Blog

/

Corporate Traning

/

5 Langkah Praktis Cara Gabungkan Cell di Excel

5 Langkah Praktis Cara Gabungkan Cell di Excel

Suci Wulandari

19 September 2023

60

Image Banner

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak spreadsheet yang paling populer digunakan di berbagai bidang, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah menggabungkan sel atau cell merging. 


Menggabungkan sel memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel yang lebih besar. Hal tersebut bisa sangat berguna ketika Anda ingin membuat header atau label yang lebih lebar dari satu kolom. Dalam artikel ini, akan dibahas langkah-langkah mendetail tentang cara menggabungkan sel di Excel.


Cara Gabungkan Cell di Excel 

Cell atau sel dalam Microsoft Excel adalah unit terkecil dari grid atau jaringan yang membentuk lembar kerja. Menggabungkan sel di Excel adalah salah satu fitur yang berguna untuk memformat dan merapikan tampilan spreadsheet Anda. Berikut cara gabungkan sel yang bisa Anda ikuti.



1.Buka Spreadsheet Excel Anda

Langkah pertama tentu saja adalah membuka spreadsheet Excel yang Anda ingin gabungkan selnya. Anda dapat membuka spreadsheet yang sudah ada atau membuat yang baru.

  1. Pilih Sel yang Ingin Digabungkan


Cara Gabungkan Cell di Excel

Dibimbing.id - Pilih Sel Excel 

Pilih sel-sel yang ingin digabungkan. Anda dapat memilih sel-sel ini dengan mengklik dan menahan tombol mouse, lalu seret untuk menyeleksi sel-sel yang diinginkan. Jika sel-sel yang ingin Anda gabungkan membentuk persegi panjang, Anda bisa menyeleksi dengan mengklik dan menahan tombol mouse di salah satu sudut sel, lalu seret untuk menyeleksi area yang diinginkan.


  1. Akses Menu "Merge & Center"


cara gabungkan cell di excel

Dibimbing.id - Merge and Center

Setelah sel-sel yang ingin Anda gabungkan terpilih, akses menu "Merge & Center". Anda dapat menemukan tombol ini di bagian atas jendela Excel, di bawah tab home atau beranda. Tombol ini biasanya memiliki ikon sel yang digabungkan dan tengah. Setelah Anda mengklik tombol ini, akan muncul menu drop-down dengan beberapa opsi.

  1. Pilih Opsi "Merge & Center"


Cara Gabungkan Cell di Excel

Dibimbing.id - Menu Drop-down

Dalam menu drop-down, pilih opsi "Merge & Center". Dengan begitu, Anda akan menggabungkan sel-sel yang telah dipilih menjadi satu sel besar. Setelah digabungkan, teks akan diatur di tengah sel secara otomatis.

  1. Atur Pengaturan Tambahan (Opsional)

Setelah Anda menggabungkan sel, Anda mungkin ingin mengatur beberapa pengaturan tambahan. Misalnya, Anda dapat mengubah teks di dalam sel yang digabungkan menjadi teks tebal, mengubah warna latar belakang sel, atau mengatur border untuk sel yang digabungkan. Pengaturan ini dapat membantu mengubah tampilan sel yang digabungkan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.




Tips dan Trik Tambahan

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tentu telah berhasil menggabungkan sel di Excel. Sel yang dipilih pun menjadi satu sel yang lebih besar dan teks di dalamnya diatur secara rata tengah. Berikut ini akan diberikan beberapa tips dan trik tambahan jika ingin menggabungkan sel Excel.


Tidak hanya memahami Excel saja, Anda perlu juga menguasai berbagai skill lain agar meningkatkan mutu diri sebagai karyawan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengikuti corporate training dibimbing.id. Skema kelasnya fleksibel dan Anda akan dilatih dengan mentor berpengalaman lebih dari 3 tahun sehingga bisa membentuk diri jadi lebih profesional.



Manfaat Utama Penggunaan Cell di Excel


Memaksimalkan penggunaan sel di Excel perlu dilakukan agar efisiensi kerja terjadi. Selain itu, penggunaan sel di Excel juga memiliki banyak manfaat. Berbagai manfaat tersebut yaitu:

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menggabungkan sel-sel sesuai kebutuhan. Penggunaan fitur tersebut sebaiknya dihindari jika Anda merencanakan untuk melakukan analisis data atau menggunakan rumus di dalam sel yang digabungkan sebab bisa mengacaukan data.


Memahami penggunaan Excel secara mendalam bisa membantu meningkatkan kinerja karyawan. Agar profesionalitas para karyawan semakin terasah dan meningkat, Anda juga dapat menyelenggarakan program  Corporate Training dari dibimbing.id. Selain pilihan programnya beragam, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat internasional, lho! Tunggu apalagi? Segera daftar sebelum kehabisan kuota. 



business corporate training

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Artikel Terkait