dibimbing.id - Masih Sering Tertukar, Kenali Perbedaan SAP dan ERP

Masih Sering Tertukar, Kenali Perbedaan SAP dan ERP

Anisa Fitri Maulida

•

04 October 2023

•

3108

Image Banner
Dalam era digital yang serba cepat seperti saat ini, banyak perusahaan yang berjuang untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis mereka. Tidak sedikit dari perusahaan menggunakan berbagai sistem atau tools untuk mewujudkan efisiensi tersebut. Salah satunya menggunakan SAP dan ERP, lalu apa perbedaan SAP dan ERP sesungguhnya?

Pertanyaan tersebut tampaknya masih sering ditanyakan, terutama oleh orang-orang yang kurang familiar dengan tools tersebut. Hal tersebut wajar, Sobat MinDi! Mengingat keduanya memang tampak serupa. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui perbedaannya.


Definisi SAP dan ERP

Sebelum kita memahami perbedaan SAP dan ERP, mari kita ketahui definisi antara keduanya terlebih dahulu. Sebagai berikut:


Systems, Applications, & Products in Data Processing (SAP)

SAP adalah perusahaan teknologi informasi yang berasal dari Jerman, didirikan pada tahun 1972. Perusahaan ini terkenal dengan perangkat lunak manajemen bisnisnya yang berfokus pada integrasi proses-proses bisnis.


SAP menawarkan serangkaian aplikasi yang meliputi hampir semua aspek bisnis, mulai dari produksi, logistik, SDM, keuangan, hingga hubungan pelanggan. Produk SAP dirancang secara modular, artinya sebuah perusahaan bisa memilih untuk mengimplementasikan satu modul SAP atau lebih, tergantung kebutuhan mereka.


Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah sebuah konsep manajemen yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnisnya ke dalam satu sistem terintegrasi. Tujuannya adalah untuk membuat proses bisnis lebih efisien, mengurangi redundansi, dan meningkatkan kolaborasi di antara departemen.


Salah satu kelebihan utama dari sistem ERP adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan berbagai proses bisnis ke dalam satu sistem. Contoh: Ketika penjualan dilakukan, sistem otomatis akan menginformasikan bagian gudang untuk mengirim produk dan bagian keuangan untuk mencatat pendapatan.


Sebagian besar sistem ERP dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna bagi perusahaan, untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan proses bisnis mereka.


Namun, ERP tidak dapat digunakan secara maksimal bila tidak diprogram dan diawasi langsung oleh Adminnya. Jika Anda mulai tertarik untuk menggunakan ERP, tapi belum punya karyawan yang bisa mengoperasikannya, Anda bisa mengajak para karyawan untuk mengikuti Corporate Training dari dibimbing.id.


Dengan pelatihan bersertifikat internasional milik dibimbing.id, Anda akan berkesempatan untuk belajar lebih banyak soal ERP dan SAP didampingi oleh mentor yang telah berpengalaman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur jadwal kelas agar tidak bentrok dengan jadwal kerja.





Perbedaan SAP dan ERP

Setelah mengenal definisinya, kini Anda akan mengenal lebih jauh mengenai perbedaan SAP dan ERP yang selama ini jadi pertanyaan banyak orang. Berikut perbedaannya:



1.Latar Belakang

ERP merupakan konsep yang mengacu pada integrasi proses bisnis ke dalam satu sistem. Sementara SAP merupakan nama perusahaan yang menyediakan solusi ERP, serta berbagai solusi teknologi lainnya.

  1. Fungsi Produk

Hampir semua sistem ERP menyediakan fungsionalitas dasar yang sama untuk mengintegrasikan proses bisnis. Sementara SAP, memiliki fitur atau fungsionalitas khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh solusi ERP lainnya, tergantung pada paket yang dipilih oleh perusahaan.

  1. Biaya

ERP dari penyedia lain mungkin memiliki struktur biaya yang berbeda dengan yang SAP miliki. Sementara SAP, mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia ERP lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh fitur-fitur produk SAP yang lebih populer daripada kompetitornya.


Bagaimana Sobat MinDi, apakah sekarang Anda sudah mulai memahami perbedaan SAP dan ERP? Tapi, tahukah Anda bahwa seluruh perbedaan itu semakin memperlihatkan bahwa SAP dan ERP adalah dua hal yang sama. Lantas, mengapa bisa disebut berbeda?


