Blog

/

Digital Marketing

/

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Aulia Putri Andrika

10 August 2022

6678

Image Banner

Awal mula berdirinya media sosial Instagram hanya digunakan untuk mengunggah foto namun, dengan seiringnya perkembangan teknologi yang begitu cepat Instagram membuat pembaruan yang cukup signifikan untuk fungsi pencariannya. Pada awalnya hanya dapat mencari profil, tagar, dan lokasi, kamu sekarang dapat mencari kata kunci umum dan itu akan menampilkan semua posting yang menyertakan kata-kata keluar tersebut.


Mencari kata kunci disebut dengan SEO Instagram, Jika kamu menggunakan Instagram untuk memasarkan bisnis, cara terbaik untuk menjamin kesuksesan adalah dengan meningkatkan pengikut  terlebih dahulu. Semakin banyak orang yang berhasil kamu jangkau, semakin tinggi peluang kamu untuk mendorong penjualan. Jadi, optimasi Instagram adalah suatu keharusan. Strategi SEO Instagram (optimasi mesin pencari) yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan Anda di platform.


Untuk meningkatkan pengikut, kamu harus ditemukan di platform. Ini adalah bagian tersulit karena Instagram SEO sedikit berbeda dari Google SEO biasa yang biasa  digunakan, jadi perlu sedikit membiasakan diri. Memoles keterampilan optimasi SEO  akan membuat merek atau bisnis kamu lebih ramah pencarian, dan dapat membantu menghubungkan dan membangun komunitas juga.


Apa itu SEO Instagram?

Instagram SEO adalah proses mengoptimalkan konten kamu untuk membuat peringkat profil yang lebih tinggi di hasil pencarian Instagram. Saat seseorang mencari kata kunci atau hashtag yang relevan di kotak pencarian Instagram, kamu  ingin akun atau konten muncul di dekat bagian atas daftar. Dengan mengikuti praktik terbaik SEO Instagram kamu dapat meningkatkan peluang ditemukan oleh pengguna yang menelusuri kata kunci yang terkait dengan bisnis  yang kamu kelola. 


Buat kamu yang penasaran dengan cara mengaplikasikan SEO Instagram ini tenang, jangan sedih Sobat MinDi. Selama ada MinDi, dijamin deh akan selalu ada solusi! Kali ini MinDi juga bakalan kasih tau cara melakukan optimasi SEO Instagram. Yuk, jangan lupa disimak baik-baik ya!  

5 Cara Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

1. Optimalkan profil Instagram  untuk pencarian

Profil Instagram kamu adalah tempat terbaik untuk memasukkan kata kunci dan istilah pencarian yang relevan. SEO bio Instagram dimulai dengan nama Instagram SEO. Pilih nama pegangan dan profil yang relevan dengan konten kamu. Jika kamu terkenal dengan nama merek, maka itu adalah tempat terbaik untuk memulai. Jika ada ruang untuk kata kunci di nama kamu, sertakan juga.


2. Gunakan hashtag yang tepat

Meskipun cara ini sudah lama dianggap sebagai trik orang dalam untuk menyembunyikan tagar di komentar, Instagram kini telah mengungkapkan bahwa kata kunci dan tagar harus muncul langsung di teks untuk mempengaruhi hasil pencarian. kamu juga bisa menggunakan tip tagar khusus untuk muncul di hasil pencarian, seperti gunakan hanya hashtag yang relevan, gunakan kombinasi tagar yang terkenal, khusus, dan spesifik (berbasis merek atau kampanye), batasi hashtag hingga 3 hingga 5 per posting. Jangan gunakan hashtag yang tidak relevan atau terlalu umum.


3. Gunakan kata kunci yang tepat

Pada tampilan Instagram yang dulu, pencarian Instagram tidak mempertimbangkan kata kunci dalam teks, tetapi kini telah berubah. Instagram sekarang secara khusus merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci yang relevan dalam teks posting untuk membantu penemuan. Itu karena mereka mengubah cara hasil pencarian disajikan. Di masa lalu, hasil pencarian hanya menyertakan akun, tagar, dan tempat yang relevan. Sekarang, hasil pencarian juga menyertakan halaman hasil kata kunci yang dimaksudkan untuk menjelajah. Ini adalah berita bagus untuk merek yang kurang dikenal, karena memberi orang kesempatan yang lebih baik untuk menemukan konten  tanpa mencari nama akun spesifik.


4. Tambahkan teks alternatif ke gambar

Teks alternatif di Instagram sama seperti teks alternatif di web. Ini adalah deskripsi teks dari gambar atau video yang membuat konten dapat diakses oleh mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Ini juga memberikan deskripsi konten jika foto itu sendiri gagal dimuat. Teks alternatif Instagram juga memiliki keuntungan membantu Instagram lebih memahami apa yang ada di konten dan akan lebih memahami apakah konten tersebut relevan dengan pencarian tertentu. Instagram menggunakan teknologi pengenalan objek untuk membuat deskripsi otomatis setiap foto bagi mereka yang menggunakan pembaca layar. Informasi ini juga memberikan informasi kepada algoritma Instagram dan hasil pencarian tentang konten.


5.Pertahankan akun yang berkualitas

Hasil pencarian Instagram juga didasarkan pada Pedoman Rekomendasi Instagram. Itu berarti akun yang melanggar pedoman ini akan muncul lebih rendah di hasil pencarian atau tidak muncul di pencarian sama sekali. Ingatlah bahwa Pedoman Rekomendasi lebih ketat daripada Pedoman Komunitas . Singkatnya, jika kamu melanggar Pedoman Komunitas, konten akan dihapus dari Instagram sama sekali. Jika kamu melanggar Pedoman Rekomendasi, konten  akan tetap muncul di platform, tetapi akan lebih sulit ditemukan.


Nah, itu dia cara melakukan optimasi SEO Instagram yang bisa kamu lakukan agar bisa menarik orang untuk melihat konten yang sudah kamu buat. Menggunakan optimasi SEO Instagram pastinya bukan hal yang mudah diterapkan, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu untuk mempromosikan produk. 

Dalam menerapkan SEO pastinya kamu tidak akan jauh-jauh dengan Digital Marketing, karena SEO adalah bagian dari Digital Marketing. MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp digital marketing? Buat kamu yang tertarik untuk menyelami dunia Digital Marketing lebih dalam khususnya untuk mempelajari SEO, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini.




Referensi: 

https://keyhole.co/blog/instagram-seo-tips/ 

https://www.wordstream.com/blog/ws/2021/04/07/instagram-seo 

https://later.com/blog/instagram-seo/ 


Share

Author Image

Aulia Putri Andrika

Hallo!! My name Aulia Putri Andrika. I am an active student at the Jakarta State Polytechnic majoring in journalism. Hardworking students looking for work. Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. Proficient in multiple social media platforms, office technology programs, and i can write on the web a well as articles. Committed to leveraging my skills to advance the company's mission. I am confident in my ability to come up with interesting ideas for unforgettable campaigns.

Artikel Terkait