Cara Menambah Kolom di Mysql dengan Cepat

Suci Wulandari

•

01 June 2023

•

13438

Image Banner

Kolom merupakan bagian pembentuk sebuah tabel. Kolom berbentuk vertikal dari atas ke bawah yang berbentuk vertikal dari atas ke bawah. Bagian lainnya dari tabel adalah baris yang berbentuk horizontal dari kanan ke kiri. Tabel sendiri difungsikan untuk mengelompokkan data sehingga lebih tertata saat disajikan dan lebih mudah untuk dipahami. 


Saat tabel di Mysql sudah dibuat, kamu bisa memodifikasinya jika diperlukan. Salah satunya adalah dengan menambahkan kolom. Cara menambah kolom di Mysql bisa dilakukan dengan cepat. Di artikel ini akan dijelaskan langkah-langkahnya serta pilihan cara saat akan menambah kolom di Mysql. Yuk, baca sampai bawah!


Memahami Mysql dan Caranya Bekerja

Mysql adalah sistem manajemen database yang menggunakan bahasa pemrograman berupa structured query language (SQL). Mysql ini bersifat open source dan berfungsi sebagai database. SQL pada Mysql digunakan sebagai bahasa penghubung antara database server dengan software aplikasi. 


Mysql termasuk lebih mudah digunakan apabila dibandingkan dengan software database lainnya seperti, Microsoft SQL Server dan Oracle Database. Selain itu, Mysql dapat dioperasikan di berbagai platform seperti Linux, Windows, atau Unix. Database sendiri adalah tempat untuk menyimpan data. Data tersebut dikelola sebagai tabel. Pada Mysql, kamu juga bisa menambahkan tabel data sendiri serta memodifikasinya.


Keunggulan Mysql

Cara Menambah Kolom di Mysql


Dibimbing.id - Keunggulan Mysql


Penggunaan Mysql cukup mudah sebab software database ini termasuk populer. Banyaknya keunggulan Mysql dibandingkan database lain menjadi pertimbangan para penggunanya. Berikut ini beberapa keunggulan Mysql tersebut.

  • Source code bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sehingga lebih fleksibel saat digunakan. 

  • Telah digunakan sebagai sistem manajemen di banyak industri sehingga cukup terjamin kualitasnya.

  • Keamanan data terjamin dengan adanya verifikasi berbasis host serta enkripsi password


Cara Menambah Kolom di Mysql dengan Alter Table 

Alter Table adalah perintah untuk memodifikasi tabel yang sudah dibuat sebelumnya. Alter Table ini bisa menambah kolom, menghapus kolom, serta melakukan modifikasi pada kolom. Alter Table dapat digunakan sebagai salah satu cara menambah kolom di Mysql. Begini penjelasan lengkapnya.  

  • Contohnya ada sebuah tabel yang sudah dibuat dan memiliki 3 nama kolom (field) yaitu id, nama_depan, dan nama_belakang. 

  • Tabel yang akan ditambahkan adalah tanggal_lahir. Tipe data yang digunakan berupa date karena akan diisi tanggal saja. 

  • Untuk menambahkan kolom baru di dalam tabel, gunakan kode berupa ALTER TABLE siswa ADD COLUMN IF NOT EXISTS tanggal_lahir date;

  • Jika sudah, jalankan perintah DECS siswa maka kolom tambahan akan muncul seperti gambar berikut ini.



Cara Menambahkan Kolom di Mysql dengan phpMyAdmin (PMA)

Selain menggunakan Alter Table, ada cara lain jika Sobat MinDi ingin menambahkan kolom pada database Mysql. Kamu bisa mencoba menggunakan phpMyAdmin (PMA). Caranya? Mudah saja! Ikuti langkah-langkah berikut ini, ya. 

  • Login terlebih dulu ke akun SQL dengan PMA.

  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih database yang hendak dimodifikasi.

  • Pilih tabel tertentu yang ingin dimodifikasi, dalam hal ini akan ditambahkan kolomnya.

  • Pada bagian bawah isi tabel, ada bagian ‘add’ yang segaris lurus dengan kata ‘column(s)’.

  • Masukkan jumlah kolom yang ingin ditambahkan dengan menulis angka di sebelah ‘add’.

  • Kamu juga bisa mengatur posisi kolom tambahan. Jika ingin diletakkan di bagian akhir maka klik ‘End of Table’. Jika ingin diletakkan di bagian awal maka klik ‘At Beginning of Table’. Jika ingin diletakkan menyisip di bagian tabel lain, klik ‘After’ dan pilih kolom yang kan disisipi. 

  • Jika sudah selesai, klik tombol ‘Go’. Kolom di Mysql sudah berhasil ditambahkan. 


Nah, itu dia cara menambah kolom di Mysql yang bisa kamu pelajari. Selain bisa menambahkan, kamu juga bisa mengubah serta menghapus kolom yang sudah dibuat. Jika tertarik untuk belajar lebih dalam tentang seluk beluk Mysql, kamu bisa ikut kelas online dibimbing.id bersama mentor terbaik. 


Tidak hanya itu, Sobat MinDi berkesempatan mengenal dunia web developer dengan lebih dalam dengan mendaftarkan diri pada Bootcamp Web Development by dibimbing.id. Dijamin seru dan materinya lengkap. Agar tidak kehabisan kuota, pastikan untuk segera mendaftarkan diri di sini, ya!

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!