dibimbing.id - Wajib Baca 6 Rekomendasi Buku Copywriting Ini! - dibimbing.id

Wajib Baca 6 Rekomendasi Buku Copywriting Ini! - dibimbing.id

Kezia Margaretha

21 November 2022

3589

Image Banner


Dalam beberapa tahun ini, copywriting menjadi salah satu skill andalan yang dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk berkecimpung dalam dunia sosial media. Untuk mempelajari copywriting, saat ini sudah tersedia banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan. Salah satu caranya adalah dengan memperoleh pemahaman dari buku copywriting. 

Dengan rajin menambah pengetahuan dari buku copywriting, kamu dapat memahami dasar-dasar, tips-tips, serta ide-ide konten yang menarik dan out of the box


Untuk kamu yang berminat, yuk coba lihat beberapa rekomendasi buku copywriting dari Dibimbing.id



  1. Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan 





Buku Copywriting berjudul Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan

Buku Copywriting berjudul Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan/ Sumber: Goodreads


Merupakan hasil karya dari Febri Asiani, buku copywriting ini dapat membantumu memahami dunia copywriting lebih dalam lagi. Buku ini mengangangkat topik yang menarik dari copywriting serta membantumu untuk memahaminya lebih dalam lagi. 


Buku copywriting ini membahas mengenai sisi emosional yang perlu diangkat dalam tulisan copywriting


Penulis berpendapat bahwa dengan menyentuh sisi emosional, pembaca dapat semakin tertarik dan terdorong untuk membeli produk perusahaan kita.


Hal ini dikarenakan kamu dapat menarik rasa simpati, suka, tertarik, serta rasa keterkaitan yang erat ketika pengguna membaca tulisan hasil copywriting produk. 


Dalam buku ini, juga diajarkan cara-cara menyentuh sisi emosional pembaca, dimana salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa-bahasa tertentu. 


  1. Ogilvy on Advertising 



Buku Copywriting berjudul Ogilvy on Advertising

Buku Copywriting berjudul Ogilvy on Advertising/ Sumber: Shopee


Ditulis oleh sang bapak periklanan, buku satu ini tentunya menjadi buku wajib yang harus kalian baca ketika ingin belajar copywriting


Di dalam buku copywriting ini, tertuang satu prinsip yang penting dalam membuat copywriting yaitu tidak adanya peraturan. Menurut Ogilvy, peraturan tersebut hanya mengekang kreativitas dan sebaiknya kita lebih mementingkan pada hasil penelitian dibandingkan peraturan itu sendiri. 


Bukan hanya itu, Ogilvy juga memberikan berbagai nasihat dan pembelajaran lainnya terkait copywriting. Ia mengajarkan hal-hal seperti target audiens, cara memenangkan hati mereka, jenis-jenisnya, serta topik-topik lainnya. 


Buku copywriting ini juga sangat menarik untuk dibaca karena Ogilvy menjelaskan topik-topik tersebut dengan studi kasus yang mudah untuk dipahami. Selain itu, ia juga berusaha membuat tulisan tersebut komunikatif dan bersifat dua arah dengan melontarkan berbagai pertanyaan, peringatan, maupun lelucon. 


Inti dari buku ini sendiri bukan hanya membahas mengenai cara penulisan copywriting, melainkan pada cara membuat sebuah iklan untuk menjadi sukses. Dengan mempelajari aspek-aspek tersebut, kamu nantinya juga dapat menerapkannya untuk kesuksesan copywriting-mu. 



  1. The Idea Writers: Copywriting in a New Media and Marketing Era



Buku Copywriting berjudul The Idea Writers: Copywriting in a New Media and Marketing Era

Buku Copywriting berjudul The Idea Writers: Copywriting in a New Media and Marketing Era/ Sumber: Goodreads


“The copywriter (is) responsible for putting things into the world, and those things should be useful, entertaining or beautiful, or all of those things. They should make people feel better, not worse, about them- selves, the brand involved and living in the world in general.”


Kalimat diatas merupakan salah satu quotes yang tertuang di dalam buku copywriting satu ini. Membahas mengenai dunia copywriting di era saat ini, buku karya dari Teressa Lezzi menceritakan mengenai realita dari proses dan pengembangannya di industri kreatif secara lengkap. 


Lezzi juga menceritakan mengenai pengalaman storytelling dan copywriting yang telah dihadapi tokoh-tokoh terkenal dalam industri saat ini. Kamu juga dapat membaca hasil interview bersama dengan tokoh-tokoh copywriting seperti David Droga, Mike Hughes, Rick Webb, dan lainnya. 


Dari buku copywriting ini kamu akan diajarkan dan diberi wawasan mengenai bagaimana bisnis kreatif bekerja serta cara yang digunakan oleh seorang copywriter dalam menyulap konten mereka. 


Buku copywriting ini ditutup dengan sebuah tips mungil dimana kita disarankan untuk menerapkan pedoman-pedoman yang sama dalam mempromosikan diri sendiri. Hal ini nantinya juga dapat mendatangkan klien-klien yang ingin menggunakan jasa kalian. 



