dibimbing.id - Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi di Excel: Tutorial Lengkap & Mudah!

Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi di Excel: Tutorial Lengkap & Mudah!

Muthiatur Rohmah

•

02 March 2024

•

992

Image Banner

Setiap organisasi, perusahaan maupun instansi pendidikan pasti memiliki struktur organisasi atau bagan yang hierarkis untuk menjalankan sistem atau alur kerja sehari-hari.


Bagan organisasi biasanya tersimpan di sebuah ruangan tertentu, kemudian dibackup dalam bentuk soft file dan dokumen.


Struktur organisasi dapat dibuat melalui banyak tools atau alat bantu, salah satunya adalah menggunakan microsoft excel, sebuah alat analisis data.


Excel memanfaatkan fitur SmartArt yaitu sebuah bagan informatif yang terdapat pada excel yang berfungsi untuk visualisasi data.


Lantas Bagaimana cara membuat bagan organisasi di excel? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.



Membuat Bagan Struktur Organisasi di Excel


Membuat bagan struktur organisasi di Excel memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan membuat bagan data umum seperti kolom atau pie chart. 


Excel tidak memiliki fitur bawaan khusus untuk membuat bagan struktur organisasi secara langsung, tetapi kamu dapat menggunakan SmartArt atau shapes manual untuk membuat bagan. 


Berikut cara membuat bagan struktur organisasi menggunakan SmartArt di Excel:



1. Buka Lembar Kerja Excel


Pertama, buka lembar kerja Excel tempat Anda ingin menambahkan bagan struktur organisasi.


2. Pilih SmartArt

Klik pada tab `Insert` di Ribbon. Di grup `Illustrations`, klik pada `SmartArt` untuk membuka galeri pilihan SmartArt.


Dalam dialog SmartArt, pilih kategori `Hierarchy`. Kemudian pilih beberapa layout yang cocok untuk bagan struktur organisasi, seperti `Hierarchy List`, `Organization Chart`, dan lain-lain. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan data.


Setelah memilih layout yang diinginkan, klik `OK` untuk menambahkannya ke lembar kerja.




3. Edit Teks


Untuk menambahkan teks ke dalam elemen struktur organisasi, kamu bisa klik pada blok dan mulai mengetik. 


Untuk menambah atau menghapus shape, gunakan tombol `Add Shape` atau dengan klik kanan pada shape yang ada dan pilih `Add Shape` atau `Delete Shape` dari menu konteks.



4. Sesuaikan Bagan Organisasi


Gunakan tab `SmartArt Design` dan `Format` di Ribbon untuk menyesuaikan desain SmartArt. Sobat MinDi dapat mengubah warna, menambahkan efek gaya, dan menyesuaikan tampilan teks.


Kemudian sesuaikan posisi dan layout dari shape untuk mencocokkan struktur organisasi dengan lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan drag-and-drop shape atau menggunakan alat pengaturan posisi pada tab `Format` dalam grup `Arrange` .




Baca Juga: Cara Mudah Membuat Dashboard Interaktif di Excel:Lengkap & Menarik





Cara Membuat Bagan di Excel dengan Fitur Shapes

Sebagai alternatif, Sobat MinDi dapat juga menggunakan fitur Shapes di Excel untuk menggambar manual bagan struktur organisasi. 


Berikut adalah cara membuat bagan organisasi di excel menggunakan fitur shapes:


  • Klik `Insert`, lalu `Shapes`. Pilih bentuk yang diinginkan gunakan untuk membuat bagan, seperti kotak atau lingkaran.

  • Klik dan seret di lembar kerja untuk menggambar shape. Ulangi proses ini untuk setiap bagan dalam struktur organisasi.

  • Klik dua kali pada sebuah shape untuk menambahkan teks.

  • Gunakan `Lines` atau `Arrows` untuk menggambar hubungan antar bagian struktur organisasi.

  • Sobat MinDi dapat mengubah warna, ukuran, dan format teks dari setiap shape untuk menyesuaikan tampilan bagan struktur organisasi.


Membuat bagan struktur organisasi di Excel, memberikan kemudahan dan fleksibilitas. File bagan organisasi yang telah dibuat di excel akan menunjukkan visualisasi data yang informatif.


Baca Juga: Tips & Trik Meningkatkan Efisiensi Excel: Olah Data Jadi Lebih Mudah


Sobat MinDi, excel merupakan tools yang wajib dipahami sebab penting dan berguna dalam setiap bidang pekerjaan. Bukan hanya untuk analisis data saja, bahkan lebih kompleksnya excel dapat digunakan untuk membuat bagan organisasi.


Memiliki skill excel yang profesional bagi seorang karyawan, dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja. Sebab excel dapat memudahkan tugas mereka, sehingga task akan selesai secara cepat dan efisien.


Bagi perusahaan, penting untuk mengadakan pelatihan skill dan potensi karyawannya, khususnya pada peningkatkan skill excelnya. Corporate training dibimbing.id adalah solusi yang tepat untuk training karyawan terbaik.


Dibimbing.id akan bantu perusahaan Anda untuk menciptakan SDM unggul dan berkualitas yang nantinya akan berdampak baik bagi kesuksesan perusahaan.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan level kinerja karyawan setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!