Blog

/

Web Development

/

Download Template Bootstrap Gratis dari Website Ini

Download Template Bootstrap Gratis dari Website Ini

Dibimbing.id

25 August 2022

7056

Dalam membangun website, bakalan dibutuhkan proses pengkodingan dengan berbagai macam bahasa pemrograman. Mulai dari CSS, HTML, JavaScript. Nah dalam prosesnya, ternyata ada beberapa tools framework yang bisa memudahkan proses pengerjaan website. 

Beberapa terakhir ini dikenal yang namanya bootstrap. Salah satu framework open  access yang bisa membantu pekerjaan front end. Nah di artikel kali ini Mindi bakal bahas lebih lanjut nih tentang bootstrap ini dan website penyedia template bootstrap yang bisa kamu kunjungi dan download secara leluasa. 

Udah mulai penasaran? Yuk lanjut scroll, Sobat Mindi! 

Apa Itu Bootstrap?

Bagi Sobat MinDi yang berkecimpung dalam bidang programming atau developer pasti udah gak asing kan dengan yang namanya framework? Struktur kerangka kerja atau framework memang menjadi suatu kebutuhan penting ketika kamu akan membangun suatu website. Adanya framework bakalan memudahkan proses pengkodingan. 

Nah, bootstrap adalah salah satu framework open source yang digunakan untuk mempermudah proses pengerjaan front end website. Bootstrap diciptakan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton dari Twitter pada tahun 2011 lalu. Dulunya, framework ini memiliki nama Twitter Blueprint. 

Penggunaan bootstrap bakalan benar-benar membantu Sobat MInDi untuk membuat tampilan desain visual, mulai dari pengembangan tipografi, navigasi, tombol dan elemen user interface lainnya. Framework yang menggunakan basis HTML, CSS, dan JavaScript ini bakalan gampang banget digunakan karena berbentuk class yang tinggal pakai tanpa perlu pengkodingan. Jadi cocok banget sekalipun itu buat kamu yang masih pemula. 

Website Penyedia Template Bootstrap

Seperti yang MinDi udah bahas sebelumnya, bootstrap ini memiliki sifat yang open source, jadi kamu bisa mendownloadnya dan menerapkannya untuk website kamu. Nah ada beberapa website yang menyediakan template bootstrap secara lengkap, yaitu:

  1. Bootstrap themes

Kebanyakan website ini menyediakan template yang berbayar, namun kualitasnya memang gak perlu kamu ragukan lagi. Bahkan setiap template yang disediakan ini udah dapat review dari pengembang bootstrap. Jadi ketika ada pembaruan ataupun tema-tema baru, tim pengembang bootstrap ini bakalan melakukan pemeriksaan dan evaluasi sesuai dengan pedoman yang ada. 

Mereka melakukan pengecekan mulai dari penamaan class, plugin reusability, bulid tooling, fleksibilitas komponen, dan hal-hal lainnya. Jadi template dari website ini memang sangat sudah siap kamu pakai dan udah terjamin komponen-komponennya. 

  1. Bootstrap made

Tapi buat Sobat MinDi yang belajar dan mungkin belum memiliki budget yang terlalu banyak untuk membeli template dari website sebelumnya, kamu gak perlu sedih. Sobat MinDi bisa mendapatkan template bootstrap gratis dari website ini. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam template bootstrap secara gratis dan berbayar. 

Template yang disediakan dari website ini juga didesain dengan tertata dan elegan oleh pengembang bootstrap. Kamu bisa menemukan 74 template bootstrap gratis, cocok buat kamu yang memang masih belajar, template ini juga udah diunduh lebih dari 2 juta kali, lho. 

Rekomendasi Template Bootstrap untuk Website Kamu

Banyaknya template bootstrap yang tersebar di internet, menjadikan kamu bisa memilihnya dengan leluasa, sesuai dengan kebutuhan website kamu. Template-template yang ada juga biasanya menyediakan berbagai macam tema, mulai dari game, olahraga, makanan, fotografi, dan tema-tema lainnya. 

Berikut ini beberapa rekomendasi template bootstrap yang mungkin saja bisa cocok digunakan untuk website kamu. 

  1. Mosaic

Template bootstrap ini cocok untuk kamu yang memiliki online shop

Untuk kamu yang memiliki online shop, jangan sampai kamu melewatkan template yang satu ini. Mosaic menyediakan berbagai fitur yang lengkap dan fleksibel, sangat cocok digunakan untuk website online shop. Kamu bakalan mendapati adanya parallax effect, animated statistics, split screen slide, portofolio kategori, hingga adanya section untuk testimoni.

