dibimbing.id - Belajar Cara Sukses Copywriting David Ogilvy - Dibimbing.id

Belajar Cara Sukses Copywriting David Ogilvy - Dibimbing.id

Kezia Margaretha

โ€ข

27 October 2022

โ€ข

1211

Image Banner

Halo Sobat MinDi, jika kamu saat ini berkecimpung di dunia copywriting, kamu pasti udah ga asing sama nama besar satu ini, yaitu David Ogilvy. Beliau merupakan seorang yang dikenal sebagai bapak dari periklanan dan memiliki kiprah yang luar biasa di bidang tersebut. 


Untuk itu, buat kamu yang lagi belajar copywriting, tentunya akan lebih baik kalau belajar langsung dari bapaknya sendiri. Yuk, simak artikel di bawah ini untuk belajar copywriting bersama dengan David Ogilvy!


Siapa David Ogilvy? 


David Ogilvy merupakan seorang anak dari akademisi dan pegawai negeri di Inggris yang lahir pada tanggal 23 Juni 1911. Selama masa pendidikannya, ia berhasil mendapatkan beasiswa di Oxford University. Meskipun demikian, ia memutuskan untuk keluar dari sekolah dan bekerja sebagai seorang chef di Paris. 


Setelah beberapa lama, ia pindah lagi ke Skotlandia untuk menjadi seorang salesman. Dari saat itu, karirnya dimulai. Ia sangat sukses dalam penjualan, sehingga akhirnya ia direkrut oleh agensi periklanan. Dengan sejalannya waktu, agensi periklanan tempat ia bekerja pun berhasil menjadi agensi periklanan nomor satu sebagai yang terbaik. David kemudian dikenal sebagai orang nomor satu dari dunia periklanan, 


Melihat dari hal tersebut, kalian penasaran ga pelajaran mengenai copywriting apa saja yang dapat dipetik dari David Ogilvy sebagai orang nomor satu? Untuk kalian yang penasaran, yuk siapkan pena dan catatan kalian! Berikut beberapa pembelajaran yang dapat diambil dari David Ogilvy: 


  1. Tujuan utama dalam membuat copywriting adalah untuk menjual, bukan menghibur! 


Dalam copywriting terdapat dua tipe orang yang sering ditemui. Pertama, yang bertujuan untuk menjual dan kedua, yang bertujuan untuk menghibur.


Kedua kubu tersebut tidaklah salah. Namun, ketika kamu menghibur seseorang, apakah orang tersebut akan membeli produk-mu? Kemungkinan tidak, mereka hanya akan terhibur sebentar dan kemudian melupakan produkmu. 


Untuk itu, ketika menulis copywriting, kamu perlu memasukkan hal-hal yang menjual seperti CTO (Call To Action), elemen-elemen, dan emosi untuk mempengaruhi pembeli. 


Dalam menarik pelanggan, kamu perlu membuat orang-orang merasa bahwa barang tersebut sangat dibutuhkan. Ingat! Kamu tetap dapat menggunakan kata-kata yang menghibur, namun jangan sampai kamu mengorbankan tujuan utamamu. 


Tidak semua pelanggan memiliki waktu untuk melihat janji manismu, melainkan yang mereka butuhkan adalah sesuatu yang menguntungkan untuk mereka. Untuk itu, kamu perlu membuat point yang tepat untuk menjual produk-mu. 


  1. Headline menentukan segalanya 


David Ogilvy pernah berkata โ€œRata-rata orang yang membaca headline copy lebih banyak lima kali lipat dibandingkan dengan body copy. Ketika kamu menulis headline dari copy mu, itu sama saja kamu menghabiskan 80 sen dari 1 dollar yang kamu punya.โ€ 


Seperti yang dikatakan sebelumnya, pelanggan tidak memiliki waktu yang banyak untuk melihat secara keseluruhan tulisanmu. Untuk itu, kamu perlu memfokuskannya di satu part saja yang pasti dibaca oleh pelanggan. Salah satu part yang dapat menjadi pilihanmu adalah headline writing.  


Ketika kamu menulis headline yang buruk, kamu sama saja telah menghilangkan 80% dari kesempatanmu untuk menjual. Dengan demikian, kamu perlu membuat headline yang kuat untuk menarik perhatian para peserta. 


Kamu juga dapat melihat tips dalam membuat headline copywriting yang baik di sini!


  1. Pelanggan adalah istrimu 


Ketika membacakan seorang pelanggan, kamu tidak boleh menganggap mereka sebagai orang yang bodoh, melainkan merupakan sosok yang seperti istrimu. Kamu tidak boleh meremehkan kepintaran mereka dan jangan juga mengejutkan mereka!


Di masa kini, informasi sangat mudah didapatkan oleh semua orang dan tak terkecuali pelanggan-mu. Ketika ingin membeli sesuatu, mereka dapat dengan mudah mencarinya di sosial media mereka. 


