Dibimbing X Pertamina: Tingkatkan Skill Karyawan Lewat Pelatihan Excel

Dibimbing.id

•

Invalid date

•

2628

Image Banner

Pada periode dari Agustus 2023 hingga Januari 2024, Pertamina Retail menyelenggarakan pelatihan Microsoft Excel yang diadakan di Energy Station Academy. 

Pelatihan ini diikuti oleh berbagai peserta, termasuk karyawan tetap di Pertamina Retail, karyawan outsourcing, dan peserta dari Office Development Program.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital para peserta dengan fokus pada penggunaan Microsoft Excel, dari tingkat dasar hingga lanjutan. 


Latar Belakang Perusahaan


Pertamina, atau PT Pertamina (Persero), adalah perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak di bidang energi. 

Didirikan pada tahun 1957, Pertamina telah menjadi tulang punggung industri energi di Indonesia, mengelola seluruh aspek dari hulu hingga hilir industri minyak dan gas. 

Perusahaan ini bertanggung jawab atas eksplorasi, produksi, pengolahan, dan distribusi minyak dan gas di seluruh nusantara. 

Dengan sejarah yang kaya dan komitmen terhadap inovasi, Pertamina terus berupaya memenuhi kebutuhan energi dalam negeri sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.


Tantangan yang Dihadapi



Dalam upaya mempersiapkan talenta Pertamina agar mahir di bidang Microsoft Excel, ada beberapa tantangan yang mereka hadapi:

  1. Variasi Pemahaman Excel: Peserta memiliki tingkat pemahaman yang beragam tentang Excel, mulai dari yang sangat dasar hingga yang sudah cukup mahir. Membuat program yang dapat mengakomodasi semua level ini menjadi tantangan tersendiri.
  2. Latar Belakang Berbeda: Peserta berasal dari berbagai divisi, termasuk sales, finance, marketing, dan data. Setiap divisi memiliki kebutuhan spesifik yang berbeda dalam penggunaan Excel, sehingga pelatihan harus bisa relevan untuk semuanya.
  3. Adaptasi dengan Teknologi Baru: Banyak peserta yang belum familiar dengan fitur-fitur canggih Excel seperti Power Pivot, Macro, dan VBA. Mengatasi resistensi terhadap teknologi baru dan memastikan mereka nyaman menggunakan fitur-fitur ini memerlukan pendekatan yang efektif.



Solusi yang Diberikan


Untuk menjawab tantangan yang dihadapi Pertamina, Dibimbing.id merancang program pelatihan intensif selama enam bulan yang mencakup berbagai materi penting dalam Microsoft Excel. 

Program ini dirancang dengan pendekatan yang komprehensif dan interaktif, memastikan setiap peserta dapat mengikuti dan memahami materi dengan baik, terlepas dari latar belakang dan tingkat pemahaman awal mereka.

1. Excel Data Cleaning: Materi ini mengajarkan peserta bagaimana membersihkan data mentah menjadi data yang siap untuk dianalisis. 

Peserta belajar teknik-teknik praktis untuk menghilangkan duplikasi, menangani missing values, dan memastikan data konsisten. Dengan data yang bersih, analisis menjadi lebih akurat dan dapat diandalkan.

2. Excel Formula: Peserta diperkenalkan dengan berbagai formula dasar hingga kompleks yang sering digunakan dalam analisis data. 

Mereka belajar bagaimana menggunakan formula seperti VLOOKUP, HLOOKUP, IF, SUMIF, dan lain-lain. Penguasaan formula ini membantu peserta dalam menyelesaikan perhitungan dan analisis data dengan lebih efisien.

3. PivotTable: Materi ini fokus pada penggunaan PivotTable untuk menyusun dan menganalisis data dengan cepat. 

Peserta belajar cara membuat PivotTable, memodifikasi tata letaknya, dan menggunakan fitur-fitur lanjutan seperti calculated fields dan calculated items. 

PivotTable memungkinkan mereka untuk menyajikan data dalam format yang lebih mudah dipahami dan diinterpretasikan.

4. PivotChart: Selain PivotTable, peserta juga diajarkan cara membuat PivotChart untuk visualisasi data. 

Dengan PivotChart, mereka dapat membuat grafik yang dinamis dan interaktif, sehingga memudahkan dalam menyampaikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

5. Data Visualization using Excel Dashboard: Dalam sesi ini, peserta belajar cara membuat dashboard interaktif menggunakan Excel. 

