Cara Jawab Kekurangan Diri saat Interview Kerja

Muthiatur Rohmah

•

12 January 2024

•

284

Image Banner

Pada saat interview kerja, pasti Sobat MinDi akan diberikan banyak pertanyaan oleh HRD maupun user. Pertanyaan yang diberikan beragam, mulai dari teknis role sampai dengan pertanyaan seputar kepribadian diri.

Salah satu pertanyaan yang diajukan rekruiter saat interview kerja adalah menjelaskan mengenai kekurangan dan kelemahan diri sendiri. Biasanya pertanyaan tersebut berbunyi "coba Anda jelaskan kekurangan dan kelemahan yang ada dalam diri Anda".

Gimana nih cara menjawabnya dengan terpat? Yuk simak penjelasan MinDi dan pastikan Sobat MinDi akan terlihat unggul diantara kandidat lain.


Cara Menjawab Kekurangan Diri saat Interview Kerja


Menjelaskan contoh kekurangan diri saat interview adalah salah satu tahapan seleksi. Ketika HRD menanyakan tentang kekurangan diri selama wawancara kerja, tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi kesadaran diri dan kemampuan kandidat dalam menghadapi kelemahannya.

Pertanyaan ini memberikan wawasan kepada HRD tentang seberapa baik kandidat mengenal kekurangan mereka sendiri, hal ini menunjukkan bahwa kandidat mampu introspeksi diri sendiri. Selain itu, saat mengetahui kekurangan kandidat, HRD dapat melihat kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan belajar dari kesalahan tersebut.

Sobat MinDi, bersikaplah jujur dan terbuka dalam menjawab pertanyaan ini, Hal ini menunjukkan bahwa Sobat MinDi memiliki nilai jujur yang sangat dibutuhkan cocok dalam nilai sebuah perusahaan.Cobalah untuk merespons dengan baik dan tenang, sebab respon kandidat dapat memberikan petunjuk apakah Sobat MinDi cocok dengan budaya dan nilai perusahaan.

Cara Sobat MinDI menyampaikan kelemahan diri saat interview kerja merupakan tahapan menguji kemampuan komunikasi yang dibutuhkan di lingkungan kerja.

Jadi, pertanyaan mengenai kekurangan diri saat interview kerja, bertujuan untuk memahami bagaimana Sobat MinDi menilai diri sendiri, berinteraksi dengan orang lain, dan berkomunikasi dengan efektif.

Berikut akan MInDi jelaskan mengenai cara yang tepat menjawab kekurangan diri saat interview kerja, Simak di bawah ini.


Baca Juga: Cara Meningkatkan Citra Diri dan Membangunnya


1. Memilih Kekurangan Diri yang Relevan


Strategi ini berkaitan dengan pemilihan kekurangan yang tidak secara langsung menghambat fungsi utama pekerjaan yang akan dilamar.

Misalnya, jika Sobat MinDi melamar sebagai Software engineer, kamu dapat mengaku kurang terampil dalam berbicara di depan umum. Sebab kekurangan tersebut tidak akan berdampak besar pada kemampuan Sobat MinDi dalam menjalankan pekerjaan.

Penting untuk memilih contoh kekurangan yang tidak menunjukkan kelemahan yang dapat mempengaruhi kinerja pekerjaan yang Sobat MinDi lamar.

Responlah dengan jujur dan terbuka tentang kekuranganmu, Sobat MinDi juga perlu menekankan bahwa kekurangan tersebut tidak akan mempengaruhi skill dan value Sobat MinDi dalam pekerjaan.


2. Bersikaplah Jujur Terhadap Kekurangan saat Interview Kerja


Memberikan jawaban yang jujur dan realistis tentang kekurangan akan menunjukkan sikap integritas dan kesadaran diri. Hindari menggunakan kata klise seperti "Saya bekerja terlalu keras" atau "Saya terlalu perfeksionis", hal ini dapat dilihat HRD sebagai upaya untuk menghindari pertanyaan. 

Sebaliknya, pilihlah kekurangan diri yang tidak mengurangi kemampuan diri. Misalnya, Sobat MinDi dapat mengatakan bahwa merasa ragu dan kurang percaya diri dengan organisasi detail kecil dalam proyek-proyek besar, namun Sobat MinDi belajar untuk mengatasinya.

Jawaban yang tepat seperti di atas akan menunjukkan bahwa Sobat MinDi dapat secara kritis mengevaluasi diri sendiri dan bersedia untuk terbuka untuk terus bertumbuh.


3. Tunjukkan Kelemahan dan Tekankan Perbaikan


Merinci langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi kekurangan adalah kunci untuk memberikan jawaban yang kuat.

Hal ini menunjukkan kepada rekruiter bahwa Sobat MInDi bersifat proaktif dan berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan diri.


Contohnya, jika Sobat MinDi sulit mengambil keputusan yang tepat, Sobat Mindi dapat menjelaskan perbaikan diri dengan memulai konsultasi dengan mentor atau menggunakan teknik tertentu untuk membantu memperbaikinya .

Sikap ini menunjukkan keseriusan Sobat MinDi dalam mengatasi kekurangan dan kemampuan Anda untuk mengambil langkah positif untuk pertumbuhan pribadi.


4. Menunjukkan Progres Kelemahan Diri saat Interview


Dalam menjelaskan kekurangan diri, berilah contoh spesifik dari progres yang telah dibuat dalam mengatasi kekurangan.

Progres ini dapat menunjukkan kesadaran diri, serta menunjukkan bahwa Sobat MinDi mampu mengubah kelemahan menjadi peluang untuk bertumbuh.

Sebagai contoh, Sobat MInDi memiliki kesulitan dalam berbicara di depan umum, ceritakan kepada rekruiter tentang proses Sobat MinDi untuk menghadapinya, seperti berhasil menyampaikan presentasi di depan grup besar. Dapat pula dijelaskan bahwa Sobat MinDi mengikuti kursus public speaking untuk meningkatkan skill dan value.


5. Jelaskan Contoh Kekurangan Diri dengan Nada Positif, sampai Akhir


Selama menjelaskan kekurangan saat interview selalu tekankan sikap positif sampai akhir. Hal ini menjelaskan kepada rekruiter bahwa, Sobat MinDi memiliki pandangan yang baik dan konstruktif tentang pengembangan diri.

Misalnya, setelah membahas kekurangan, tambahkan bahwa Sobat MinDi melihat setiap tantangan sebagai kesempatan untuk belajar, tekankan pula bahwa Sobat MinDi senantiasa bersemangat tentang prospek pertumbuhan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Jawaban yang baik ini dapat kesan positif pada rekruiter, dan menunjukkan bahwa Sobat MInDi adalah kandidat yang berorientasi pada solusi dan berkomitmen untuk perusahaan.

Gimana nih? Sobat MinDi sudah paham cara menjawab kekurangan saat interview kerja? 

Menjawab kekurangan saat interview dapat dipelajari dan dipahami mulai dari sekarang. Sebab menyadari kekurangan diri sejak dini dapat membantu Sobat MinDi intropeksi dan memperbaiki kesalahan sebelum terlambat.

Yuk sama-sama intropeksi kekurangan yang kita miliki, perbaiki dan terus bertumbuh bersama demi masa depan yang lebih baik.

Ingin berlatih memperbaiki kekurangan diri? Yuk ikuti kelas persiapan karir dibimbing.id, dengan didampingi para mentor yang professional, siap membantu Sobat MinDi memperbaiki kekurangan sebelum terjun di dunia kerja. 

Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang juga di sini.


Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!