Blog

/

Digital Marketing

/

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Aulia Putri Andrika

27 July 2022

3449

Image Banner

Platform sosial media ini awalnya terkenal dengan musiknya, namun dengan seiringnya perkembangan zaman ternyata platform ini membuat terobosan baru dengan adanya fitur TikTok Shop. Dengan adanya fitur ini sangat membantu pengguna untuk berbelanja dari toko atau brand favorit langsung melalui aplikasi tiktok. Fitur ini juga menjadi salah satu faktor peningkatan traffic akun berbagai brand dalam platform TikTok. Agar kamu lebih mengenalnya, yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Apa itu Belanja di TikTok?

TikTok Shop adalah solusi menjual barang yang memungkinkan penggunanya mempromosikan dan menjual produk di platform ini. TikTok Shop menyediakan cara bagi pengguna TikTok untuk membeli produk di aplikasi tanpa membuka browser web untuk pergi ke toko eCommerce terpisah. TikTok Shop adalah rangkaian solusi, fitur, dan alat yang memberi peluang bisnis untuk memanfaatkan kekuatan perdagangan di TikTok.


Saat suatu bisnis atau brand menyiapkan Belanja di platform TikTok, ia akan memiliki tab Belanja khusus di profilnya. Ini diwakili oleh ikon tas belanja. Pelanggan kemudian dapat menelusuri dan memilih produk dalam TikTok dan kemudian membeli produk, baik di dalam TikTok atau ditransfer ke toko online perusahaan untuk checkout. 


TikTok awalnya menguji coba Belanja dengan pedagang Shopify terpilih di Amerika Serikat dan Inggris, kemudian berkembang ke Kanada, tetapi sejak itu meluncurkannya dalam skala yang lebih luas hingga TikTok shop banyak diminati orang.  


Buat kamu yang penasaran dengan fitur ini tenang, jangan sedih Sobat MinDi. Selama ada MinDi, dijamin deh akan selalu ada solusi! Kali ini MinDi juga bakalan kasih tau cara mengaktifkan TikTok Shop. Yuk, jangan lupa dicatat ya! 

Cara Mengaktifkan Akun TikTok Shop

1. Membuka Akun Tiktok lalu Kunjungi situs TikTok Shop Seller


Langkah pertama untuk mengaktifkan TikTok Shop yaitu buka laman situs TikTok Shop Seller Center di perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu perlu mendaftarkan akun sebagai seller TikTok. Kamu bisa memilih menggunakan akun pribadi atau membuat akun TikTok seller baru.

2. Login/daftar akun TikTok Seller

Tahap selanjutnya Isi beberapa informasi data pribadi yang diperlukan seperti nomor telepon, email, dan data lain yang diperlukan untuk login akun Tiktok Seller. Lalu, Isi profil Seller Center TikTok Shop sesuai dengan yang kamu inginkan, seperti nama toko hingga jenis usaha yang kamu jalankan.

3. Isi Informasi Toko

Setelah akun terdaftar, kamu perlu melengkapi informasi toko untuk memaksimalkan produk yang akan kamu jual. Jika ini tidak dilengkapi, maka kamu tidak bisa melanjutkan tahapan selanjutnya. 

4. Verifikasi TikTok Shop

Sebelum kamu memiliki akun Tiktok shop, pihak TikTok akan memverifikasi terlebih dahulu. Pastikan kamu melengkapi data-data yang dibutuhkan mengenai penjual. Isi jenis bisnis, apakah korporat atau perorangan. Jika perorangan, kamu perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau passport. Kemudian, kamu harus mengupload foto KTP dalam format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Pastikan foto menampilkan KTP dengan jelas dan ukuran file tidak melebihi 10 MB

5. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Langkah terakhir ini sangat penting untuk kamu lakukan, jika ini tidak dilakukan pengunjung tidak akan bisa melihat produk di akun TikTok Shop. Caranya dengan melengkapi deskripsi produk yang akan kamu jual. Isi nama produk, kategori, dan pilih brand atau tambahkan brand baru ke TikTok Shop.


Setelah kamu mendapatkan akses ke TikTok Shop, jangan menunggu hingga pengunjung menemukan sendiri tab belanja di akunmu. Buat beberapa konten TikTok khusus yang mengarahkan pengunjung berbelanja di akunmu.



Nah, itu dia tips untuk cara mengaktifkan akun TikTok Shop yang bisa langsung kamu terapkan. Semua fitur pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu untuk mempromosikan produk. 

Selain kamu harus memasarkan produk melalui TikTok Shop, kamu juga memerlukan berbagai strategi digital marketing. MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp digital marketing? Buat kamu yang tertarik untuk menyelami dunia Digital Marketing lebih dalam, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini. 




Referensi: 

https://www.dewaweb.com/blog/cara-mengaktifkan-tiktok-shop/#Cara_Membuat_TikTok_Shop 

https://blog.hootsuite.com/tiktok-shopping/ 


Share

Author Image

Aulia Putri Andrika

Hallo!! My name Aulia Putri Andrika. I am an active student at the Jakarta State Polytechnic majoring in journalism. Hardworking students looking for work. Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. Proficient in multiple social media platforms, office technology programs, and i can write on the web a well as articles. Committed to leveraging my skills to advance the company's mission. I am confident in my ability to come up with interesting ideas for unforgettable campaigns.

Artikel Terkait