Untuk kamu yang sedang memulai online shop, fitur-fitur yang disebutkan tadi bakalan membuat website kamu jadi gak membosankan. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Datarc

Template ini memberikan kesan modern dan elegan

Datarc adalah template yang menyediakan berbagai macam warna modern dan segar. Template ini bakalan cocok untuk semua jenis bisnis. Tampilannya yang Cuma satu halaman, bakalan cocok banget untuk landing page bisnis kamu. Kamu bisa mengisinya dengan informasi produk, layanan, portofolio, tim, dan kontak informasi tanpa berpindah halaman. 

Desainnya yang simple dan modern dalam satu halaman ini juga akan nyaman dibuka di semua device. 

  1. PhotoGallery

PhotoGallery, template bootstrap cocok untuk kamu si fotografer

Kamu yang bergelut dalam bidang fotografi, template ini akan cocok banget buat dijadikan tempat portofolio hasil jepretan kamu. Sesuai dengan namanya, template ini bakal menampilkan semua hasil jepretan kamu seperti galeri. Kamu juga bisa memberikan keterangan di samping foto-foto kamu. 

Desain dari template ini juga simple dan elegan dengan kesan yang sangat modern. 

  1. Shapely

Template ini cocok untuk optimasi website kamu

Template WordPress yang satu ini bisa kamu gunakan dan customize sesuai dengan kebutuhan kamu secara mudah. Beberapa fitur menarik dari template ini akan bermanfaat banget untuk optimasi website kamu, mulai dari fitur SEO, multi-level dropdown menu, efek parallax, dan juga section untuk online shop kamu. 

Itu dia beberapa website penyedia template bootstrap dan beberapa rekomendasi template yang bisa kamu gunakan untuk website kamu. Nah apabila Sobat MinDi memang masih pemula, mungkin bisa mengeksplor template yang gratis terlebih dahulu ya, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. 

Setelah baca artikel ini, kira-kira kamu tertarik buat memperdalam web developer gak nih Sobat MinDi?

Aku tertarik nih MinDi, tapi masih bingung gimana mulai belajarnya.

Nah, buat Sobat MinDi yang ingin memperdalam tentang web developer tapi masih bingung harus mulai dari mana, yuk daftar di Bootcamp Web Development yang disediakan oleh dibimbing.id. Melalui bootcamp ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar web development secara intensif bersama expert.

Selain itu, Sobat MinDi juga bakalan banyak dapet benefit, lho! Mulai dari live class via zoom selama 50+ pertemuan, practical exercises, final project, hingga tambahan business english bersertifikat untuk persiapan kerja kamu. 

Gak sampai disitu aja nih, Sobat MinDi juga bisa konsultasi pribadi dengan mentor yang berpengalaman lho. Sttt, ada penyaluran kerja juga! 

Nah tunggu apalagi, yuk daftar segera Bootcamp Web Development!


Referensi:

Cara Menggunakan framework bootstrap Dan Keunggulan Yang Dimiliki. (2021, April 21). Sekawan Media | Software House & System Integrator Indonesia. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/apa-itu-bootstrap/

Download template bootstrap gratis Untuk website ANDA. (2021, October 21). Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/download-template-bootstrap/

Bootstrap: Pengertian, Kegunaan, Kelebihan, Dan Kekurangannya. (2022, May 13). Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/bootstrap-adalah/

Best free website templates 2021. (2021, November 21). Free Bootstrap Themes and Website Templates | BootstrapMade. https://bootstrapmade.com/free-website-templates/

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Web Development

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai jika ingin mendalami data science adalah pytho...

Image Author

Dibimbing.id

28 September 2022

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Dipahami, Lho!

Web Development

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Di...

Berbagai contoh use case diagram berikut ini akan membantu pemahaman Sobat MinDi. Penerapan use cas...

Image Author

Suci Wulandari

29 May 2023

Apa Itu GitHub? Definisi, Fungsi, Istilah, & Cara Gunakannya

Web Development

Apa Itu GitHub? Definisi, Fungsi, Istilah, & Cara Gunakannya

GitHub adalah platform hosting kode untuk mengembangkan software. Pelajari apa itu GitHub hingga ca...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 July 2023

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Web Development

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Membuat biodata yang menarik dan informatif di HTML dapat membantu meningkatkan kesan profesional, ...

Image Author

Suci Wulandari

21 September 2023

Virtual Machine (VM):  Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Web Development

Virtual Machine (VM): Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Virtual machine atau VM artinya adalah emulasi hardware komputer yang berkaitan dengan pelaksanaan ...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

02 February 2024

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Web Development

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Aplikasi gerbang logika bisa ditemukan di berbagai aspek dari elektronik digital hingga sistem komp...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

08 February 2024