7 Ide Kegiatan Bonding Karyawan Agar Tim Kompak & Solid

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

17 April 2024

•

185

Image Banner

Dengan kelompok yang kompak dan solid, Anda bisa meningkatkan kerja sama dan produktivitas tim. Oleh sebab itu, mengeksplorasi ide bonding karyawan mungkin jadi hal penting bagi seorang lead.


Dengan mengeksplorasi ide-ide ini, Anda bisa menambah kesenangan di tempat kerja bagi para anggota tim. Untuk membantu Anda, MinDi sudah siapkan 7 ide bonding karyawan. Yuk, baca artikel ini sampai habis!



7 Ide Kegiatan Bonding Karyawan Paling Seru



Sumber: Freepik


Menciptakan suasana kerja yang lebih seru adalah kunci tim kompak dan solid. Dengan melaksanakan berbagai kegiatan bonding, Anda bisa meningkatkan kerjasama tim dan memperkuat hubungan antar karyawan.


Berikut adalah tujuh ide bonding karyawan yang bisa meningkatkan kekompakan dan semangat tim:


1. Hari Olahraga Perusahaan


Ide kegiatan bonding karyawan pertama adalah hari olahraga perusahaan. Mengadakan hari olahraga adalah cara tepat untuk membangun semangat tim dan kesehatan secara bersamaan. 


Anda bisa mengatur berbagai cabang kompetisi seperti sepak bola, bola voli, dan lomba lari. Kegiatan ini bisa mendorong partisipasi dari semua level karyawan. 


Selain itu, menyertakan aktivitas yang lebih ringan seperti tai chi atau yoga juga bisa mengakomodasi karyawan yang membutuhkan opsi yang kurang berintensitas tinggi. 


Dengan begitu, hari olahraga juga bisa menjadi ajang tahunan yang ditunggu. Pada akhirnya, ini akan memperkuat identitas perusahaan dan mempererat hubungan antar departemen.


Baca Juga: 7 Cara Melakukan Peningkatan Kompetensi Karyawan




2. Workshop Seni dan Kerajinan


Ide bonding karyawan berikutnya adalah workshop seni dan kerajinan. Workshop ini memberikan kesempatan untuk karyawan mengasah kreativitas mereka dan mungkin menemukan bakat tersembunyi. 


Aktivitas yang dilakukan bisa berupa melukis, membuat keramik (pottery), atau pembuatan perhiasan. Ini tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga sebagai cara untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres kerja. 


Dengan mengadakan pameran karya di akhir sesi, Anda juga dapat meningkatkan rasa penghargaan dan pencapaian bersama antar anggota.



3. Piknik Keluarga Besar


Ide bonding karyawan berikutnya adalah piknik bersama pegawai dan keluarganya. Piknik di taman atau lokasi alam terbuka memungkinkan karyawan membawa serta keluarga mereka.


Hal ini membantu menunjukkan bahwa perusahaan menghargai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi karyawan. Ini adalah kesempatan bagi keluarga untuk bertemu dan berinteraksi dengan lingkungan kerja anggota keluarga mereka.



4. Kompetisi Memasak


Berikutnya adalah kompetisi memasak. Kegiatan ini sangat interaktif dan menyenangkan, sehingga ini memungkinkan karyawan untuk bekerja dalam tim untuk menyiapkan hidangan terbaik. 


Memasak membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik dan secara langsung dapat diterapkan kembali di lingkungan kerja. Mengundang chef profesional atau tokoh lokal sebagai juri dapat menambah elemen ekstra kegiatan ini.



5. Escape Room Challenge


Ide bonding karyawan berikutnya adalah escape room challenge. Secara umum, escape room adalah simulasi yang bisa memperkuat kemampuan pemecahan masalah dan kerja sama tim dalam tekanan. 


Teka-teki dan misteri yang harus dipecahkan dalam waktu yang terbatas memacu karyawan untuk berkomunikasi secara efektif. Hal ini juga akan memicu karyawan dalam mengandalkan kekuatan satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.


Baca Juga: 10 Pelatihan Soft Skill Karyawan: Meningkatkan Produktivitas



6. Karaoke Night


Selanjutnya adalah karaoke night. Mengadakan malam karaoke merupakan cara yang baik untuk mengurangi stres.


Selain itu, kegiatan ini memperbolehkan karyawan untuk mengekspresikan diri di lingkungan yang santai dan mendukung. Kegiatan ini sering kali akan mengungkapkan sisi lain dari kepribadian karyawan yang mungkin tidak terlihat selama jam kerja.


Pada akhirnya, acara ini bisa memperkuat ikatan dan pengertian antar kolega.



7. Volunteer Day


Ide bonding karyawan yang terakhir adalah volunteer day. Dengan melibatkan karyawan dalam proyek sukarelawan, perusahaan takan memperkuat rasa komunitas dan tanggung jawab sosial pegawai.


Selain itu, ini juga bisa menjadi media untuk memperlihatkan nilai-nilai perusahaan dalam praktik nyata. Proyek seperti membersihkan taman lokal atau membangun rumah untuk yang membutuhkan akan membantu karyawan merasa bahwa mereka sedang berkontribusi pada komunitas sosial.



Itulah beberapa ide bonding karyawan. Dengan kegiatan di atas, Anda bisa meningkatkan semangat dan produktivitas tim. 


Selain itu, ini juga bisa membentuk budaya perusahaan yang lebih inklusif dan mendukung. Apakah Anda juga mau mempererat koneksi dengan karyawan perusahaan?


Jika iya, Anda bisa daftarkan perusahaan ke corporate training dibimbing.id. Dengan mengikuti program ini, tim Anda bisa menjadi lebih kompak sambil bertumbuh dan berkembang sesuai tujuan perusahaan.


Lebih lanjut, program ini bersifat fleksibel. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pelatihan yang paling tepat sesuai kebutuhan perusahaan.


Tunggu apalagi? Yuk segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.








Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!