Untuk itu, kamu perlu menghargai pelanggan-mu. Meskipun produk-mu sangat bagus dan diperlukan oleh mereka, kamu perlu menurunkan nadamu dan jangan merendahkan mereka. Sebaiknya, kamu membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan mereka serta berusaha untuk mengerti posisi mereka. 


Akan lebih baik apabila kamu menganggap bahwa posisimu dan mereka berada di tingkat yang sama sama. Bahkan posisimu terkadang berada dibawah mereka, karena sebenarnya kamu yang membutuhkan mereka. 


Ingat! Kamu harus selalu memposisikan hal tersebut ke dalam tulisanmu.


  1. Tidak akan ada orang yang ingin membeli sesuatu yang membosankan


Ketika menulis sebuah copywriting, saran penting dari David Ogilvy adalah jangan membuat sesuatu yang membosankan! 


Kamu harus membuat copywriting menjadi sesuatu yang menyenangkan dan juga emosional. Copywriting yang buruk serta tidak jelas hanya akan membuat orang merasa bosan dan malas untuk melihatnya. 


Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar hasil copywriting mu tidak membosankan adalah dengan memasukkan gambar ke dalam tulisanmu. Hal ini akan membuat tulisan-mu terlihat lebih berwarna dan tidak membosankan. 


Dengan gambar, kamu juga dapat memanfaatkan imajinasi dari pelanggan. Pelanggan biasanya akan tertarik dan penasaran terhadap gambar-gambar yang cukup misterius. Dengan demikian, mereka secara tidak langsung akan mencari jawabannya di copywriting yang kamu suguhkan.


  1. Copywriting yang baik dipenuhi dengan ide-ide 

 

Ketika kamu melihat hasil copywriting dari David Ogilvy, satu hal yang akan kamu sadari adalah tulisannya penuh dengan ide-ide brilian. 


David Ogilvy tidak pernah hanya sekadar menulis sesuatu yang basic dan juga tidak menarik. Ia membuat produk yang ditulis menjadi sesuatu konsep yang sangat menarik sehingga orang-orang pun sangat tertarik untuk membelinya. 


Untuk itu, ketika kamu menulis, kamu perlu mengeluarkan ide-ide menarik untuk tulisanmu seperti yang dilakukan oleh David Ogilvy. Dengan demikian, tulisanmu tidak akan pernah lagi terlihat membosankan dan dilewatkan oleh orang-orang. 


Apabila kamu masih bingung, kamu dapat melihat contoh dari hasil copywriting yang ditulis oleh David Ogilvy. Berikut beberapa contoh hasil karyanya:


  1. Ford 


Iklan Ford Mustang 


Di Iklan Ford ini, David Ogilvy menambahkan sebuah gambar dari side profile mobil Ford Mustang yang terlihat indah bersamaan dengan sarung boxing. Di atasnya pun terdapat tulisan โ€œStrike a blow for originality!โ€ 


Selain itu, dibawahnya juga dibubuhkan beberapa kata yaitu โ€œStill the original and lowest-priced car of its kind with bucket seats.โ€ 


Keseluruhan dari iklan yang ditulis oleh David Ogilvy ini secara tidak langsung memberikan nilai jual bagi mobil tersebut dengan menunjukkan bahwa mobil tersebut sangat terjangkau, sangat kuat, dan juga memiliki fitur-fitur yang sangat indah.


  1.  Mercedes Benz 



Di sini siapa yang ga tau sama produk mobil mewah satu ini. Sebagai bapak periklanan, David Ogilvy juga pernah menuliskan iklan untuk salah satu produk brand tersebut, lho! 


Di iklan yang satu ini, headline adalah segalanya merupakan salah satu pelajaran yang dapat diterapkan. David Ogilvy menuliskan headline yang sangat kuat yaitu โ€œWhat have all those Mercedes Benz racing engineers been doing since Mercedes-Benz get out of racing?โ€


Tulisan copywriting yang berada di iklan tersebut menunjukkan bahwa Mercedes merupakan brand yang sangat memberikan usaha mereka secara penuh serta memanfaatkan teknologi tercanggih untuk memproduksi mobil-mobil mereka seperti sama halnya ketika mereka memproduksi jenis mobil balap.



Berikut hasil pembelajaran hari ini yang dapat dipetik dari David Ogilvy. Coba terapkan hal-hal diatas ke dalam hasil copywriting-mu, dijamin kamu akan lebih berhasil dalam menjual produk-mu. 


Namun ingat! practice makes perfect. Kamu tetap harus berlatih terus-menerus, supaya hasil tulisanmu dapat sebagus David Ogilvy. 


Salah satu latihan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing di Dibimbing.id. 


Di sana kamu akan diajarin cara-cara menulis copywriting yang lebih advance bersama mentor-mentor yang ga kalah keren dari David Ogilvy. Selain itu, kamu juga akan diajak latihan menulis sehingga tulisanmu tentunya akan berkembang ke arah yang lebih baik. 


Yuk, jangan berlama-lama lagi, segera daftarkan dirimu di sini!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!๐Ÿ‘‹

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!