  1. Wired for Story: The Writer’s Guide to Using Brain Science to Hook Readers from the Very First Sentence


Buku Copywriting berjudul Wired for Story: The Writer’s Guide to Using Brain Science to Hook Readers from the Very First Sentence

Buku Copywriting berjudul Wired for Story: The Writer’s Guide to Using Brain Science to Hook Readers from the Very First Sentence/ Sumber: Goodreads


Ketika membahas mengenai buku copywriting, tentunya tidak akan lengkap apabila tidak memasukkan buku yang satu ini. 


Buku ini ditulis oleh Lisa Cron yang dirilis pada tahun 2012. Meskipun sudah bertahun lamanya sejak perilisan, buku ini masih sangat relevan untuk dibaca bagi kalian yang ingin menguasai copywriting


Di dalam buku ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara memiliki kemampuan story telling yang baik, sehingga keseluruhan pesan yang ingin kalian tulis nantinya dapat tersampaikan dengan efektif dan jelas. 


Kamu juga akan mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya menulis secara rinci melalui buku ini. Untuk itu, di dalam buku ini terdapat detail-detail seperti bagaimana cara menarik perhatian pembaca, pentingnya emosi dan makna dalam sebuah tulisan, cara membuat narasi yang menarik untuk dibaca oleh seluruh orang, serta bagaimana cara meningkatkan engagement dari tulisan-tulisan hasil copywriting kita. 



  1. The Tall Lady With the Iceberg: The Power of Metaphor to Sell, Persuade & Explain Anything to Anyone



Buku Copywriting berjudul The Tall Lady With the Iceberg: The Power of Metaphor to Sell, Persuade & Explain Anything to Anyone

Buku Copywriting berjudul The Tall Lady With the Iceberg: The Power of Metaphor to Sell, Persuade & Explain Anything to Anyone/ Sumber: Goodreads


Buku copywriting berikutnya yang berhasil lolos seleksi di list kali ini adalah The Tall Lady with The Iceberg. Buku ini ditulis oleh seorang wanita bernama Anne Miller yang merupakan founder dari Chiron Associates, Inc. 


Sangat spesial, buku ini ditulis berdasarkan perspektif Anne Miller mengenai informasi dan gambaran copywriting. Miller juga menjelaskan di dalam buku copywriting ini mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang efektif ketika memasarkan sebuah produk dan layanan. 


Dalam buku ini, juga tertuang bagaimana pentingnya suatu metafora dalam tulisan copywriting, sehingga nantinya pembaca dapat lebih mudah dalam memahami konsep maupun ide-ide abstrak yang ingin disampaikan oleh perusahaan. 


Tidak sampai disitu, buku ini juga mengajarkan kalian bagaimana cara membuat metafora yang dapat menarik perhatian, informatif, dan bisa meyakinkan pembaca untuk membeli produk yang dijual. 



  1. Everybody Writes: Your Go-To Guide to Creating Ridiculously Good Content



Buku Copywriting berjudul Everybody Writes: Your Go-To Guide to Creating Ridiculously Good Content

Buku Copywriting berjudul Everybody Writes: Your Go-To Guide to Creating Ridiculously Good Content


Ingin mengetahui panduan lengkap profesional mengenai proses dan strategi dari pembuatan sampai dengan penyebaran suatu konten copywriting?


Nah, buku copywriting satu ini dapat menjadi buku yang dapat menjawab rasa penasaran yang kamu miliki. Melalui buku ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara pandangan modern terhadap pembuatan, produksi, serta penyebaran konten secara online yang melibatkan empati, menginspirasi, bermanfaat, dan juga menarik. 


Selain itu, kamu juga diajarkan untuk membuat konten editorial yang dapat membangun kepercayaan para audiens dengan tata bahasa yang mudah untuk dimengerti. 


Ini dia beberapa buku yang wajib kamu baca untuk memahami dunia copywriting secara lebih mendalam. Melalui buku-buku tersebut, kamu dapat memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang lebih banyak dibandingkan hanya dengan membaca artikel maupun menonton video singkat. 


Nah, tapi untuk kamu yang masih kurang memahami copywriting setelah membaca buku-buku diatas. Kamu dapat mempertimbangkan opsi lainnya untuk menambah pengetahuanmu dalam dunia copywriting


Salah satunya adalah dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id. Dengan mengikuti program dari Dibimbing.id, kamu bisa mempelajari copywriting dengan lebih dalam lagi bersama dengan mentor-mentor yang telah menjadi expert di bidang tersebut. 


Seperti kalimat yang ada diatas, pengalaman merupakan kunci dari kesuksesan. Dengan mengikuti bootcamp dari Dibimbing.id, kamu dapat mengetahui pengalaman dari mentor-mentor tersebut yang dapat membimbingmu menuju kesuksesan. 


Dengan belajar Digital Marketing selama 4 bulan, kamu nantinya juga akan memiliki peluang untuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang ga kalah menarik. 


Yuk, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Dibimbing.id!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!