dibimbing.id - 7 Format CV ATS yang Wajib Diikuti Agar Lolos Tahap Screening

7 Format CV ATS yang Wajib Diikuti Agar Lolos Tahap Screening

Dibimbing.id

•

23 August 2022

•

3035

Image Banner

Udah bikin CV bagus dan kreatif, pengalaman yang banyak, skill yang mumpuni, tapi belum juga dapat panggilan dari HRD? Kira-kira kenapa ya? Apa jangan-jangan skill nya kurang oke?

Eittss, tenang Sobat MinDi. Jangan buru-buru insecure sama skill kamu ya, kadang gak dipanggil HRD bukan karena skill kamu yang kurang, tapi CV kamu gak lolos screening. Kamu tau kan kalau HRD Cuma butuh waktu sepersekian detik buat screening CV pelamar kerja. Atau kadang dalam tahap screening juga dilakukan dengan bantuan sistem ATS (Applicant Tracking System). Nah mungkin masalah kamu ada di format CV nya. 

“Terus aku harus buat CV yang gimana ya, MInDi?” 

Solusinya adalah bikin dengan format CV ATS. Buat Sobat MInDi yang belum tau gimana caranya bikin CV ATS, kali ini MinDi bakal kasih tau kamu tujuh format CV ATS biar kamu bisa lolos tahap screening. Yuk langsung scroll sampai habis ya! 

Format CV ATS yang Baik dan Benar 

Contoh CV ATS friendly

Oke, sebelum MinDi bahas tentang format CV ATS, Sobat MinDi harus tau lebih dulu tentang perbedaan dari CV ATS dan CV kreatif. Sebenarnya perbedaan paling jelas dapat dilihat dari bentuk desainnya. Kalau CV kreatif, Sobat MinDi bisa mengeksplor kemampuan desain kamu. Bisa juga melakukan padu padan warna agar terlihat lebih hidup dan ceria. Tapi beda dengan CV ATS yang desainnya sangat simple dan terkesan sangat formal, hal ini dilakukan agar CV bisa terbaca oleh sistem ATS. 

Nah kalau udah terbayang gambaran perbedaannya, sekarang MinDi bakal bahas formatnya. Let’s go! 

  1. Pahami posisi yang akan kamu lamar

Sebenarnya ini poin dasar yang harus diperhatikan ketika melamar pekerjaan, baik menggunakan CV ATS ataupun CV kreatif. Namun dalam poin ini pemilihan keyword sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar menjadi sangat penting. Sebelumnya MinDi menyebutkan kalau screening CV juga memanfaatkan sistem ATS, jadi kalau Sobat MinDi pakai keyword yang berhubungan sama skill posisi yang akan dilamar bakal memudahkan sistem mendeteksi CV kamu. 

Misalnya kamu akan melamar menjadi staf Administrasi, maka kamu bisa menggunakan keyword  â€śpembukuan”, “teliti”, atau kata terkait lainnya di CV kamu. Jadi coba lakukan riset keyword terlebih dahulu ya, lalu cantumkan di CV kamu. 

Perlu diperhatikan juga, baiknya kamu tidak mencantumkan singkatan-singkatan ya. Misal pada Ms. Word, lebih baik kamu menulisnya secara lengkap menjadi Microsoft Word. 

  1. Buat judul bagian-bagian CV dengan jelas

CV ATS akan membutuhkan desain yang sangat sederhana, jadi sebisa mungkin kamu menuliskan bagian-bagian penting dengan jelas ya. Misalnya pada bagian heading, seperti “Pengalaman”, “Profil”, “Skill”, atau heading lainnya, lebih baik kamu tulis dengan ukuran font yang lebih besar sembari manfaatkan fitur bold. Tujuannya biar lebih jelas dan mudah terbaca oleh sistem ATS

  1. Isi dengan informasi relevan

Seperti yang udah MinDi bahas di poin sebelumnya, bahwa kamu harus paham dengan posisi yang akan dilamar dan cantumkan beberapa keyword yang relevan. Jadi isi CV kamu sepenuhnya harus relevan dengan posisi yang akan dilamar ya. Baiknya juga hindari atau hilangkan hal-hal yang gak berkaitan dengan posisi yang akan kamu lamar. 

