dibimbing.id - Perbandingan PPC dengan SEO, Apa yang Harus Kamu Tahu?

Perbandingan PPC dengan SEO, Apa yang Harus Kamu Tahu?

Nadia L Kamila

•

15 October 2023

•

1725

Image Banner

Apakah Sobat MinDi masih bingung mengenai perbandingan PPC dengan SEO? Kedua metode ini adalah strategi yang dimanfaatkan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. 

Namun, apa perbedaan antara keduanya dan mana yang paling cocok untuk bisnis kamu? Mari kita bahas satu per satu!



Beberapa Perbandingan PPC dengan SEO yang Perlu Kamu Ketahui



MinDi akan memberikan lima perbandingan PPC dengan SEO untuk membantu kamu memahami kedua metode pemasaran digital ini.


1. Definisi SEO dan PPC



PPC atau Pay-Per-Click adalah model iklan digital di mana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna. Di Google, iklan ini biasanya muncul di bagian atas atau samping hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan.

Sedangkan SEO  atau Search Engine Optimization adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs web agar muncul di peringkat atas hasil pencarian mesin pencari secara organik.

SEO tidak berbayar, namun kamu harus mengoptimasi website dengan melakukan banyak hal seperti penyesuaian konten, struktur situs, hingga pembuatan backlink dan masih banyak lagi. 

Singkatnya, PPC berfokus pada iklan berbayar sementara SEO berfokus pada pencapaian peringkat organik di mesin pencari.




2. Biaya yang Dikeluarkan



Saat menggunakan PPC, kamu membayar setiap kali seseorang mengklik iklanmu. Biaya per klik tergantung pada seberapa kompetitif kata kunci yang ditargetkan dan berapa banyak pengiklan lain yang juga menargetkan kata kunci yang sama. 

Jadi, jika kata kunci sangat populer, kamu mungkin harus membayar lebih tinggi per kliknya. Kamu biasanya bisa mengatur anggaran harian atau bulanan sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk SEO, biayanya tidak berupa uang. Namun upaya dan waktu yang kamu investasikan untuk mengoptimalkan situs website agar muncul di peringkat atas hasil pencarian secara organik. 

Biaya upaya atau waktu ini bisa meliputi penelitian kata kunci, pembuatan konten berkualitas, optimasi teknis situs, dan pembuatan backlink. 

Sehingga meskipun kamu tidak membayar kepada mesin pencari, kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya untuk ahli SEO, alat SEO, atau konten.

Jadi, PPC berbasis biaya per klik, sementara SEO memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang mungkin melibatkan biaya tidak langsung.


3. Kecepatan Hasil


Dengan beriklan menggunakan PPC, kamu bisa melihat hasil dari kampanye secara langsung. Jadi, jika kamu ingin trafik atau visibilitas cepat, PPC adalah pilihan yang tepat.

Begitu iklanmu aktif dan disetujui oleh platform iklan seperti Google Ads, iklanmu sudah bisa muncul di mesin pencari dan mendatangkan pengunjung ke situs webmu. 

Sebaliknya SEO memerlukan waktu lebih lama. Meskipun kamu telah mengoptimalkan situs webmu, bisa membutuhkan beberapa pekan hingga kamu melihat peringkat situs webmu meningkat di mesin pencari. 

Waktu yang lama Ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kompetisi kata kunci, kualitas konten, dan algoritma mesin pencari yang terus berubah.


4. Targeting Audiens


Dengan PPC, kamu memiliki fleksibilitas dalam menentukan audiens yang kamu tuju. Mulai dari menargetkan pengguna berdasarkan kata kunci, lokasi geografis, jenis perangkat, bahkan demografi seperti usia dan jenis kelamin.

Selain itu, platform iklan seperti Google Ads atau Facebook Ads memungkinkan kamu untuk menargetkan ulang pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs webmu, sehingga kampanye kamu bisa lebih spesifik dan relevan.

Adapun untuk SEO, targeting lebih berfokus pada kata kunci yang kamu pilih untuk dioptimalkan. Artinya, kamu mencoba memastikan bahwa situs webmu muncul di hasil pencarian tertentu yang relevan dengan konten dan bisnismu.

Meskipun kamu bisa mengoptimalkan situs untuk kata kunci spesifik, kamu tidak memiliki kontrol yang sama seperti PPC untuk menentukan siapa yang melihat situs webmu berdasarkan kriteria demografis atau perilaku.