Mengapa SAP dan ERP Disebut Berbeda?



perbedaan erp dan sap


Dari seluruh definisi yang ada, Anda perlu mengingat bahwa ERP dan SAP adalah dua hal yang sama. Ibarat smartphone, ERP merupakan sistem ponsel Android. Seperti yang Sobat MinDi ketahui, Android merupakan sistem smartphone yang sangat terkenal dan telah diadopsi oleh berbagai jenis merek ponsel. Seperti Samsung, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya.


Nah, dari seluruh jenis merek ponsel, pastinya ada satu merek yang memiliki pamor yang lebih tinggi dibandingkan merek lainnya. Dalam kasus ini, anggap saja SAP adalah Samsung.


Mengapa SAP dan ERP masih disebut berbeda? Alasannya cukup sederhana, yaitu banyak perusahaan yang menggunakan software ERP dari SAP. Hal ini membuat banyak orang menganggap SAP dan ERP adalah hal yang sama. Namun, kita harus memahami bahwa SAP adalah perusahaan yang menyediakan ERP, sedangkan ERP adalah software-nya.





Kapan Perusahaan Bisa Menggunakan SAP dan ERP?

Dalam dinamika bisnis yang cepat dan penuh tantangan, perusahaan harus selalu bergerak cepat dan efisien. Untuk itu, integrasi sistem dan proses bisnis menjadi salah satu kunci keberhasilan. Baik SAP maupun ERP merupakan solusi teknologi informasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan integrasi tersebut. 


Namun, kapan waktu yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk mulai mempertimbangkan implementasi dari kedua sistem ini? Berikut adalah beberapa situasi yang bisa dijadikan pertimbangan:


Kapan Perusahaan Bisa Menggunakan SAP?

  1. Keinginan Standar Global: Perusahaan bisa menggunakan SAP, jika ingin mengadopsi aplikasi dengan standar industri global dalam operasi bisnisnya.

  2. Dukungan Berkelanjutan: Saat perusahaan membutuhkan dukungan berkelanjutan dan terus menerus dari vendor (penyedia aplikasi) untuk peningkatan sistem, SAP dapat menjadi solusi tepat. 

  3. Integrasi dengan Teknologi Lain: SAP dapat digunakan, ketika perusahaan memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan sistem SAP dengan teknologi-teknologi lain seperti IoT, Machine Learning, atau teknologi canggih lainnya yang didukung oleh solusi SAP.

  4. Pilihan Modul Luas: Jika perusahaan memerlukan solusi yang kaya akan pilihan modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri dan bisnis khusus.

  5. Investasi Jangka Panjang: Saat perusahaan siap untuk investasi jangka panjang dalam infrastruktur TI dan berkomitmen untuk pelatihan serta adaptasi karyawan.


Kapan Perusahaan Bisa Menggunakan ERP?

  1. Pertumbuhan Bisnis: Saat perusahaan mulai berkembang dan memiliki banyak departemen yang bekerja secara terpisah, integrasi informasi melalui ERP bisa menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi.

  2. Kompleksitas Operasi: Ketika operasi bisnis menjadi semakin kompleks dan memerlukan koordinasi yang ketat antar departemen, misalnya antara produksi, pemasaran, dan distribusi. Maka, bisa gunakan ERP sebagai jembatan penghubung antar departemen.

  3. Meningkatkan Produktivitas: Jika perusahaan ingin meningkatkan produktivitas karyawan tanpa memikirkan data-data yang harus dikumpulkan, maka gunakan ERP agar urusan data bisa dikerjakan.

  4. Kebutuhan Pelaporan: Ketika manajemen membutuhkan laporan yang cepat dan akurat untuk mendukung pengambilan keputusan.

  5. Ekspansi Global: Saat perusahaan mulai ekspansi ke pasar internasional dan memerlukan sistem yang bisa mendukung operasi di berbagai negara dengan regulasi dan mata uang yang berbeda.


Baca Juga: Pengertian dan Jenis-jenis File Server yang Perlu Kamu Tahu!


Dalam dunia bisnis yang dinamis, memahami perbedaan SAP dan ERP menjadi penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi dan integrasi proses bisnis mereka. Keputusan untuk mengimplementasikan salah satu atau keduanya sebaiknya didasarkan pada kebutuhan spesifik bisnis, pertumbuhan perusahaan, dan kompleksitas operasi yang dihadapi.


Namun, memahami teori saja tidak cukup, Sobat MinDi! Untuk memaksimalkan potensi dan manfaat dari SAP dan ERP, Anda perlu memiliki pengetahuan mendalam dan pelatihan praktik. 


Anda bisa mendapatkan kesempatan tersebut dengan mengikuti Corporate Training dari dibimbing.id. Dengan pengajaran yang tepat dari para mentor dibimbing.id, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan perusahaan Anda.








Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!