Tepat dan Efektif


Dalam proses mencari kerja, saat mendapatkan panggilan untuk interview kerja adalah langkah penting yang menandakan bahwa kamu telah membuat kesan yang cukup baik melalui aplikasi atau CV.

Responsmu terhadap panggilan wawancara dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang profesionalisme, antusiasme, dan etika kerja kepada recruiter. Oleh karena itu, penting untuk menjawab lamaran kerja dengan cara yang tepat dan efektif.

Saat menerima panggilan atau email wawancara, dapat berarti bahwa Sobat MinDi diberikan kesempatan untuk memberikan kesan awal yang kuat sebelum wawancara sebenarnya berlangsung. 

Respon yang baik dan tepat dapat memberikan banyak informasi kepada rekruiter bahwa Sobat MinDi adalah salah satu calon kandidat yang tepat

Misalnya, saat Sobat MinDi merespons cepat dan profesional menunjukkan bahwa Sobat MinDi adalah seseorang yang responsif dan menghargai peluang yang diberikan. Sebaliknya, respon yang lambat atau memberikan kesan bahwa Sobat MinDi kurang tertarik dan tidak terampil dalam manajemen waktu.

Di samping itu, proses komunikasi saat menjawab panggilan interview dapat memberi Sobat MinDi kesempatan untuk siap dan tertarik secara lebih mendalam terhadap posisi yang ditawarkan. 

berikut adalah empat cara untuk menjawab panggilan Interview dengan tepat dan efektif, yang dapat meningkatkan kesan profesional dan membantu Sobat MinDi mempersiapkan diri lebih baik untuk interview itu sendiri. 

Cara menjawab panggilan interview harus mencakup respons yang cepat dan profesional, Yuk simak caranya berikut ini.


1. Tanggapi dengan Cepat Panggilan Interview



Saat Sobat MinDi menerima panggilan atau email untuk jadwal wawancara, usahakan untuk merespons dengan cepat. Jika terlambat dalam merespons dapat memberikan kesan kurang antusias dan tidak profesional.

Saat merespon, tunjukkan apresiasi atas kesempatan interview yang diberikan. Segera konfirmasi bahwa Sobat MinDi bersedia menghadiri sesi wawancara pada waktu yang diusulkan, atau diskusikan jadwal alternatif jika tidak dapat menghadiri pada waktu tersebut.


2. Membalas Undangan Interview dengan Sopan dan Hormat


Selama berkomunikasi, baik itu lewat telepon atau email, selalu gunakan bahasa yang sopan dan hormat. Gunakan kata-kata seperti “Terima kasih” dan “Saya menghargai...” untuk menunjukkan rasa terima kasihmu atas kesempatan yang diberikan.

Jika berbicara melalui telepon, pastikan untuk menjawab dengan suara yang jelas dan tenang, serta mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh pihak perekrut.


3. Siapkan Pertanyaan Saat Membalas Panggilan Interview


Siapkan pertanyaan Sobat MinDi kamu butuhkan tentang wawancara, seperti detail lokasi (untuk wawancara tatap muka), platform yang akan digunakan (untuk wawancara online), atau topik apa yang mungkin akan dibahas.

Hal ini menunjukkan bahwa Sobat MinDi proaktif dan serius mempersiapkan wawancara. Selain itu, ini juga membantu kamu merasa lebih siap dan percaya diri untuk wawancara.


4. Konfirmasi Detail Wawancara


Sebelum mengakhiri panggilan atau membalas email, pastikan untuk mengonfirmasi detail kunci dari interview, termasuk tanggal dan waktu wawancara, siapa yang akan mewawancarai kamu, dan format atau agenda wawancara.

Hal ini akan membantu menghindari k kesalahpahaman dan memastikan Sobat MinDi memiliki semua informasi yang diperlukan untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga: Inilah Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Simak Selengkapnya!


Contoh Balasan Jawaban Panggilan Interview yang Disukai HRD


Sobat MInDi sudah paham mengenai cara menjawab panggilan interview? berikutnya yuk simak mengenai contoh membalas panggilan interview versi MinDi berikut ini.

Menjawab panggilan untuk wawancara kerja dengan cara yang disukai oleh HRD atau perekrut dapat meningkatkan kesan profesionalisme dan antusiasme kamu terhadap peluang yang ditawarkan. Berikut adalah contoh bagaimana menjawab panggilan wawancara yang efektif dan profesional:


1. Contoh Membalas Panggilan Interview Via Telepon


HRD: "Halo, apakah ini [Nama Kamu]?"
Kamu: "Ya, ini dia. Selamat pagi, dengan siapa saya berbicara?"
HRD: "Ini [Nama HRD] dari [Nama Perusahaan]. Saya menelepon terkait aplikasi kerja Anda. Apakah ini waktu yang tepat untuk berbicara?"
Kamu: "Selamat pagi, [Nama HRD]. Ya, ini waktu yang tepat. Terima kasih telah menghubungi saya. Saya sangat tertarik dengan peluang di [Nama Perusahaan] dan berharap untuk lebih banyak mendiskusikan tentangnya."


2. Contoh Balasan Email Panggilan Interview


Subjek: Tanggapan atas Undangan Wawancara untuk Posisi [Nama Posisi]

Dear [Nama HRD],

Terima kasih telah menghubungi saya dan memberikan kesempatan untuk wawancara terkait posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya merasa terhormat dan sangat bersemangat untuk mendiskusikan bagaimana keterampilan dan pengalaman saya dapat berkontribusi pada tim [Nama Perusahaan].

Saya konfirmasi bahwa saya dapat menghadiri wawancara pada [tanggal dan waktu yang diusulkan]. Mohon beritahu saya jika ada detail atau materi khusus yang perlu saya siapkan sebelumnya.

Terima kasih sekali lagi atas kesempatan ini. Saya menantikan untuk bertemu dengan Anda dan tim pada [tanggal wawancara].

Hormat saya,
[Nama Kamu]
```

Dalam kedua contoh tersebut, kunci utamanya adalah merespons dengan cara yang sopan, profesional, dan menunjukkan ketertarikan yang tulus terhadap posisi tersebut.

Respon yang baik dapat Menjelaskan kesiapanmu untuk wawancara sehingga menunjukkan bahwa kamu Sobat MinDi adalah kandidat yang serius dan tertarik dengan posisi yang dilamar.

Sobat MinDi, itulah contoh dan cara merespons panggilan interview kerja. Perhatikan dengan baik dan teliti, sebab interview adalah langkah yang lebih dekat dengan karir yang Sobat MinDi impikan.

Ingin meningkatkan skill sebelum mencapai karir impian? Yuk ikuti kelas persiapan karir dibimbing.id. Dengan didampingi banyak mentor berpengalaman siap menjadikan Sobat MinDi sebagai mahasiswa yang unggul dan siap dalam menghadapi dunia kerja.

Tunggu apalagi? Daftar sekarang di sini! dan dapatkan promo menariknya!



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!

Internal server error