Dengan kata lain, PPC memberikan kontrol detil dalam menentukan siapa yang akan melihat iklanmu, sementara SEO lebih berfokus pada kata kunci dan optimasi konten agar relevan dengan pencarian pengguna.


5. Keberlanjutan Visibilitas Konten



Saat beriklan dengan PPC, visibilitas iklan tergantung pada anggaran yang kamu tetapkan. Saat kamu berhenti membayar atau anggaran harianmu sudah habis, iklanmu akan berhenti ditampilkan. 

Sehingga, keberlanjutan trafik dari PPC bersifat sementara dan terkait dengan biaya yang kamu keluarkan. Jika kamu ingin terus mendapatkan trafik melalui PPC, kamu harus terus menyediakan anggaran.

Sebaliknya, SEO adalah investasi jangka panjang. Setelah kamu berhasil mengoptimalkan situs webmu dan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, kamu akan terus mendapatkan trafik organik meskipun tidak mengeluarkan biaya tambahan secara rutin. 

Tentu saja, perlu diingat bahwa menjaga peringkat tersebut memerlukan pembaruan dan upaya berkelanjutan karena kompetisi dan perubahan algoritma. 

Nah, apakah Sobat MinDi sudah tergambar tentang perbandingan PPC dengan SEO yang sudah MinDi jabarkan di atas? 

Kalau masih belum paham, tenang saja. Dibimbing punya program Bootcamp Digital Marketing yang bakal bantuin kamu buat paham seluk beluk dunia pemasaran digital termasuk PPC dan SEO.



Perbandingan SEO dengan PPC, Mana yang Lebih Cocok untuk Bisnismu?



Pertanyaan selanjutnya setelah memahami perbedaan antara SEO dan PPC adalah, mana yang lebih tepat untuk bisnis? Apakah PPC lebih efektif atau SEO yang lebih baik?


1. Kapan Menggunakan SEO?


  1. Jangka Panjang

Jika kamu ingin investasi yang memberikan hasil jangka panjang dan bisa bertahan lama, SEO adalah pilihannya. Setelah mencapai peringkat atas, situs webmu akan terus mendapatkan trafik tanpa perlu biaya tambahan setiap klik.

  1. Kredibilitas

Situs web yang muncul di hasil pencarian organik cenderung dipercaya lebih oleh pengguna. Jadi, jika kamu ingin membangun kredibilitas dan kepercayaan, SEO sangat membantu.

  1. Anggaran Terbatas

Jika kamu memiliki anggaran yang terbatas dan ingin mengurangi biaya per pengunjung dalam jangka panjang, SEO bisa menjadi solusi yang efisien.


2. Kapan Menggunakan PPC?


  1. Hasil Instan

Jika kamu ingin mendapatkan trafik dan visibilitas dengan cepat, misalnya untuk promosi khusus atau peluncuran produk baru, PPC adalah cara tercepat.

  1. Targeting Spesifik

Dengan PPC, kamu bisa menargetkan audiens dengan sangat spesifik berdasarkan lokasi, perangkat, demografi, hingga perilaku browsing.

  1. Kontrol Penuh

Jika kamu ingin memiliki kontrol penuh atas iklan, seperti kapan ditampilkan, berapa lama, dan kepada siapa, PPC memberikan fleksibilitas tersebut.

Dalam praktiknya, banyak bisnis yang memadukan kedua strategi ini untuk mendapatkan keuntungan dari kedua dunia. SEO untuk keberlanjutan jangka panjang dan PPC untuk hasil instan serta peluang targeting yang lebih mendalam.

Dalam era digital saat ini, memahami strategi pemasaran seperti SEO dan PPC adalah kunci sukses untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis. 

Menggunakan strategi SEO yang tepat akan membantu bisnis Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan penjualan. Anda bisa menggunakan jasa SEO yang berpengalaman seperti Coriate Digital Agency untuk membantu Anda menerapkan strategi SEO yang efektif.

Tapi jika Sobat MinDi masih belum menguasai kedua hal ini, jangan khawatir! Dibimbing menawarkan Bootcamp Digital Marketing

Selain belajar PPC dan SEO, kamu juga akan dibimbing bagaimana menyiapkan apa yang sudah kamu pelajari untuk terjun di dunia kerja melalui layanan career preparation. 

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!