Mereka diajarkan teknik-teknik visualisasi data yang efektif, seperti menggunakan conditional formatting, sparklines, dan slicers. 

Dashboard ini membantu mereka untuk memantau kinerja dan membuat keputusan berdasarkan data secara real-time.

6. Power Pivot: Materi ini memperkenalkan peserta pada Power Pivot, sebuah add-in Excel yang memungkinkan pengolahan data dalam jumlah besar dan analisis yang kompleks. 

Peserta belajar cara mengimpor data dari berbagai sumber, membuat relationships antar tabel, dan menggunakan DAX (Data Analysis Expressions) untuk analisis yang lebih mendalam.

7. Macro & VBA in Excel: Sesi ini mengajarkan peserta cara mengotomatisasi tugas-tugas berulang menggunakan Macro dan VBA (Visual Basic for Applications). 

Mereka belajar cara merekam macro, menulis skrip VBA sederhana, dan memodifikasi kode untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Automasi ini membantu mereka menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Selama pelatihan, Dibimbing.id juga menyediakan sesi konsultasi dan mentoring individu untuk memastikan setiap peserta mendapatkan perhatian dan dukungan yang dibutuhkan. 

Dengan pendekatan yang personal ini, setiap peserta dapat mengatasi hambatan belajar mereka dan mengembangkan keterampilan Excel mereka secara maksimal. 

Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam menggunakan Excel untuk kebutuhan pekerjaan mereka sehari-hari.

Dibimbing.id juga menggunakan metode pengajaran yang inovatif, seperti studi kasus dan proyek nyata, untuk memastikan materi yang diajarkan relevan dengan situasi yang akan dihadapi peserta di tempat kerja. 

Peserta tidak hanya belajar teori tetapi juga langsung menerapkan pengetahuan mereka dalam skenario praktis. Hal ini membuat pelatihan menjadi lebih menarik dan bermanfaat bagi mereka.

Dengan pendekatan yang holistik ini, program pelatihan Microsoft Excel 365 dari Dibimbing.id berhasil membantu Pertamina dalam meningkatkan keterampilan digital karyawan mereka, menjawab tantangan yang dihadapi, dan mencapai hasil yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat.


Hasil yang Dicapai


Peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mereka menggunakan Excel. 

Selain itu, para peserta kini mampu menggunakan Excel untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lebih kompleks di tempat kerja mereka. 

Testimoni dari para peserta juga menunjukkan kepuasan yang tinggi terhadap program ini. Banyak peserta yang menyatakan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Excel dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan ke dalam pekerjaan sehari-hari mereka. 

Salah satu peserta, Febrian Khairan Yusuf, menyatakan, "Program ini membantu saya memahami pengolahan data, dari cleansing hingga membuat dashboard monitoring. Materi favorit saya adalah Power Pivot dan pengenalan DAX, yang sangat membantu dalam pekerjaan saya sebagai data analyst.", ucap dia. 

Selain Riski, Kamilia Fidni, salah satu pegawai Pertamina mengatakan bahwa ia senang dengan pemateri yang dibawah Dibimbing. 

“Materi ini membantu dalam menambah dan mengembangkan ilmu saya mengenai microsoft excel. Selain itu, proses training nya juga fun dan interaktif untuk diikuti. 

Materi favorit saya pada training adalah materi yang membahas terkait pivot, karena materi itu akan sangat membantu proses implementasi dalam bekerja di Pertamina Retail“, kata Kamilia.

Dengan hasil yang signifikan ini, Pertamina Retail berhasil meningkatkan keterampilan digital karyawannya, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan di era digital.

 Keberhasilan program ini juga memperkuat hubungan kerja sama antara Pertamina dan Dibimbing.id, yang berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sumber daya manusia di berbagai sektor.


Penutup


Kolaborasi antara Pertamina dan Dibimbing.id telah berhasil meningkatkan keterampilan karyawan Pertamina dalam menggunakan Microsoft Excel. 

Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam mengolah data. 

Dengan hasil yang signifikan ini, Dibimbing.id bangga telah menjadi bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia di Pertamina.

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!