Kenapa? Karena sistem ATS akan menganggap CV kamu tidak relevan, bisa-bisa nanti kamu gak lolos tahap screening. Selain itu, Sobat MinDi juga harus selalu mengecek detail tiap kata yang ditulis ya, jangan sampai ada kata yang gak tepat atau typo

  1. Manfaatkan simbol poin dan angka

Walaupun desainnya sederhana, kamu masih tetap bisa memanfaatkan simbol poin dan angka, lho. Simbol poin dan angka bakal bikin CV kamu jadi terlihat lebih rapi, sederhana, dan sistematis. Nah tampilan ini yang bakal disukai sama sistem ATS. Selain itu penggunaan simbol poin dan angka juga bakal jauh lebih mudah dibaca sama sistem dibandingkan harus menjabarkan panjang lebar dengan paragraf

  1. Pemilihan font

Contoh font ATS friendly

Nah kalau udah memperhatikan poin-poin sebelumnya, Sobat MinDi jangan sampai kelewatan memperhatikan poin penting ini. Jangan sampai kamu bikin CV ATS dengan font yang aneh-aneh. Sobat MinDi bisa pakai font yang memberikan kesan formal dan baku kayak Calibri, Helvetica, Cambroa, Lato, Georgia, Verdana, dan Arial.

  1. Pastikan desain atau layout sederhana

Nah sekarang udah hampir di tahap terakhir. Pastikan Sobat MinDi pakai desain dan layout  yang sederhana aja ya. Perhatikan juga, baiknya kamu gak pakai gambar, grafik, tabel, dan text box. Penggunaan elemen-elemen itu bakalan bikin CV kamu susah dideteksi sama sistem ATS. Lebih baik pakai simbol poin dan angka yang udah MinDi jelaskan sebelumnya. Perhatikan juga penggunaan ukuran fontnya ya, jangan sampai terlalu besar dan terlalu kecil. 

  1. Gunakan format ATS yang benar

Kalau udah sampai poin ini artinya pembuatan CV ATS kamu udah hampir selesai. Sobat MinDi hanya perlu menyimpannya dengan format yang benar. Kamu bisa menyimpannya dengan format PDF atau doc. Namun sebenarnya sistem ATS akan lebih mudah membaca file dalam format doc, jadi sebaiknya kamu melakukan hal yang sama. Hindari penggunaan format JPG, JPEG, dan PNG ya, karena sistem ATS gak bisa baca data dalam bentuk foto. 

Itu dia beberapa format CV ATS yang wajib kamu perhatikan ya, Sobat MinDi. Siapa tau setelah menerapkan format-format tadi, kamu bakalan cepat dipanggil sama HRD. 

Nah buat Sobat MinDi yang masih butuh banget konsultasi soal karir, mulai dari tes psikotes, cara interview, seluk beluk CV, atau hal-hal lain tentang persiapan kerja, Sobat MinDi bisa lho daftar layanan Scareer dari dibimbing.id 

Lewat layanan CV dan LinkedIn Review, kamu bisa lho konsultasi tentang persiapan dan perbaikan CV/Resume kamu. Nantinya kamu bakalan dapat feedback dalam bentuk dokumen PDF. Feedback ini juga kamu dapatkan dari HR expert  yang telah tersertifikasi BNSP. Ga sampai disitu aja, kamu juga bakal dapat free layanan konsultasi mentor yang expert lho. 

Nah tunggu apalagi, segera daftar layanannya disini ya! See you! 



Referensi:

7 tips membuat CV ATS friendly agar lolos screening HRD. (n.d.). EKRUT | #1 tech talent recruitment platform in Indonesia. https://www.ekrut.com/media/cv-ats-friendly

CakeResume. (2021, September 2). Begini Cara Membuat CV ATS friendly agar Lolos screening! https://www.cakeresume.com/resources/cv-ats-friendly?locale=en

Perbedaan CV Kreatif Dan ATS, Jangan Sampai Salah buat! (2022, January 18). Medium. https://myedusolveindonesia.medium.com/perbedaan-cv-kreatif-dan-ats-jangan-sampai-salah-buat-ec5e138808b

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!đź‘‹

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!